Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

5 Makanan Ini Harus Dihindari Pengidap Radang Usus

Myles Bannister

Berbagai gejala yang bisa dirasakan akibat radang usus

Gejala radang usus yang dialami oleh setiap orang bisa berbeda-beda. Bergantung pada tingkat keparahan masalah kesehatan, umumnya akan menyebabkan gejala khas.

Berikut adalah gejala-gejala kesehatan tersebut.

Menurunnya nafsu makan secara drastis

Salah satu gejala khas radang usus adalah penurunan nafsu makan yang drastis. Disebabkan oleh sensasi nyeri dan kram perut parah. Ini akan menyebabkan penurunan berat badan drastis dan kekurangan nutrisi.

Nyeri perut parah

Radang usus bisa menyebabkan nyeri perut parah. Terjadi karena terganggunya pergerakan usus dan membuat pergerakan makanan ikut terganggu. Menciptakan sensasi yang tidak nyaman.

Mengalami disentri

Disentri menyebabkan kotoran disertai dengan darah. Dikenali dengan kotoran yang terlihat gelap saat buang air besar.

Mudah lelah

Usus yang kesulitan mencerna makanan dengan baik membuat tubuh tidak mendapatkan energi cukup. Ini menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah.

Mual dan muntah

Sensasi nyeri atau kram perut parah menyebabkan mual dan muntah yang parah. Jika hal ini terus terjadi, bisa menyebabkan gejala lain seperti demam atau anemia.

Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita radang usus

Mengingat radang usus menyebabkan sensasi nyeri dan tidak enak badan parah, pakar kesehatan menyarankan menghindari beberapa jenis makanan untuk membantu proses penyembuhan.

Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari.

Mie instan

Makanan yang populer di Indonesia karena enak dan mudah dibuat tidak direkomendasikan untuk penderita radang usus. Tinggi kandungan natrium, pengawet, dan bahan kimia lainnya. Bisa membebani pencernaan dan memperburuk radang usus.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah camilan enak. Tapi tidak disarankan untuk penderita radang usus karena sulit dicerna dan bisa memperburuk peradangan.

Pisang hijau

Pisang hijau atau pisang muda tidak disarankan untuk penderita radang usus karena bisa menyebabkan konstipasi. Mengandung zat tepung dan pektin sulit dicerna.

Daging merah

Daging merah nikmat tapi tidak disarankan untuk penderita radang usus. Mengandung lemak dan zat besi yang bisa memperburuk radang usus.

Produk olahan susu

Beberapa produk olahan susu seperti susu cair, yoghurt, keju, dan es krim yang mengandung laktosa tidak disarankan untuk penderita radang usus. Kecenderungan laktosa bisa menyebabkan produksi gas berlebihan, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya yang memperburuk radang usus.

About The Author

20 Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

Kenali Belly Buds dan Perannya dalam Menstimulasi Janin