Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

5 Kondisi yang Menyebabkan Penis Terasa Ditusuk Jarum

Myles Bannister

Penis juga dapat mengalami kondisi yang membuatnya terasa seperti ditusuk-tusuk jarum. Rasa ini sangat tidak nyaman dan bisa membuat pria merasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas sehari-hari maupun aktivitas seksual dengan pasangan. Secara umum, terdapat 5 kondisi yang menyebabkan pria merasakan sakit pada penis.

Kontak dermatitis

Kontak dermatitis adalah gangguan umum yang terjadi pada penis terutama pada pria yang menggunakan perhiasan atau aksesori seperti tindik. Kontak dermatitis dapat menyebabkan kulit menjadi tidak nyaman dan dalam keadaan tertentu, terasa seperti ditusuk-tusuk dengan jarum.

Penggunaan perlengkapan mandi yang mengandung bahan kimia berbahaya juga dapat menyebabkan kontak dermatitis pada penis. Sabun, lotion, dan perlengkapan mandi lainnya dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada penis dan sering kali menimbulkan rasa sakit.

Pareathesia

Pria yang mengalami gangguan kesehatan seperti diabetes tidak hanya akan mengalami gangguan pada sirkulasi darah. Mereka juga dapat mengalami gangguan pada penis seperti penurunan kualitas ereksi atau disfungsi ereksi yang parah dan komplikasi.

Tidak hanya mengalami disfungsi ereksi yang menghambat aktivitas seksual dan reproduksi, pria dengan gangguan ini juga sering mengalami rasa sakit pada penis, seperti ditusuk-tusuk dengan jarum. Untuk memulihkan fungsi seksual yang normal, pengobatan yang tepat diperlukan.

Herpes genitalis

Herpes genitalis adalah penyakit yang mempengaruhi area kemaluan dengan munculnya bisul kecil dan kemerahan di sekitarnya. Saat disentuh, area yang terkena herpes genitalis akan terasa sangat sakit. Bahkan, pria dapat kehilangan ereksi atau mengalami ketidaknyamanan selama aktivitas seksual.

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang saat ini tidak memiliki obat. Setelah masuk ke dalam tubuh, virus akan tetap tidak aktif. Namun, saat imunitas tubuh menurun, gejala seperti rasa sakit, panas tubuh, nyeri, pusing, dan kelelahan berlebihan dapat muncul. Kondisi ini mudah menular, oleh karena itu penggunaan kondom sangat dianjurkan.

Infeksi HPV (kutil kemaluan)

Seperti herpes genitalis, HPV mudah menular melalui kontak seksual. Setelah virus menular, gejalanya tidak akan langsung terasa. Namun, jika sistem kekebalan tubuh melemah, gejala akan muncul. Bagian yang terkena HPV akan tumbuh kutil dengan ukuran bervariasi, mulai dari kecil hingga besar.

Pada awalnya, kutil kemaluan mungkin tidak menimbulkan masalah yang serius selain mengganggu estetika penis. Namun, kutil dapat terus berkembang dan menyebabkan rasa sakit seperti ditusuk-tusuk dengan jarum. Pada beberapa kasus, jenis HPV tertentu dapat menyebabkan kanker penis yang berbahaya.

Batu ginjal

Batu ginjal adalah penyakit berbahaya yang menyebabkan rasa sakit yang parah. Rasa sakit ini menjadi lebih parah jika batu ginjal tidak bisa keluar atau memiliki ukuran yang terlalu besar. Penanganan batu ginjal biasanya melibatkan penggunaan obat-obatan atau tindakan operasi. Jika tidak diobati, batu ginjal dapat menyebabkan perdarahan dalam urine.

Inilah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan rasa sakit seperti ditusuk-tusuk dengan jarum pada penis. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan dapat digunakan sebagai acuan untuk lebih memperhatikan kesehatan penis.

About The Author

Kejang Parsial: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dll

Hormon Prolaktin: Fungsi dan Cara Mengendalikannya