Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Umur Berapa Bayi Bisa Melihat dengan Jelas? Ini Tahapannya (0-12 Bulan)

Myles Bannister

Setiap bayi membutuhkan proses agar mereka bisa melihat objek di sekitarnya dengan jelas. Ada tahapan yang harus dilalui bayi Anda hingga mereka dapat melihat sebagaimana Anda melihat. Yuk, terus membaca agar Anda tahu kapan bayi bisa melihat jelas.

Umur Berapa Bayi Bisa Melihat dengan Jelas?

Banyak orang tua yang tidak tahu usia berapa bayi bisa melihat dengan jelas. Mereka mengira bahwa bayi sudah bisa melihat jelas sejak lahir, padahal penglihatan bayi pada saat baru lahir masih samar-samar.

Penglihatan bayi terus berkembang hingga mereka bisa melihat objek dengan jelas. Lantas, umur berapa bayi bisa melihat jelas? Pada umumnya, bayi baru bisa melihat objek di sekitarnya dengan jelas ketika mereka mulai berusia 1 tahun.

Namun, pada usia 1 tahun, penglihatan bayi belum sempurna. Mereka baru memiliki penglihatan yang sempurna seperti orang dewasa ketika berusia 3-5 tahun. Ketika itu, mereka sudah bisa melihat jelas objek apa pun yang ada di hadapan mereka.

Tahapan Penglihatan Bayi Sebelum Lahir

Penglihatan bayi sudah berkembang sejak mereka masih berada di dalam rahim meskipun matanya sering tertutup. Tahapan penglihatan bayi sebelum lahir dimulai dari usia kandungan minggu ke-4 hingga mereka berusia cukup bulan (9 bulan).

Inilah tahapan penglihatan bayi sebelum lahir:

1. Minggu ke-4

Ketika janin memasuki usia minggu ke-4, matanya mengalami perkembangan. Saraf-saraf penglihatan di dalam matanya sudah mulai berkembang. Perkembangan saraf mata bagi bayi sangat penting untuk perkembangan penglihatan mereka di masa depan.

2. Minggu ke-8

Pada minggu ke-8, posisi mata bayi sudah tepat berada di tempatnya sehingga mereka akan terlahir dengan posisi mata yang normal. Retina mata bayi pun sudah mulai terbentuk. Hal ini akan mendukung penglihatan mereka kelak.

3. Minggu ke-16 hingga terlahir

Usia kandungan yang memasuki minggu ke-16 menandakan perkembangan mata bayi sudah mulai sensitif terhadap cahaya walaupun mata mereka tertutup. Mata bayi akan terus sensitif terhadap cahaya saat mereka berusia 27 minggu di dalam rahim.

Tahapan Penglihatan Bayi Mulai 0-12 Bulan

Bayi mengalami perkembangan penglihatan yang sangat signifikan pada satu tahun pertamanya. Penglihatan bayi tetap berkembang hingga usia 5 tahun, tetapi tidak se-drastis pada satu tahun pertama.

Berikut adalah tahapan penglihatan bayi mulai dari lahir hingga berusia 1 tahun:

1. Saat Baru Lahir

Saat bayi baru dilahirkan, mereka sudah bisa membuka mata dan melihat, tetapi dengan pandangan yang kabur. Hal ini disebabkan ketajaman penglihatan bayi belum sempurna. Bayi baru bisa melihat dengan jarak pandang yang dekat, yaitu 20-25 cm dari wajah mereka.

2. Usia 1 Minggu

Ketika bayi menginjak usia 1 minggu, jarak pandang mereka meningkat hingga 30 cm dari wajah mereka. Bayi juga sudah mulai menggapai objek yang dilihat dengan tangan mereka.

Anda bisa merangsang perkembangan penglihatan bayi pada usia ini dengan menyusuinya secara bergantian pada kedua sisi payudara. Dengan begitu, penglihatan mereka akan mendapatkan rangsangan.

