Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

5 Bagian Tubuh Wanita yang Paling Susah Hilang Lemaknya

Myles Bannister

Jika Anda berjuang melawan lemak berlebih di tubuh, ada beberapa bagian tubuh yang sulit untuk menghilangkan lemaknya. Menjalani program diet yang benar dan memperhatikan bagian tubuh yang sulit ini adalah kunci agar Anda tidak frustrasi dan malas dalam melakukan diet dan olahraga kembali.

Bagian tubuh wanita yang sulit menghilangkan lemaknya

Lemak pada tubuh wanita tersebar di berbagai tempat. Namun, ada beberapa tempat yang sulit diatasi dan membutuhkan penanganan khusus.

Perut bawah

Perut bagian bawah adalah bagian tubuh yang sulit mengurangi lemaknya. Bahkan setelah bagian tubuh yang lain mengecil, perut bagian bawah masih tetap sama. Cara terbaik untuk mengecilkan bagian ini adalah dengan melakukan olahraga secara rutin dan menjaga pola makan dengan baik.

Bokong dan pinggul

Bokong dan pinggul juga termasuk bagian yang sulit setelah perut. Bagian ini dapat terakumulasi banyak lemak dan membuat Anda sulit untuk bergerak serta seringkali tidak muat pada celana. Lakukan olahraga seperti jogging dan squat secara teratur untuk perlahan-lahan mengecilkan bagian tersebut.

Leher

Leher seringkali membuat wanita merasa tidak nyaman karena membuat dagu terlihat ganda dan batas antara kepala dan tubuh menjadi tidak jelas. Lakukan olahraga biasa dan latihan tambahan untuk wajah dan leher.

Paha bawah

Lemak pada paha bawah juga cukup banyak dan sulit untuk menguranginya secara instan. Diperlukan tingkat kesabaran yang tinggi agar lemak pada area ini hilang dan kulitnya kembali ke bentuk semula. Jangan khawatir jika area ini tidak terlihat lebih kecil. Selama Anda konsisten dalam melakukan olahraga, penurunan lemak akan maksimal.

Lengan

Lengan adalah bagian tubuh wanita yang sulit dikurangi lemaknya jika sudah berlemak dan membesar. Jika sudah mengecil, kulit yang tadinya kendur akan sulit untuk kembali ke bentuk semula. Oleh karena itu, lakukan olahraga agar lengan menjadi lebih ramping dan tidak mengganggu penampilan secara estetika.

Kesalahan saat diet yang membuat lemak sulit hilang

Saat melakukan diet, seringkali kita melakukan kesalahan yang membuat lemak sulit untuk hilang. Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus Anda hindari saat melakukan diet.

  • Menganggap volume adalah ukuran banyak dan sedikit. Misalnya, menganggap makanan sayur satu piring memiliki banyak kalori dibandingkan segelas air sirop yang sangat manis. Saat diet, jangan hanya melihat volume makanan, tapi perhatikan juga komposisi nutrisi seperti karbohidrat, protein, dan lemak yang ada.
  • Tidak memperhatikan jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Karbohidrat tidak hanya terdapat dalam nasi, tetapi juga dalam gula dan makanan manis lainnya.
  • Sering melakukan chealeting day. Cheating day adalah hari spesial yang memperbolehkan Anda makan apa saja. Beberapa orang seringkali makan dengan tidak teratur sepanjang hari pada chealeting day. Sebaiknya, makanlah apa saja dengan porsi yang seimbang dan dalam waktu yang terbatas, bukan sepanjang hari.
  • Sering melanggar aturan diet yang telah ditentukan. Mengira bahwa melanggar sedikit tidak akan berdampak buruk, sehingga aturan diet seringkali dilanggar berkali-kali dan akhirnya gagal.
  • Tidak mengerti dengan benar apa yang boleh dan tidak boleh dimakan. Ketidaktahuan ini seringkali membuat orang gagal dalam menjalani diet.
  • Mudah tergoda untuk mencoba diet lain yang menjanjikan hasil yang cepat. Akibatnya, Anda tidak bisa menjalani diet dengan konsisten dan fokus. Pilihlah diet yang sesuai dan tetap konsisten. Mengganti-ganti diet dalam waktu singkat akan meningkatkan risiko kegagalan.

Jangan menurunkan berat badan secara berlebihan

Diet boleh dilakukan oleh siapa saja, asalkan sesuai dengan kebutuhan dan tidak terlalu menyiksa diri. Yang terpenting dari semua itu, diet adalah mengatur pola makan, bukan berarti tidak makan sama sekali agar cepat kurus. Jika Anda tidak makan, tubuh Anda akan menjadi lemah dan mengalami risiko kesehatan yang serius.

Menurunkan berat badan boleh saja, namun normalnya dalam satu minggu hanya sekitar 0,8-1,2 kg. Lebih dari itu, ada kemungkinan otot juga ikut dikurangi agar menjadi sumber energi. Sayang sekali jika otot yang memberikan kekuatan pada tubuh semakin mengecil sedikit demi sedikit, bukan?

Pada beberapa metode diet seperti ketogenic atau intermittent fasting, penurunan berat badan pada 1-2 minggu pertama bisa sangat cepat. Ini adalah hal yang wajar terjadi karena banyak air yang sebelumnya diikat oleh sel tubuh dilepaskan. Namun, pada tahap ini belum banyak lemak yang terbakar. Ketika memasuki minggu ketiga, penurunan berat badan akan melambat dan lemak mulai terbakar.

Jangan tergesa-gesa saat melakukan diet. Jika terburu-buru dan terlalu fokus pada penurunan berat badan yang berlebihan, tubuh Anda akan mengalami dampak yang besar. Pada wanita, kemungkinan terjadi gangguan saat menstruasi menjadi lebih besar. Selain itu, kesuburan juga dapat menurun. Oleh karena itu, ikuti dan lakukan diet dengan benar dan perhatikan asupan kalori harian serta nutrisinya.

Memiliki masalah dengan lemak berlebih pada tubuh, terutama pada bagian perut bagian bawah, memang cukup menjengkelkan. Meskipun begitu, lapisan lemak akan semakin menipis jika terdapat defisit energi dalam tubuh. Oleh karena itu, lakukanlah diet dengan benar dan jika memungkinkan, hitunglah jumlah kalori harian dan komposisi nutrisinya.

Itulah sedikit ulasan tentang cara menurunkan berat badan dan lemak berlebih pada tubuh wanita. Apakah ada hal yang belum Anda ketahui sebelumnya dari ulasan di atas? Semoga setelah membaca ulasan di atas, Anda dapat lebih mudah menjalankan diet dan olahraga agar lemak di tubuh cepat hilang.

About The Author

Penyebab Biang Keringat pada Bayi dan Pencegahannya

Manfaat Buah Kedondong bagi Kesehatan, Cegah Kanker?