Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

5 Dampak Makan Hingga Kekenyangan

Myles Bannister

Berbagai dampak dari makan berlebihan

Makan berlebihan membantu tubuh mendapatkan nutrisi lebih banyak, tetapi tidak memberikan dampak positif bagi kesehatan. Pakar kesehatan mengidentifikasi beberapa dampak yang mungkin terjadi jika kita terbiasa makan dengan porsi berlebihan.

Berikut adalah dampak-dampak tersebut:

Tubuh Tidak Nyaman

Makan berlebihan menyebabkan tubuh terasa tidak nyaman. Hal ini terjadi karena perut hanya memiliki kapasitas terbatas tetapi kita memaksanya untuk menampung makanan secara berlebihan. Hal ini mengganggu kinerja pencernaan.

Kita merasakan sensasi kenyang, sesak, dan mual karena perut kita terlalu penuh. Kondisi ini juga membuat kita tidak nyaman melakukan aktivitas sehari-hari, bahkan hanya duduk saja.

Karena banyaknya makanan yang masuk ke tubuh, lambung menghasilkan lebih banyak asam lambung untuk mengatasi hal ini. Namun, ini memicu peningkatan asam lambung.

Lambung yang sudah terisi makanan dan produksi asam lambung yang berlebihan membuat asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan ketidaknyamanan yang lebih parah.

Kenaikan Berat Badan

Makan berlebihan menyebabkan peningkatan berat badan. Hal ini terjadi karena tubuh mengonsumsi kalori yang lebih banyak. Jika makanan yang dikonsumsi tidak sehat, seperti makanan cepat saji atau makanan tinggi lemak dan gula, peningkatan berat badan akan lebih terasa.

Gangguan Pencernaan

Makan berlebihan dengan makanan yang tidak sehat, terutama makanan tinggi lemak dan gula, menghambat laju pencernaan. Jika makanan yang dikonsumsi dalam jumlah besar, ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut kembung. Tubuh juga kesulitan menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Meningkatnya Risiko Masalah Kesehatan

Penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health tahun 2010 menemukan bahwa makan berlebihan merusak metabolisme tubuh. Gangguan metabolisme ini meningkatkan risiko terkena masalah kesehatan serius seperti diabetes dan obesitas.

Kelebihan berat badan juga meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, hipertensi, sleep apnea, dan stroke.

Gangguan Mental

Makan berlebihan juga terkait dengan risiko gangguan mental. Peningkatan berat badan bisa memicu perubahan pada bentuk tubuh. Banyak orang mengalami penurunan rasa percaya diri yang signifikan jika memiliki masalah kegemukan.

Jika tidak ditangani dengan baik, makan berlebihan dapat menyebabkan kecemasan berlebihan atau depresi yang serius.

Melihat fakta ini, sebaiknya kita makan dengan porsi yang wajar untuk mencegah masalah kesehatan.

Melihat fakta ini, sebaiknya kita makan dengan porsi yang wajar untuk mencegah masalah kesehatan.

About The Author

9 Ciri-Ciri Orang Tua Terlalu Keras dan Dampak Buruknya pada Anak

7 Penyebab Feses Lebih Bau