3. Usia 2 Minggu

Bayi usia 2 minggu sudah mulai sedikit mengenali wajah orang dewasa yang paling sering bersamanya, yaitu ibunya. Ketika Anda melihatnya, bayi juga akan melihat wajah Anda selama beberapa detik.

4. Usia 3 Minggu

Jika pada usia 2 minggu bayi baru mulai mengenal wajah ibunya, maka pada minggu ke-3 bayi sudah mengenal wajah ibunya. Mereka akan memerhatikan wajah Anda lebih lama dari minggu sebelumnya.

5. Usia 4 Minggu

Menginjak minggu ke-4, bayi Anda mulai antusias mengikuti pergerakan objek yang dilihatnya. Jika Anda menggerakan mainan ke arah kanan dan kiri, maka penglihatan mereka juga akan mengikuti arah pergerakan mainan tersebut.

6. Usia 1 Bulan

Tepat ketika bayi berusia 1 bulan, penglihatan mereka mulai mengalami perkembangan yang lebih signifikan daripada sebelumnya. Matanya sudah bisa bergerak mengikuti arah cahaya. Mereka juga sudah mulai semakin tertarik untuk melihat wajah, melakukan kontak mata, dan melihat lebih fokus pada wajah.

7. Usia 2-3 Bulan

Tidak seperti bayi usia 1 bulan yang hanya bisa melacak objek secara horizontal, bayi pada usia 2 bulan sudah mulai bisa melacak objek secara vertikal dan melingkar. Mereka bisa mengikuti pergerakan objek ke atas, ke bawah, dan melingkar.

Pada usia 2-3 bulan, bayi juga sudah mulai tertarik melihat kaki dan tangannya sendiri. Penglihatan bayi akan mudah teralih ketika mereka melihat objek yang lebih menarik perhatian mereka. Kontak mata dengan bayi juga terjadi lebih lama dari sebelumnya.

8. Usia 4-6 Bulan

Mulai usia 4-6 bulan, bayi sudah mulai mengamati mainan yang bergerak. Cakupan penglihatan bayi juga sudah mulai meningkat. Jangan heran jika pada usia ini bayi suka melihat hasil pantulan di cermin.

9. Usia 7-10 Bulan

Bayi mulai tertarik melihat gambar ketika mereka berusia 7-10 bulan. Penglihatan mereka semakin terkoordinasi secara lebih baik saat mereka belajar merangkak pada rentang usia ini. Pada tahap ini, mereka sudah tahu sebuah objek meskipun ada bagian yang tidak terlihat. Pintar kan?

10. Usia 11-12 Bulan

Saat bayi mendekati akhir tahun pertama, mereka sudah suka bermain petak umpet. Jangan heran jika bayi Anda bisa mengenali Anda dari balik jendela transparan. Kemampuannya untuk mengenal gambar juga semakin baik.

Hal tersebut bisa ditegaskan jika bayi Anda memiliki perkembangan kemampuan bicara yang sama baiknya. Mereka bisa menyebutkan satu per satu nama gambar seperti nama-nama benda di rumah mereka.

Koordinasi mata dan tangan bayi terus berkembang setelah mereka berusia satu tahun. Rangsangan visual sangat baik dilakukan bagi bayi sehingga mereka mudah belajar banyak hal di sekitar mereka.

Sekarang, Anda telah mengetahui umur berapa bayi bisa melihat dengan jelas beserta tahap perkembangan penglihatan berdasarkan usia mereka. Jika Anda menemukan masalah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter anak.

Sekarang, Anda telah mengetahui umur berapa bayi bisa melihat dengan jelas beserta tahap perkembangan penglihatan berdasarkan usia mereka. Jika Anda menemukan masalah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter anak.

About The Author

Alasan Kuret: Prosedur & Efek Sampingnya

Minyak Zaitun Menurunkan Kadar Gula Darah