Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Ikan Haring: Nutrisi, Manfaat, Efek Samping, dll

Myles Bannister

Ikan haring kurang populer dalam kuliner Indonesia tetapi memiliki rasa nikmat dan kaya nutrisi. Ketahui manfaat ikan haring bagi kesehatan dan cara mengolahnya.

Apa Itu Ikan Haring?

Ikan haring adalah jenis ikan kecil berwarna silver dari keluarga Clupeidae. Ikan haring memiliki 3 varietas utama yaitu ikan haring Atlantik, Araucanian herring, dan ikan haring Pasifik.

Kebanyakan ikan haring diolah menjadi ikan kaleng. Ikan ini memiliki daging berwarna krem dengan rasa enak dan gurih. Ikan haring juga kaya nutrisi dan memiliki manfaat kesehatan.

Kandungan Nutrisi Ikan Haring

Ikan haring adalah jenis ikan berlemak tinggi asam lemak omega-3 (411 miligram). Ikan ini juga kaya nutrisi penting lainnya. Berikut kandungan nutrisi ikan haring setiap 28 gram (1 ons) sajian:

  • Total kalori 73.
  • 4 gram protein.
  • 190 IU vitamin D.
  • 2,7 gram karbohidrat.
  • 16,4 mikrogram selenium.
  • 241 IU vitamin A.
  • 1,2 mikrogram vitamin B12.
  • 0,9 miligram niasin.

Ikan haring juga mengandung sodium, kalium, fosfor, dan selenium. Kandungan omega-3 dalam ikan haring serupa dengan ikan salmon atau makarel.

Manfaat Ikan Haring bagi Kesehatan

Kandungan vitamin dan mineral dalam ikan haring bermanfaat bagi tubuh, di antaranya:

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Asam lemak omega-3 dalam ikan haring melindungi kesehatan otak. Ikan haring mengandung EPA dan DHA yang meningkatkan fungsi otak dan melindungi saraf. Konsumsi EPA dan DHA juga mengurangi risiko demensia dan Alzheimer.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak ikan dari omega-3 melindungi jantung dari kerusakan sel-sel. Omega-3 menurunkan kadar trigliserida tinggi yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Konsumsi ikan haring juga membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

3. Mengandung Antiinflamasi

Konsumsi ikan haring membantu menurunkan peradangan dalam tubuh. Kandungan omega-3 dan selenium dalam ikan ini mengurangi respon peradangan tubuh yang berlebihan.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Asupan omega-3 dikaitkan dengan penurunan risiko kanker. Konsumsi vitamin D juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar dan prostat. Kandungan antioksidan dalam ikan haring juga melindungi tubuh dari paparan radikal bebas penyebab kanker.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Terkait Usia

Ikan haring tinggi omega-3 memperbaiki jaringan otot akibat penuaan. Vitamin D dan selenium dalam ikan juga mengurangi risiko penyakit terkait usia.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Ikan haring mengandung kalsium, magnesium, fosfor, vitamin D, dan protein yang baik untuk tulang.

7. Baik untuk Sel Darah Merah

Asam amino dalam ikan haring membentuk hemoglobin. Kandungan vitamin B12 dan zat besi juga penting untuk produksi sel darah merah yang sehat.

8. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Kandungan omega-3, kalium, dan vitamin B6 dalam ikan haring melindungi sel saraf otak.

9. Mengandung Antioksidan

Vitamin E dan selenium dalam ikan haring berperan sebagai antioksidan alami. Fungsi antioksidan untuk mencegah kerusakan jaringan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10. Nutrisi Baik untuk Wanita Hamil

Ikan haring aman untuk ibu hamil karena rendah merkuri. Asam lemak omega-3 juga baik untuk perkembangan otak janin.

Efek Samping Ikan Haring

Ikan haring aman dikonsumsi dan memiliki kandungan merkuri yang rendah. Ikan kaleng memiliki nutrisi lebih sedikit daripada ikan segar dan dapat menyebabkan interaksi dengan obat MAOIs.

Cara Mengolah Ikan Haring

Ikan haring dapat diolah menjadi berbagai menu seperti ikan goreng, pepes ikan, sayur ikan, pedas manis, acar ikan, dan lainnya. Ikan ini lezat dan menyehatkan.

Referensi

About The Author

Segala Hal Tentang Sulam Bibir : Jenis, Manfaat, hingga Efek Samping

Fungsi Concealer, Jenis, dan Cara Menggunakannya