Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Ardium: Manfaat, Dosis, Aturan Pakai, Efek Samping, Harga, dll

Myles Bannister

Ardium adalah obat antihemoroid atau obat untuk mengatasi wasir. Cek informasi tentang Ardium obat apa, komposisi, indikasi, aturan pakai, efek samping, dan harga obat di sini.

Rangkuman Informasi Umum Obat Ardium

Berikut ini adalah informasi umum obat Ardium:

  • Rp10.500/tablet Ardium 500 mg.
  • Rp20.900/tablet 1000 mg.

Harga obat mungkin berbeda di setiap apotik.

Ardium Obat Apa?

Ardium adalah obat antihemoroid atau obat wasir. Obat ini memiliki kandungan micronized purified flavonoid 500 gr dari ekstrak sitrus. Kandungan dalam Ardium setara dengan Diosmin 90% (450 mg) dan Hesperidin 10% (50 mg).

Diosmin merupakan obat antihemoroid yang populer di Eropa, namun belum terlalu populer di Indonesia. Diosmin didapatkan dengan mengkonversi Hesperidin ke Diosmin. Hesperidin sendiri adalah ekstrak dari buah citrus.

Cara kerja Diosmin adalah sebagai agen anti radang dan anti pembengkakan. Diosmin juga memiliki sifat antimutagenik dan mampu menangkal radikal bebas. Diosmin juga bekerja untuk memperbaiki tegangan vena, melindungi mikrosirkulasi darah, mengurangi permeabilitas pembuluh darah, dan menghambat peradangan.

Merek Dagang Obat Ardium

Ardium adalah merek dagang obat wasir dari manufaktur Servier, hadir dalam sediaan tablet 500 mg dan 1.000 mg. Obat ini mengandung bahan aktif micronized purified flavonoid fraction yang mungkin bisa Anda dapatkan dalam bentuk obat generik.

Manfaat Ardium

Berdasarkan cara kerja dan kandungan obat, berikut adalah beberapa manfaat Ardium untuk kondisi tertentu:

1. Meringankan varises

Varises adalah kondisi di mana pembuluh darah membesar dan timbul di kaki atau telapak kaki. Varises ditandai dengan pembengkakan, perubahan warna pembuluh darah, gatal, memar, dan pembengkakan tungkai. Ardium bisa menjadi salah satu obat pilihan untuk meringankan varises.

2. Mengobati wasir

Kondisi kedua yang diatasi oleh obat Ardium adalah wasir atau ambeien. Wasir adalah kondisi pembengkakan vena dan peradangan pada rektum dan anus.

Peringatan dan Perhatian

Ardium merupakan obat yang relatif aman untuk digunakan, terutama karena obat ini mengandung bahan alami. Meskipun begitu, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan Ardium seperti berikut:

  • Penggunaan Ardium pada wanita hamil dan menyusui harus dengan hati-hati dan di bawah pengawasan dokter.
  • Diskusikan dengan dokter kondisi kesehatan secara detail sebelum menggunakan obat ini.
  • Jangan menggunakan obat ini lebih dari 3 bulan.
  • Konsultasikan pada dokter tentang makanan atau minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat ini.
  • Penggunaan obat ini sebaiknya juga dibarengi dengan pola hidup sehat.
  • Penderita varises disarankan untuk membarengi pengobatan dengan terapi angkat kaki ke atas, menjaga pola makan, atau memijat kaki dengan minyak jarak.
  • Penderita wasir disarankan untuk menjaga asupan makanan dan memenuhi kebutuhan serat serta aktif berolahraga.

Interaksi Obat Ardium

Interaksi obat bisa terjadi jika dua atau lebih bahan aktif dikonsumsi dalam waktu yang sama tanpa resep dokter. Belum ada laporan tentang interaksi bahan aktif Ardium, namun beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain termasuk obat herbal, obat resep lain, obat bebas, vitamin, atau suplemen lainnya.

Efek Samping Ardium

Efek samping Ardium bisa muncul jika dosis kurang tepat atau karena kondisi tubuh tertentu. Efek samping yang mungkin muncul adalah gangguan pencernaan, sakit kepala, dan ruam pada kulit. Jika terjadi efek samping yang mengganggu, segera hentikan penggunaan obat ini dan konsultasikan pada dokter.

Dosis Ardium

Ardium tersedia dalam tablet 500 mg. Dosis akan tergantung pada kondisi pasien. Berikut adalah dosis Ardium secara umum:

  • Dewasa untuk varises: 2 tablet sehari
  • Dosis dewasa untuk wasir akut: 6 tablet per hari selama 4 hari awal, lalu 4 tablet per hari selama 3 hari, dan dosis lanjutan 2 tablet per hari
  • Dosis dewasa untuk wasir kronis: 2 tablet per hari

Aturan pakai Ardium adalah konsumsi obat ini bersamaan atau sesudah makan. Jangan mengubah dosis tanpa izin dokter atau apoteker.

Aturan Pakai Ardium

Gunakan obat ini sesuai dengan resep dokter. Konsumsi obat ini bersama makanan. Jika lupa minum obat, konsumsi segera saat mengingatnya. Jika sudah masuk jadwal minum berikutnya, lewatkan dosis yang terlewatkan dan minum dosis selanjutnya saja.

Petunjuk Penyimpanan Obat

Simpan obat di tempat sejuk, wadah kering, dan jauh dari sinar matahari langsung. Jauhkan dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan.

Ardium adalah obat untuk mengatasi wasir dan meringankan gejala varises. Hubungi dokter jika sakit berlanjut. Semoga informasi ini bermanfaat!

About The Author

Dibandingkan Makan, Masyarakat Indonesia Lebih Suka Ngemil

Jarang Diketahui, Ini 10 Manfaat Daun Berlangkas untuk Kesehatan