Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

15 Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan: Apakah Akurat?

Myles Bannister

Sebelum teknologi medis yang pesat seperti sekarang, banyak pasangan yang mempercayai ciri-ciri kelamin anak bisa dilihat dari bentuk tubuh dan selera makan ibu hamil. Namun, pada dasarnya, ciri-ciri hamil anak perempuan tidak memiliki gejala khusus. Tanda awal kehamilan, baik itu hamil anak perempuan atau anak laki-laki, sama.

Tanda Hamil Anak Perempuan

Berikut adalah tanda yang diduga menjadi ciri hamil anak perempuan, antara lain:

1. Posisi Janin

Posisi janin yang lebih tinggi di dalam rahim dapat menandakan kemungkinan melahirkan anak perempuan. Selain itu, jika sebagian besar berat badan bayi berada di tengah-tengah perut, itu menandakan bayi perempuan.

Namun, posisi kehamilan bergantung pada bentuk tubuh, penambahan berat badan, posisi bayi di dalam perut, dan kekuatan otot perut. Demikian pula, bentuk perut tidak dapat digunakan sebagai panduan untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Pada umumnya, menjelang persalinan, posisi bayi akan turun ke panggul.

2. Morning Sickness

Morning sickness (mual dan muntah) yang berlebihan sepanjang kehamilan, terlepas dari trimester, dapat menandakan hamil anak perempuan. Ini terkait dengan peningkatan kadar hormon dan gula darah rendah.

Menurut penelitian, wanita yang mengalami morning sickness yang parah lebih mungkin melahirkan bayi perempuan. Hal ini disebabkan oleh hormon hCG yang memicu morning sickness, cenderung lebih tinggi pada ibu hamil yang mengandung bayi perempuan. Namun, kondisi muntah berlebihan ini juga dapat terjadi pada ibu yang mengandung bayi laki-laki.

3. Denyut Jantung

Bayi perempuan dikatakan memiliki detak jantung lebih dari 140 per menit. Namun, sebenarnya detak jantung janin yang normal berada pada kisaran 120-160 kali per menit. Tidak ada penelitian yang menyatakan detak jantung sebagai penanda jenis kelamin janin. Detak jantung janin bisa berubah-ubah pada setiap pemeriksaan tergantung pada aktivitas janin di dalam perut dan usia.

4. Kulit Berminyak dan Berjerawat

Kulit berjerawat bisa menandakan hamil anak perempuan. Perubahan pada tubuh ibu hamil terjadi karena fluktuasi hormon. Namun, jika Anda mengandung anak laki-laki, kemungkinan jerawat juga akan muncul.

Beberapa orang percaya bahwa perubahan kulit menjadi berminyak dan kusam dapat berarti sedang mengandung anak perempuan. Namun, ‘pregnancy glowing’ atau kulit cerah saat hamil sering dikaitkan dengan ciri hamil anak laki-laki. Hal ini tidak dapat dipastikan karena setiap ibu hamil mengalami perubahan kulit yang berbeda-beda disertai penambahan berat badan yang berbeda pula.

5. Ngidam Makanan Manis

Jika Anda mendambakan makanan manis seperti cokelat dan es krim daripada makanan pedas atau asam saat hamil, Anda lebih mungkin memiliki bayi perempuan. Namun, dari segi medis, keinginan makan tertentu saat hamil dapat disebabkan oleh perubahan hormon yang mempengaruhi indera penciuman, bukan karena jenis kelamin bayi.

6. Perubahan Suasana Hati

Perubahan suasana hati yang ekstrim seperti mudah marah, depresi, dan marah selama hamil dapat menandakan hamil anak perempuan. Namun, perubahan suasana hati ini tidak dapat menjadi patokan karena dipengaruhi oleh fluktuasi hormon.

7. Warna Urine

Warna urine dapat menunjukkan jenis kelamin bayi. Urine berwarna kuning kusam dapat menjadi tanda hamil anak perempuan, sedangkan urine yang lebih gelap mungkin menandakan ibu mengandung anak laki-laki. Sayangnya, warna urine dapat dipengaruhi oleh asupan air yang dikonsumsi.

