Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Tips Makan Nasi bagi Penderita Diabetes untuk Gula Darah Stabil

Myles Bannister

Masyarakat Indonesia sering mengatakan bahwa seseorang belum makan jika tidak mengonsumsi nasi. Namun, bagi penderita diabetes, mereka harus membatasi konsumsi nasi karena merupakan makanan dengan indeks glikemik tinggi. Bagaimana cara mengonsumsinya dengan aman?

Aturan Makan Nasi yang Aman bagi Penderita Diabetes

Penderita diabetes perlu memperhatikan jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi setiap hari untuk menjaga gula darah tetap normal.

Berikut tips mengonsumsi nasi yang tepat bagi penderita diabetes:

1. Jenis Beras

Jika Anda suka makan nasi dan sulit berhenti, carilah nasi yang lebih sehat dengan indeks glikemik rendah untuk menghindari kenaikan kadar gula darah. Nasi putih memiliki skor indeks glikemik sekitar 70 dengan kandungan gizi lebih sedikit dibandingkan jenis beras lainnya. Sebaiknya beralih ke jenis nasi yang lebih sehat seperti beras merah, basmati, atau wild rice. Ketiga jenis nasi ini mengandung vitamin, serat, dan nutrisi yang tinggi. Jika sulit mengganti nasi putih secara keseluruhan, Anda bisa mencampur nasi putih dengan salah satu jenis beras di atas.

2. Makan Secukupnya

Jika sulit menghentikan konsumsi nasi putih, coba kurangi porsi makan nasi. Jika biasanya Anda mengonsumsi satu piring penuh, kurangi menjadi setengah atau tiga perempat selama beberapa hari. Jika dilakukan secara rutin, Anda akan terbiasa mengonsumsi nasi dalam jumlah yang sedikit.

3. Hindari Menggoreng Nasi

Jangan menggoreng nasi sisa menjadi nasi goreng karena mengolah nasi tersebut dapat menyebabkan resistensi insulin dan meningkatkan komplikasi bagi penderita diabetes. Nasi goreng mengandung lemak tersaturasi yang sebaiknya dihindari.

4. Mengonsumsi Nasi saat Dingin

Nasi yang masih panas memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi dibandingkan dengan nasi yang sudah dingin. Nasi yang dingin mengandung pati resisten yang membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Nah, itulah beberapa aturan yang dapat diterapkan bagi penderita diabetes ketika mengonsumsi nasi. Selain itu, penting juga untuk menerapkan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Apakah Anda tertarik mencoba tips di atas?

Referensi

  1. Anonim. 2018. Can Eating Rice Affect My Diabetes?. https://www.healthline.com/health/diabetes/diabetes-rice (Diakses pada 19 Desember 2022)
  2. Anonim. 2019. Can I eat rice if I have diabetes?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/314183 (Diakses pada 19 Desember 2022)
  3. Gabby. 2022. Letting rice cool before eating can help prevent blood sugar spikes, small study suggests. https://www.insider.com/cooling-rice-after-cooking-may-reduce-blood-sugar-spikes-study-2022-4 (Diakses pada 19 Desember 2022)

About The Author

Mengapa Tidak Bisa Menggelitiki Sendiri?

7 Penyebab Feses Berwarna Hijau, Bisa karena Penyakit!