Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Varises: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

Myles Bannister

Varises adalah pembesaran pada pembuluh darah vena. Varises bisa menjadi masalah kosmetik yang tidak berbahaya atau masalah kesehatan yang serius. Mari kita lihat penyebab, gejala, dan pengobatan untuk varises.

Penyebab Varises

Tubuh kita membutuhkan otot dan jaringan elastis yang tebal untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Otot dan jaringan ini juga membantu mendorong darah kembali ke jantung. Pada varises, katup yang mengatur aliran darah tidak berfungsi dengan baik. Darah memiliki kesulitan untuk mengalir ke atas dan menumpuk di vena. Faktor risiko lainnya termasuk usia, jenis kelamin, kehamilan, riwayat keluarga, kelebihan berat badan, dan kebiasaan tertentu seperti berdiri atau duduk dalam waktu yang lama.

Gejala Varises

Gejala varises meliputi pembuluh darah yang membesar, rasa pegal, rasa sakit, dan rasa berat di area varises. Di samping itu, varises juga dapat menyebabkan pembuluh darah vena terlihat bengkok dan menggembung.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika kondisi varises memburuk atau menyebabkan kesulitan bernapas, segera hubungi dokter. Beberapa gejala yang memerlukan perhatian medis adalah pembengkakan, memar, perubahan warna kulit, dan rasa sakit yang berlebihan.

Diagnosis Varises

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin melakukan tes ultrasound atau venogram untuk memeriksa aliran darah.

Pengobatan Varises

Perawatan untuk varises termasuk perawatan rumah seperti olahraga, mengangkat kaki, dan menghindari posisi yang sama dalam waktu lama. Selain itu, tindakan medis seperti skleroterapi, ligation dan stripping, ablasi radiofrekuensi, laser endovenous, dan transilluminated powered phlebectomy dapat dilakukan.

Setelah Perawatan Varises

Setelah perawatan varises, Anda mungkin mengalami pembengkakan, memar, perubahan warna kulit, dan rasa sakit. Pastikan untuk mengikuti instruksi dokter dan menghindari kegiatan yang dapat mempengaruhi pemulihan. Juga, terapkan langkah-langkah pencegahan untuk mencegah varises kembali.

Pencegahan Varises

Untuk mencegah varises, jagalah berat badan Anda tetap normal, olahraga secara teratur, mengangkat kaki saat duduk, hindari penyebab varises seperti mengenakan sepatu hak tinggi, dan makan makanan sehat.

Komplikasi Varises

Varises bisa menyebabkan pendarahan, gumpalan darah, dan insufisiensi vena kronis. Jika Anda mengalami komplikasi, segera cari perawatan medis.

Referensi

  1. Bhimji, Shabir, MD. What Is the Definition of Varicose Veins? What Should You Know about Them?. https://www.emedicinehealth.com/varicose_veins/article_em.htm#prevention_of_varicose_veins. (Diakses pada 21 Oktober 2019).
  2. Varicose veins. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/varicose-veins/symptoms-causes/syc-20350643. (Diakses pada 21 Oktober 2019).
  3. Brazier, Yvette. 2017. What can I do about varicose veins?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/240129.php. (Diakses pada 21 Oktober 2019).
  4. Varicose veins. https://www.nhs.uk/conditions/varicose-veins/. (Diakses pada 21 Oktober 2019).
  5. Gabbey, Amber Erickson. 2017. Varicose Veins. https://www.healthline.com/health/varicose-veins. (Diakses pada 21 Oktober 2019).
  6. Understanding Varicose Veins — the Basics. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/understanding-varicose-veins-basics. (Diakses pada 21 Oktober 2019).

About The Author

Daftar Makanan Ibu Hamil untuk Bayi Berkulit Putih

7 Manfaat Genjer, Kandungan, dan Efek Sampingnya