Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Avastin: Manfaat, Dosis, Efek Samping, dll

Myles Bannister

Avastin adalah obat bevacizumab yang digunakan untuk mengobati kanker dengan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Rangkuman Informasi Obat Avastin

Nama obat Avastin (bevacizumab)
Golongan obat Antikanker
Kategori obat Obat resep
Manfaat obat Menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker
Sediaan obat Cairan injeksi

Cara Kerja Obat Avastin

Obat Avastin bekerja dengan menghambat aktivitas protein vascular endothelial growth factor (VEGF) yang mensuplai darah untuk sel tumor sehingga pertumbuhan sel tumor menjadi terhambat.

Manfaat Obat Avastin

Obat Avastin digunakan untuk mengobati beberapa jenis kanker seperti kanker ginjal, usus besar, usus halus, paru-paru, dan serviks.

Kontraindikasi Obat Avastin

Penggunaan obat Avastin tidak disarankan untuk penderita dengan kondisi hipersensitivitas terhadap bevacizumab, kolitis ulseratif, perdarahan, baru menjalani operasi, hipertensi, penyakit ginjal, dan diabetes.

Dosis Obat Avastin

Obat Avastin harus digunakan di bawah pengawasan dokter dengan dosis yang telah diresepkan, tergantung pada jenis kanker yang diobati.

Petunjuk Penggunaan Obat Avastin

Gunakan obat sesuai dengan dosis yang telah diresepkan dokter dan pastikan obat berada dalam kondisi baik. Ikuti petunjuk penggunaan dan imbangi dengan minum air putih yang cukup serta istirahat yang cukup.

Petunjuk Penyimpanan Obat Avastin

Simpan obat Avastin di tempat yang benar dengan suhu antara 15-30 derajat celcius, hindari tempat lembab, berteduh tanpa sinar matahari langsung, dan buang obat yang sudah kedaluwarsa.

Efek Samping Obat Avastin

Penggunaan obat Avastin mungkin menyebabkan efek samping seperti mulut kering, batuk, diare, sembelit, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, dan nyeri dada. Efek samping yang lebih serius termasuk pembengkakan pada kaki, kenaikan berat badan tiba-tiba, demam, penurunan massa otot, perubahan warna kulit dan mata menjadi kekuningan, dan penurunan frekuensi buang air kecil (BAK). Hentikan penggunaan obat ini dan konsultasikan dengan dokter jika mengalami gejala-gejala tersebut.

Interaksi Obat Avastin

Obat Avastin dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat lainnya seperti amlodipine, aspirin, atorvastatin, dexamethasone, doxil, fluorouracil, gabapentin, ibuprofen, leucovorin, lisinopril, lorazepam, omeprazole, simvastatin, tylenol, zofran, vitamin B12, dan vitamin D3. Beritahu dokter jika sedang mengonsumsi obat-obatan tersebut.

Peringatan dan Perhatian Obat Avastin

Sebelum menggunakan obat Avastin, pastikan tidak sedang menggunakan obat-obatan yang berinteraksi dengannya. Hentikan penggunaan obat jika mengalami efek samping tertentu dan beritahu dokter mengenai riwayat penyakit serta penggunaan obat-obatan lain.

About The Author

Cara Mengenali Catfishing di Medsos dan Menghadapinya

14 Cara Mencegah Kanker Prostat yang Perlu Diketahui Pria