Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

5 Alasan Mengapa Janggot Pria Bukan Hanya Aksesori

Myles Bannister

Jangan Hanya Sebagai Aksesori

Apakah rambut di wajah pria hanya dianggap sebagai aksesori? Apakah ada manfaat lain dari rambut di wajah pria seperti rambut kemaluan yang dapat mengurangi gesekan dan mencegah masuknya bakteri?

Jawabannya adalah ya. Rambut di dagu tidak tumbuh begitu saja. Ada beberapa kelebihan yang didapatkan pria dari rambut pada janggut mereka.

Perlindungan dari Sinar Matahari di Wajah

Wajah rentan terkena sinar matahari yang berbahaya. Karena pria sering bekerja di luar ruangan, risiko tersengat sinar ultraviolet yang berbahaya akan tinggi. Jika pria memiliki janggut yang tebal, cahaya yang berbahaya akan sulit menembus hingga ke kulit.

Jadi, janggut tidak hanya sebagai aksesori. Pria dapat memiliki kesehatan yang lebih baik dengan memiliki janggut yang tebal. Namun, perlu diingat bahwa kebersihan janggut juga penting untuk menjaga kesehatan.

Mencegah Kedinginan di Wajah

Rambut di wajah akan mencegah penurunan suhu yang terlalu ekstrem di wajah, terutama bagi pria yang tinggal di lingkungan yang dingin atau negara dengan empat musim. Rambut di janggut akan menyediakan perlindungan dari angin dingin.

Mencegah Infeksi Bakteri di Wajah

Rambut di janggut dapat menghindari infeksi akibat bakteri. Mikroorganisme dari luar akan disaring oleh rambut sehingga tidak mengenai kulit dan menyebabkan infeksi. Rambut di janggut dapat membantu mencegah infeksi kulit dan munculnya bisul.

Mencegah Gangguan Tenggorokan

Janggut berfungsi sebagai penyaring bakteri dan virus yang dapat masuk ke dalam tubuh. Fungsi janggut tidak hanya untuk mencegah munculnya jerawat, tetapi juga untuk mencegah gangguan di tenggorokan. Bakteri akan sulit masuk sehingga kondisi seperti flu atau infeksi saluran pernapasan atas tidak akan cepat terjadi.

Meningkatkan Kehidupan Seks

Janggut yang tebal dapat memberikan daya tarik seksual pada pria. Pasangan akan lebih tertarik melihat pria dengan janggut yang tebal dan terawat dengan baik. Hormon testosteron berhubungan dengan pertumbuhan janggut ini dapat meningkatkan libido pria. Pria juga cenderung memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dengan janggut yang tebal.

Cara Merawat Janggut dengan Benar

Terlepas dari manfaat yang didapatkan dari janggut, perawatan yang tepat juga diperlukan. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan dari janggut:

  • Merapikan janggut yang sudah lebat dan berantakan agar terlihat rapi.
  • Menggunakan sampo khusus rambut untuk membersihkannya dari ketombe, kotoran, dan patogen.
  • Tidak mewarnai janggut, atau jika ingin mewarnai, menggunakan pewarnaan yang temporer.
  • Menggunakan pelembab jika kulit janggut kering.
  • Memperhatikan kondisi janggut saat makan agar tidak ada kotoran yang masuk ke dalamnya.
  • Memeriksa dan membersihkan bagian dalam janggut setiap hari.

Sekarang Anda tahu bahwa janggut memiliki banyak manfaat untuk pria, bukan hanya sekadar untuk penampilan macho. Jaga kesehatan janggut Anda sekarang juga.

Sumber:

  1. Mukherjee, Nikita. 2016. 8 Proven (And Surprising) Health Benefits Of Having A Beard. https://www.mensxp.com/grooming/shaving/29729-8-proven-and-surprising-health-benefits-of-having-a-beard.html. (Diakses pada 26 Oktober 2019)
  2. Chavez, Holly. It’s Not Just Cooler, But Also Healthier: 10 Reasons Why Men Should Grow Beards. https://www.lifehack.org/299301/its-not-just-cooler-but-also-healthier-10-reasons-why-men-should-grow-beards. (Diakses pada 26 Oktober 2019)
  3. Thorpe, Jr. 2015. 5 Proven Health Benefits Of Beards (Because Men Don’t Have Enough Advantages). https://www.bustle.com/articles/126593-5-proven-health-benefits-of-beards-because-men-dont-have-enough-advantages. (Diakses pada 26 Oktober 2019)
  4. Birchbox. Beard Grooming Tips: 8 Ways to Maintain Your Beard IRL. https://www.birchbox.com/guide/article/how-to-grow-a-great-beard. (Diakses pada 26 Oktober 2019)

About The Author

Astrositoma: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dll

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak