Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Obat Triamcinolone: Manfaat, Dosis, Indikasi, dan Efek Samping

Myles Bannister

Triamcinolone adalah glukokortikoid sintetik yang meniru hormon steroid alami tubuh. Obat ini membantu sistem kekebalan tubuh, mencegah pelepasan zat yang menyebabkan peradangan. Obat ini digunakan untuk kondisi alergi dan kekebalan tubuh seperti eksim, psoriasis, dan sariawan.

Rangkuman Obat Triamcinolone

Nama Obat Triamcinolone
Kandungan Obat Triamcinolone
Kelas Obat Kortikosteroid
Kategori Obat resep
Manfaat Obat Mengobati peradangan dan alergi
Kontraindikasi Hipersensitif
Sediaan Obat Injeksi, lotion, krim, semprotan, salep, dan tablet
Harga Obat Rp30.000-Rp220.000/jenis obat

Manfaat Triamcinolone

Triamcinolone topikal digunakan untuk merawat kondisi kulit seperti infeksi, eksim, psoriasis, gatal, ruam, dan peradangan. Triamcinolone juga tersedia dalam bentuk semprotan hidung dan injeksi untuk mengobati alergi, radang sendi, bekas luka keloid, radang bursa, cedera mulut, dan peradangan.

Dosis Triamcinolone

Dosis tergantung pada jenis produk obat. Dokter akan menentukan dosis dan formulasi terbaik sesuai kondisi kesehatan Anda. Dosis bisa disesuaikan jika Anda memiliki masalah hati, pencernaan, jantung, diabetes, atau hipertensi.

1. Topikal

Triamcinolone topikal biasanya digunakan dua hingga empat kali sehari. Kekuatan obat topikal bervariasi mulai dari 0,025 hingga 0,5 persen. Kekuatan obat semprot adalah 0,147 miligram per gram.

2. Semprotan Hidung

Dosis semprotan hidung berbeda untuk dewasa, anak-anak berusia 12 tahun ke atas, anak-anak berusia 6 hingga 11 tahun, dan anak-anak berusia 2 hingga 5 tahun.

3. Injeksi

Injeksi tersedia dalam bentuk intramuskular, intra artikular, dan intravitreal. Dosisnya bergantung pada pengobatan dan jenis triamcinolone yang digunakan.

4. Krim

Oleskan secara tipis krim, lotion, atau salep pada area kulit yang mengalami kemerahan, gatal, dan pembengkakan. Jangan menggosokkan krim pada area yang sakit.

5. Tablet

Dosis awal triamcinolone tablet adalah 4-48 mg per hari tergantung pada kondisi yang sedang dirawat.

Petunjuk Penggunaan Triamcinolone

Ikuti petunjuk penggunaan obat yang direkomendasikan oleh dokter atau apoteker. Cuci tangan setelah mengoleskan obat topikal, jangan menutupi area setelah mengoleskan obat ke kulit, dan jauhkan obat dari mata dan hidung.

Petunjuk Penyimpanan Obat

Simpan obat dalam wadah tertutup pada suhu kamar, jauh dari panas, lembap, cahaya langsung, dan jangkauan anak-anak. Jangan menyimpan obat ini di dalam mobil yang terkena panas atau dingin ekstrem. Jangan menusuk atau membakar kemasan obat.

Efek Samping Triamcinolone

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi adalah penambahan berat badan, retensi cairan, sesak napas, perubahan suasana hati, kesulitan tidur, sakit kepala, pusing, cemas, atau gelisah.

Interaksi Obat

Konsultasikan dengan dokter tentang interaksi obat triamcinolone dengan obat lain yang sedang Anda konsumsi.

Peringatan dan Perhatian

Gunakan obat ini dengan hati-hati jika Anda memiliki sindrom Cushing, diabetes, hiperglikemia, hipertensi intrakranial, atau infeksi kulit di area yang dioleskan obat. Jangan gunakan obat ini pada kerusakan kulit atau cedera parah.

Harga Triamcinolone

Harga triamcinolone berkisar antara Rp30.000 hingga Rp220.000 per jenis obat.

About The Author

5 Cara Menggunakan Pelumas yang Benar Saat Bercinta

15 Pantangan saat Hamil 2 Bulan yang Penting untuk Diketahui