Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Obat PTU – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Myles Bannister

Penjelasan lebih lanjut tentang obat ptu (Propylthiouracil) dan informasi penting terkaitnya. Termasuk indikasi, bentuk sediaan, manfaat, dosis, efek samping, dan peringatan penggunaan.

  • Nama Dagang: Propylthiouracil (Obat ptu)
  • Kelas Terapi: Antitiroid
  • Nama Dagang: Propilthiouracil

Indikasi Obat PTU

Obat ptu diberikan kepada pasien dengan gangguan kelenjar tiroid. Beberapa indikasi obat propylthiouracil harus diperhatikan sebelum mengonsumsinya.

Indikasi obat ptu meliputi hipertiroidisme, penyakit graves, pembesaran tiroid, dan thyroidectomy (pengangkatan tiroid). Pasien baru boleh mengonsumsi obat ptu jika memiliki indikasi tersebut.

Bentuk Sediaan Obat PTU

Obat ptu dengan monografi propylthiouracil tersedia dalam bentuk Propilthiouracil. Bentuk sediaan obat ptu adalah tablet yang diminum. Setiap tablet mengandung 50 mg. Kemasan obat ptu beredar dalam bentuk tablet 50 mg.

Manfaat Obat PTU

Obat ptu digunakan untuk mencegah produksi hormon tiroid yang berlebihan. Manfaat obat ptu lainnya adalah untuk persiapan pengangkatan tiroid (thyroidectomy). Propylthiouracil dan karbimazol memiliki cara kerja yang sama dalam persiapan tindakan thyroidectomy.

Mekanisme kerja Propylthiouracil dan karbimazol adalah mempengaruhi sintesis hormon tiroid. Manfaat obat ptu lainnya adalah untuk pengobatan penyakit Graves dan pembesaran tiroid. Obat ptu juga membantu mengontrol gejala sebelum operasi tiroid.

Sebelum minum obat ptu

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum minum obat ptu:

  • Jangan gunakan obat ptu jika alergi
  • Konsultasikan dengan dokter jika memiliki gangguan hati, sistem kekebalan lemah, atau perlu menjalani operasi
  • Tidak boleh minum obat ptu saat hamil atau menyusui
  • Berencana hamil saat konsumsi obat ptu? Konsultasikan dengan dokter
  • Jangan berikan obat ptu pada anak di bawah 18 tahun tanpa saran dokter

Dosis Obat PTU

Dosis obat ptu untuk Hipertiroidisme adalah 3 x 100 mg per hari sebagai dosis awal. Dosis obat ptu untuk pengobatan hipertiroidisme dapat mencapai 400 mg per hari yang dibagi dalam 3 dosis. Untuk pemeliharaan, dosis obat ptu adalah 50-150 mg per hari yang dibagi dalam 3 dosis.

Anak-anak dapat menggunakan obat ptu setelah konsultasi dengan dokter. Dosis obat ptu untuk anak usia 6 tahun ke atas adalah 50 mg per hari. Belum boleh diberikan pada anak usia di bawah 6 tahun.

Efek Samping Obat PTU

Obat ptu memiliki beberapa efek samping seperti kerusakan hati pada orang dewasa dan anak-anak. Kerusakan hati biasanya terjadi jika mengonsumsi dosis obat ptu 300 mg per hari atau lebih selama 6 bulan.

Gejala kerusakan hati meliputi gatal, mual, demam, muntah, hilang nafsu makan, nyeri perut bagian atas, urin berwarna gelap, kotoran berwarna ungu, dan jaundice. Segera hubungi dokter untuk mencegah efek samping lebih parah.

Efek samping lainnya meliputi pendarahan tidak biasa, mudah memar, sesak napas, batuk kering, sulit menelan makanan, sindrom lupus, nyeri otot, suara serak, rambut rontok, pusing, dan kesemutan.

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id
  2. US National Library of Medicine: http://medlineplus.gov
  3. Drugs.com

About The Author

Asam Amino: Definisi, Jenis, Fungsi, dan Sumber Makanannya

10 Tips Mengatasi Cemas Berlebihan (Anxiety) dengan Mudah