Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

BAB Berlendir: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

Myles Bannister

Definisi BAB Berlendir

BAB berlendir adalah kondisi di mana feses dikelilingi oleh lendir. Ini adalah hal yang normal jika lendir dalam jumlah wajar, karena lendir melindungi organ dan jaringan tubuh. Namun, jika produksi lendir berlebihan, bisa menjadi tanda masalah kesehatan.

Penyebab BAB Berlendir

BAB berlendir bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan seperti abses anal, fistula anal, crohn, kolitis ulseratif, cystic fibrosis, infeksi bakteri, irritable bowel syndrome (IBS), kanker usus, dan alergi makanan.

Ciri dan Gejala BAB Berlendir Pertanda Penyakit

Gejala BAB berlendir yang perlu diwaspadai adalah sakit perut, darah atau nanah pada feses, dan frekuensi buang air besar yang bertambah sering.

Diagnosis BAB Berlendir

Dokter akan melakukan wawancara, tes darah, dan pemeriksaan fisik. Jika perlu, akan dilakukan tes lain seperti uji sampel feses, tes urine, endoskopi, kolonoskopi, tes elektrolit, CT scan, X-ray, dan MRI.

Pengobatan BAB Berlendir

Pengobatan BAB berlendir tergantung pada penyebabnya. Pasien biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya serat, makanan mengandung probiotik, menghindari makanan pedas dan asam, dan banyak minum.

BAB Berlendir Bisa Berbahaya Bisa Tidak, Tetap Waspada!

BAB berlendir bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan serius. Perhatikan selalu kondisi feses dan kunjungi dokter jika ada ketidakwajaran. Semoga bermanfaat!

About The Author

Kenapa Air Minum Kemasan Memiliki Rasa yang Berbeda-beda?

Ketahui Bahaya Penyakit Ataksia (Ataxia)