Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Kadar Trigliserida yang Berlebihan Bisa Berbahaya

Myles Bannister

Penyebab Kadar Trigliserida yang Tinggi

Dokter melakukan pemeriksaan darah pada pasien yang kadar trigliseridanya sangat tinggi. Lemak trigliserida pasien mencapai 14 ribu mg/dL, padahal kadar normalnya hanya 150 mg/dL. Bahkan, jika kadar trigliserida mencapai 500 mg/dL, itu dianggap sangat tinggi dan berbahaya bagi kesehatan.

Kadar trigliserida yang melebihi batas normal meningkatkan risiko radang pankreas atau pankeratitis yang berpotensi fatal jika tidak ditangani dengan baik.

Pasien juga menderita diabetes dan komplikasi ketoasidosis diabetik, di mana tubuhnya memetabolisme lemak dengan cepat dan memproduksi banyak keton.

Pasien biasanya dapat menggunakan mesin plasmapheresis untuk menghilangkan kelebihan lemak darah, tetapi tidak lagi karena kadar trigliseridanya sangat tinggi.

Cara Menurunkan Kadar Trigliserida

Jika kadar trigliserida sudah melebihi batas normal, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menurunkannya.

Berikut adalah beberapa cara:

Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu

Berbagai jenis obat seperti statin dapat membantu menurunkan trigliserida. Obat ini juga dapat mencegah risiko stroke atau penyakit jantung.

Penderita trigliserida tinggi juga disarankan mengonsumsi minyak ikan yang mengandung asam lemak omega 3 dan obat fibrat atau fenobritate yang efektif menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida.

Mengonsumsi Makanan Penurun Trigliserida

Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kadar trigliserida, seperti sayuran hijau, pisang, buah bit, biji-bijian utuh, daging ikan laut kaya akan asam lemak omega 3, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak.

Mengubah Gaya Hidup

Penurunan berat badan sekitar 2,5 hingga 4,5 kg, mengurangi jumlah kalori, makanan manis atau tinggi gula, mengonsumsi lemak sehat dan mengurangi lemak jenuh, serta menghindari minuman beralkohol dapat membantu menurunkan kadar trigliserida.

Berolahraga Secara Teratur

Penderita trigliserida tinggi disarankan untuk lebih aktif bergerak, seperti berolahraga minimal 30 menit setiap hari atau 150 menit dalam seminggu. Ini akan meningkatkan sirkulasi darah, kolesterol baik, dan menurunkan kadar trigliserida.

Juga sebaiknya lebih sering berjalan kaki atau melakukan aktivitas rumah tangga untuk menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

About The Author

Obat Antrain – Kegunaan, Dosis, dan Efek Samping

Antibiotik Ampuh untuk Hilangkan Jerawat dan Cara Mempersingkat Penggunaannya