Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Bahaya Memakai Kacamata Murah Sembarangan, Bisa Iritasi Kulit?

Myles Bannister

Mengapa Memakai Kacamata Murah Berbahaya?

Kacamata diciptakan untuk membantu Anda yang memiliki mata minus, plus, atau silindris. Kacamata memiliki standar untuk digunakan sebagai alat bantu penglihatan sesuai dengan gangguan mata yang diderita. Standar kacamata meliputi:

  • Lensa kacamata pelindung terhadap sinar ultraviolet (UV)
  • Lensa berukuran OD/R = 0, dan OS/L = 0
  • Jarak antar pupil yang akurat
  • Gagang frame kacamata harus sesuai dengan lekuk kepala
  • Cat pewarna frame kacamata aman

Kriteria atau standar kacamata ideal di atas umumnya sulit ditemui pada kacamata murah yang dijual sembarangan. Alasan penggunaan kacamata murah berbahaya adalah karena timbulnya masalah baru pada mata para pengguna kacamata murah tersebut.

Bahaya Memakai Kacamata Murah Sembarangan

Apa saja bahaya memakai kacamata murah? Sebelum membeli kacamata murah, simak penjelasan mengenai bahayanya berikut ini.

1. Menyebabkan Katarak

Kacamata murah biasanya tidak dilengkapi lensa pelindung sinar UV-A dan UV-B. Mata yang terpapar sinar ultraviolet bisa menyebabkan lensa mata menjadi keruh akibat protein yang rusak atau disebut katarak.

Sebagai contoh, jika menggunakan kacamata hitam murahan, warna gelap kacamata tersebut hanya mengurangi intensitas cahaya tanpa melindungi mata dari radiasi sinar matahari.

Kacamata yang tidak dilengkapi dengan pelindung sinar UV berpotensi menyebabkan degenerasi makula dan pada kasus yang jarang bisa mengakibatkan kanker melanoma mokular.

2. Mata Menjadi Rabun

Banyak orang menggunakan kacamata hanya sebagai aksesoris untuk tampil penuh gaya. Kacamata sebatas aksesoris biasanya memiliki lensa biasa, bukan lensa minus, plus, atau silindris. Kacamata seperti ini dapat menyebabkan mata justru menjadi rabun.

3. Mata Mudah Lelah

Pada kacamata murah, jarak antar pupil pada lensa kacamata mungkin tidak akurat. Hal ini membuat mata mudah lelah dan fokus mata tidak maksimal, terutama pada kondisi mata minus, plus, atau silindris yang tinggi. Pastikan kacamata yang digunakan memiliki jarak antar pupil yang tepat.

4. Sakit Kepala

Kacamata murah umumnya memiliki potongan lensa yang asimetris, frame yang mudah patah, serta jarak antar pupil yang tidak akurat. Faktor-faktor ini dapat menyebabkan sakit kepala dan berpotensi menyebabkan masalah penglihatan permanen.

5. Iritasi Kulit

Kacamata murah dapat menyebabkan iritasi kulit karena bahan frame yang tidak higienis dan cat pewarna yang tidak aman. Kulit wajah dan sekitar telinga bisa mengalami iritasi akibat bahan kimia berbahaya yang terdapat di dalam cat pewarna frame. Pilihlah kacamata yang aman untuk kulit.

Jadi, sekarang Anda sudah mengetahui bahaya memakai kacamata murah bagi kesehatan mata. Jangan sungkan untuk membeli kacamata yang berstandar dan tahan lama. Biar mahal sedikit tapi aman, kan?

About The Author

Menu Diet Golongan Darah O, A, B, AB (Panduan Lengkap)

Ethambutol – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping