Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Artichoke: Manfaat, Kandungan, Efek Samping, dll

Myles Bannister

Artichoke adalah tanaman yang berasal dari Mediterania. Tanaman ini termasuk dalam jenis thistle, yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar berbagai obat herbal.

Tanaman thistle ini memiliki nama latin Cynara cardunculus var. Scolymus yang juga tumbuh di Eropa selatan dan Afrika utara. Tanaman ini telah digunakan sejak zaman Mesir kuno sebagai obat alami untuk masalah pencernaan, penyakit kuning, dan refluks asam.

Tanaman ini memiliki berbagai kandungan alami yang bermanfaat bagi tubuh seperti karbohidrat, serat, protein, lemak, vitamin C, vitamin K, tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, magnesium, zat besi, fosfor, kalium, kalsium, dan zinc.

Tanaman ini juga kaya akan serat, rendah lemak, rendah kalori, dan tinggi akan antioksidan, yang membawa manfaat kesehatan bila dikonsumsi.

Artichoke diolah menjadi ekstrak, suplemen, dan obat herbal untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan seperti mengatur kadar kolesterol, menjaga kesehatan hati, mengatasi masalah pencernaan, menurunkan gula darah, memiliki efek antikanker, meredakan gejala sindrom iritasi usus, dan menjaga tekanan darah.

Tanaman ini dapat diolah dengan berbagai cara seperti dikukus, direbus, dipanggang, atau ditumis, dan dapat ditambahkan dalam berbagai hidangan seperti pizza, pasta, salad, sup, atau roti panggang.

Selain dikonsumsi dalam olahan makanan, artichoke juga dikemas dalam bentuk suplemen. Namun, belum ada penelitian medis yang mempublikasikan tentang bagaimana cara kerja suplemen ini dalam mengatasi berbagai indikasi penyakit.

Dosis suplemen artichoke bervariasi tergantung pada kondisi kesehatan individu, dan sebaiknya berkonsultasi dengan ahli obat herbal atau dokter sebelum mengonsumsinya.

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi adalah reaksi alergi dan memperburuk kondisi obstruksi saluran empedu. Wanita hamil atau menyusui juga sebaiknya tidak mengonsumsi artichoke.

Saat mengonsumsi suplemen artichoke, perhatikan juga interaksi obat yang mungkin terjadi. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengonsumsi obat herbal atau suplemen lain secara bersamaan.

Informasi ini belum memadai untuk menggantikan konsultasi medis langsung dengan dokter.

Sumber

  • Jane Brown, Mary, PhD, RD (UK). 2019. Top 8 Health Benefits of Artichokes and Artichoke Extract. https://www.healthline.com/nutrition/artichoke-benefits#section2. (Diakses pada 7 Februari 2020).
  • Levy, Jillian CHHC. 2019. Artichokes: Top 7 Benefits of Artichoke Nutrition (+ Recipes & Growing Tips). https://draxe.com/nutrition/artichokes/. (Diakses pada 7 Februari 2020).
  • Moll, Jennifer, PharmD. 2019. The Health Benefits of Artichoke Leaf Extract. https://www.verywellhealth.com/can-artichoke-leaf-extract-lower-cholesterol-698105. (Diakses pada 7 Februari 2020).
  • WebMD. 2020. Artichoke. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-842/artichoke. (Diakses pada 7 Februari 2020).

About The Author

Seks Oral Menyebabkan Kanker Tenggorokan, Benarkah?

Kandungan Lemah: Gejala, Penyebab, dan Penanganan