Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Bahaya Bleaching Rambut: Pemicu Kanker?

Myles Bannister

Bleaching Rambut itu Apa?

Bleaching rambut adalah proses melunturkan warna rambut sebelum mewarnainya. Biasanya dilakukan pada rambut yang berwarna gelap.

Tujuannya adalah agar cat rambut dapat diserap dengan baik dan menghasilkan warna yang diinginkan.

Tidak hanya digunakan sebelum pewarnaan, beberapa orang juga melakukan bleaching rambut untuk mendapatkan rambut pirang, walaupun hasilnya bervariasi. Umumnya rambut berwarna pirang atau kuning, namun juga bisa berubah menjadi abu-abu atau putih.

Caranya adalah dengan mengaplikasikan krim bleaching pada rambut. Proses oksidasi membuat lapisan kutikula rambut terbuka, kemudian hidrogen peroksida dalam krim bleaching menghilangkan pigmen melanin pada batang rambut.

Bahaya Bleaching Rambut

Proses bleaching dilakukan di salon kecantikan, namun beberapa orang memilih melakukannya sendiri di rumah karena lebih hemat. Krim bleaching juga dijual bebas.

Namun baik dilakukan di salon maupun di rumah, ada beberapa bahaya yang harus diwaspadai. Berikut 4 bahaya paling umum:

1. Kerusakan Rambut

Penggunaan krim bleaching dengan kandungan bahan kimia tinggi dapat merusak rambut. Lapisan kutikula yang terbuka membuat rambut menjadi rapuh dan mudah kusut. Rambut juga menjadi kering, kasar, dan bercabang.

2. Rambut Rontok dan Kebotakan

Rambut yang rapuh akibat bleaching mudah patah dan rontok. Proses bleaching yang berulang atau kesalahan pemilihan produk juga dapat meningkatkan kerontokan rambut. Hal ini bisa menyebabkan kebotakan karena hidrogen peroksida dalam krim bleaching merusak folikel rambut dan syaraf rambut.

3. Alergi

Beberapa orang dapat alergi pada bahan kimia dalam krim bleaching. Gejalanya meliputi rasa gatal, ruam merah di kepala, hingga ruam merah dan gatal di seluruh tubuh, mata berair, dan sesak nafas.

4. Pemicu Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa krim bleaching mengandung zat kimia berpotensi memicu kanker. Zat karsinogenik dalam krim bleaching dapat merusak sel tubuh dan menyebabkan mutasi pada DNA, yang memicu pertumbuhan sel kanker. Krim bleaching juga dikaitkan dengan risiko kanker seperti leukemia, limfoma, dan kanker kandung kemih.

Bahaya bleaching rambut tidak hanya terbatas pada kepala atau kulit, tetapi juga dapat membahayakan seluruh tubuh.

Apa Bleaching Rambut Boleh Dilakukan?

Risiko kerusakan rambut dan alergi mungkin akan muncul sejak pertama kali melakukan bleaching rambut. Oleh karena itu, Anda harus berpikir baik-baik sebelum melakukannya.

Di antara bahaya bleaching rambut di atas, ada juga risiko gagal seperti hasil yang tidak merata atau tidak sesuai dengan harapan, yang dapat merusak penampilan dan mengurangi kepercayaan diri.

Jika memutuskan untuk melakukan bleaching, pastikan dilakukan oleh ahli dan krim bleaching tidak mengandung bahan yang dapat menyebabkan alergi. Hindari melakukan proses bleaching berulang dalam waktu yang singkat untuk menghindari efek jangka panjang.

Referensi

  1. Gonzales, Joyce. 2019. The Dangers Of Bleaching Your Hair. Medical Daily. (Diakses 29 Desember 2019).
  2. Hersh, Erica. 2019. Is Lightening Your Hair with Hydrogen Peroxide Damaging? Healthline. (Diakses 29 Desember 2019).
  3. Oliver, Dana. 2015. The Dark Side Of Bleaching Your Hair For Summer. HuffPost. (Diakses 29 Desember 2019).

About The Author

10 Manfaat Almond untuk Ibu Menyusui (ASI Lancar)

Sindrom Prader–Willi: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dll