8. Ukuran Payudara

Jika payudara kiri sedikit lebih besar dari kanan atau ada peningkatan dramatis dalam ukuran payudara, itu dapat menandakan hamil anak perempuan.

9. Garis Hitam di Perut

Garis gelap atau linea nigra yang muncul di perut dapat menjadi indikator jenis kelamin bayi. Beberapa orang percaya bahwa jika garis terus meregang di atas pusar, bayi yang akan dilahirkan adalah laki-laki, tetapi jika garis putus di bawah pusar, bayi yang akan dilahirkan adalah perempuan. Namun, ini tidak memiliki dasar ilmiah yang kuat. Garis ini bisa terlihat jelas atau tidak terlihat sama sekali tergantung pada kondisi individu dan semakin dekat dengan waktu kelahiran.

Terlepas dari itu, tidak ada penelitian yang mendukung pernyataan bahwa bentuk perut atau posisi perut adalah tanda hamil anak perempuan atau anak laki-laki.

10. Masalah Ingatan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu yang mengandung anak perempuan cenderung memiliki tes memori yang buruk, terutama pada keterampilan mendengarkan, visualisasi, dan komputasi dibandingkan dengan ibu yang mengandung anak laki-laki. Namun, alasan di balik temuan ini masih belum diketahui.

11. Kondisi Rambut

Kondisi rambut yang kusam selama kehamilan dapat dikaitkan dengan hamil anak perempuan. Namun, belum ada analisis ilmiah yang membuktikan hubungan ini secara pasti.

12. Bentuk Hidung

Perubahan bentuk hidung tidak terjadi saat hamil anak perempuan. Namun, jika hamil anak laki-laki, hidung ibu mungkin akan terlihat lebih besar.

13. Sering Bermimpi anak laki-laki

Sering bermimpi memiliki anak laki-laki saat hamil secara keliru dianggap sebagai pertanda sebaliknya. Namun, mimpi ini hanya sekadar bunga tidur dan mitos yang diyakini oleh banyak ibu hamil.

14. Posisi Tidur

Jika ibu sering tidur menghadap ke kanan saat hamil, ini dikaitkan dengan bayi perempuan. Namun, dalam kenyataannya, posisi tidur dipengaruhi oleh kenyamanan dan kebiasaan tidur individu.

15. Berat Badan Suami

Menurut beberapa ibu hamil, suami mereka mengalami penambahan berat badan yang semakin bertambah saat hamil anak perempuan.

Mengetahui Jenis Kelamin dengan Akurat

Untuk mengetahui jenis kelamin bayi dengan akurat, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan USG. USG menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk memperoleh gambaran bayi dalam rahim. Pada umumnya, USG dilakukan antara minggu ke-18 dan ke-20 usia kehamilan dengan tingkat akurasi sekitar 80-90 persen.

Selain USG, tes darah dan tes cairan ketuban ibu hamil juga dapat digunakan untuk mendeteksi jenis kelamin bayi. Namun, tes ini hanya dilakukan di laboratorium khusus dan memerlukan biaya yang cukup mahal, sehingga tidak digunakan secara komersial.

Sebelum mempercayai ciri-ciri hamil anak perempuan, penting untuk memeriksa kebenarannya dari sisi medis. Konsultasikan dengan dokter kandungan untuk hasil yang lebih akurat dan pasti.

Referensi

  1. Timmons, Jessica. 2018. “Myths vs. Facts: Signs You’re Having a Baby Girl”. https://www.healthline.com/health/pregnancy/signs-of-having-baby-girl. (Diakses pada 23 Mei 2023)
  2. Burgess, Lana. 2020. “What Are the Signs of Having a Girl?”. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322368. (Diakses pada 23 Mei 2023)
  3. Marcin, Ashley. 2016. “Myths vs. Facts: Signs You’re Having a Baby Boy”. https://www.healthline.com/health/pregnancy/signs-of-having-a-boy. (Diakses pada 23 Mei 2023)

About The Author

Suara Serak: Penyebab dan Cara Menghilangkan

11 Manfaat Jus Tomat, Bikin Awet Muda?