Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

5 Kondisi yang Menyebabkan Puting Payudara dan Areola Sakit

Myles Bannister

Pada artikel ini, kita akan membahas tanda gangguan tubuh wanita yang terlihat dari puting payudara dan areola. Perubahan seperti warna dan rasa sakit bisa menjadi acuan awal. Anda dapat segera memeriksakan diri ke dokter terkait adanya gangguan yang lebih serius. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan puting payudara dan areola sakit.

Infeksi pada payudara

Rasa sakit pada payudara dapat terjadi karena infeksi yang cukup besar. Infeksi ini muncul ketika terdapat luka di area sekitar payudara, misalnya saat wanita menyusui atau saat berhubungan badan. Jika luka ini tidak segera diobati, dapat menyebabkan infeksi yang parah.

Infeksi juga dapat muncul karena kondisi yang disukai oleh bakteri atau jamur. Wanita yang berkeringat dan tubuhnya selalu kotor menjadi tempat yang subur bagi perkembangan bakteri atau jamur. Kondisi ini menyebabkan area puting payudara menjadi sakit saat disentuh atau terkena gesekan bra atau pakaian.

Gesekan dengan pakaian

Memakai bra terkadang sangat menyiksa. Beberapa wanita bahkan merasa sakit di area dada dan sulit bernapas. Selain itu, gesekan antara puting payudara dan areola dengan pakaian juga dapat menyebabkan rasa sakit yang cukup besar. Kadang-kadang, luka kecil dapat muncul dan akan menjadi parah jika wanita terlalu berkeringat.

Cara terbaik untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan tidak mengenakan pakaian yang terlalu ketat atau berbahan kasar. Gunakan pakaian dengan bahan katun. Jika Anda berada di rumah dan sedang santai, sebaiknya jangan mengenakan bra. Beri payudara kesempatan untuk beristirahat dan menyembuhkan diri setelah seharian tertekan oleh bra.

Perubahan hormon

Perubahan hormon merupakan hal biasa pada wanita. Setiap bulan, wanita mengalami fluktuasi hormon terutama saat menstruasi atau hamil. Perubahan hormon ini menyebabkan banyak perubahan pada tubuh, terutama pada area payudara seperti puting yang menjadi sakit saat disentuh.

Sensitivitas puting payudara meningkat sehingga sentuhan sekecil apapun dapat menyebabkan gangguan yang kuat. Biasanya, kondisi ini akan membaik dengan sendirinya seiring dengan berakhirnya siklus menstruasi yang berlangsung sekitar satu minggu. Jika payudara terus-menerus sakit, segera lakukan pemeriksaan.

Alergi

Rasa sakit pada payudara juga dapat disebabkan oleh alergi yang muncul akibat penggunaan sabun, sampo, atau alat kecantikan lainnya. Alergi dapat menyebabkan gangguan yang parah pada puting payudara.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan jika rasa sakit tidak kunjung sembuh. Jika Anda mengabaikannya, kemungkinan terjadi infeksi akan lebih tinggi.

Kemungkinan kanker payudara

Kanker payudara adalah penyakit yang umum terjadi pada wanita, terutama mereka yang memiliki riwayat kanker dalam keluarga. Kanker ini akan menyebabkan banyak perubahan seperti rasa sakit pada seluruh payudara terutama di area puting yang kadang mengalami perubahan.

Rasa sakit pada puting ini juga didampingi dengan munculnya benjolan yang tidak normal. Jika Anda merasakan sakit pada puting, coba periksa apakah ada benjolan kanker.

Inilah lima kondisi yang menyebabkan puting payudara dan areola merasa sakit dan kadang-kadang mengeluarkan cairan tertentu. Semoga bermanfaat!

Inilah lima kondisi yang menyebabkan puting payudara dan areola merasa sakit dan kadang-kadang mengeluarkan cairan tertentu. Semoga bermanfaat!

About The Author

Lidah Geografis: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

8 Macam Pelumas Seks Alami untuk Tingkatkan Keintiman