Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Infeksi Paru, Ronaldikin Meninggal Dunia

Myles Bannister

Telah lama menderita infeksi paru

Kabar tentang infeksi paru yang sudah diidap lama oleh Ronaldikin diunggah oleh situs Milanistiorid, pendukung klub sepak bola AC Milan di Indonesia. Dalam unggahan di media sosialnya, disebutkan bahwa Ronaldikin telah lama berjuang melawan infeksi paru hingga akhirnya meninggal dunia.

Mengenal Infeksi paru

Infeksi paru, dikenal juga sebagai pneumonia, disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur. Bakteri seperti streptococcus pneumoniae sering menjadi penyebabnya. Infeksi paru dapat menyerang orang dari semua usia, tetapi lebih serius pada anak-anak dan lansia dengan kekebalan tubuh yang lemah.

Infeksi paru juga dapat disebabkan oleh jamur dan virus. Infeksi jamur mungkin disebabkan oleh lingkungan yang lembap atau terpapar kotoran unggas. Infeksi paru yang disebabkan oleh virus biasanya menyerang balita dan dapat berakibat fatal.

Beberapa gejala infeksi paru yang harus diwaspadai

Banyak orang mengira gejala awal infeksi paru seperti flu, pilek, atau demam biasa. Padahal, infeksi paru dapat merusak saluran pernapasan dan paru-paru dengan serius.

Berikut adalah beberapa gejala infeksi paru yang harus diwaspadai.

Tubuh mengalami demam

Jika mengalami demam tinggi yang berkepanjangan seperti menggigil dan gemetaran, kemungkinan besar Anda mengalami infeksi paru yang serius.

Sesak napas

Sesak napas yang semakin parah menandakan bahwa kondisi infeksi paru memburuk. Gejala lainnya termasuk napas yang semakin cepat dan denyut jantung yang meningkat. Segera periksakan kondisi kesehatan ke dokter jika mengalami hal ini.

Batuk berdahak dan perubahan lendir

Batuk berdahak kronis dapat menandakan masalah infeksi paru-paru. Lendir yang diproduksi dalam jumlah sangat banyak serta perubahan tekstur, ketebalan, dan warna lendir juga mencurigakan. Dalam beberapa kasus, lendir bahkan dapat memiliki aroma yang tidak sedap.

Nyeri dada

Nyeri dada saat bernapas dalam-dalam juga merupakan gejala infeksi paru. Kondisi ini disebut nyeri dada pleuritic dan dapat menandakan gangguan jantung.

Gejala lain dari infeksi paru meliputi sakit kepala, mual, muntah, penurunan nafsu makan, keluhan pada persendian dan otot, serta nyeri perut.

Siapa saja yang rentan terkena infeksi paru?

Orang-orang yang merokok (pasif atau aktif), pecandu alkohol, memiliki masalah sistem kekebalan tubuh, atau menderita penyakit paru obstruktif dan gagal jantung termasuk dalam kelompok yang rentan terkena infeksi paru. Jika Anda termasuk dalam kelompok ini, selalu waspada terhadap gejala-gejala yang telah disebutkan sebelumnya.

About The Author

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 42 Minggu

Cavit D3 – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping