Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Hobi Makan Pecel dan Gado-Gado Bisa Picu Asam Urat?

Myles Bannister

Dampak makan pecel dan gado-gado

Pecel dan gado-gado kaya akan macam sayuran seperti bayam, mentimun, kecambah, dan lainnya. Ditambah dengan saus kacang, kedua jenis sayuran ini sangat enak untuk dikonsumsi. Namun, ada anggapan bahwa sayur bayam dan kacang-kacangan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh karena mengandung purin.

Namun, pakar kesehatan menyatakan hal ini salah. Meskipun kandungan purin pada bayam, kangkung, dan kacang-kacangan yang digunakan sebagai saus pada gado-gado dan pecel tidak berdampak buruk pada kadar asam urat dalam tubuh.

Hal ini karena jumlah sayuran yang dikonsumsi biasanya tidak banyak karena dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya. Selain itu, kebanyakan orang tidak mengonsumsi pecel dan gado-gado setiap hari untuk variasi pola makan.

Jadi, tidak perlu khawatir berlebihan saat makan gado-gado dan pecel. Mengonsumsinya tidak akan menyebabkan masalah asam urat. Namun, bagi penderita asam urat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis sayuran yang aman dikonsumsi.

Beberapa jenis sayuran yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat

Beberapa jenis sayuran memiliki kandungan purin yang dapat berdampak buruk pada penderita asam urat.

Berikut beberapa sayuran yang sebaiknya dihindari.

Sayur bayam

Bayam masih diperdebatkan apakah aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Meskipun kaya akan nutrisi seperti vitamin, beta karoten, lutein, flavonoid, dan serat, 100 gram bayam mengandung 57 gram purin. Bagi penderita asam urat, jumlah purin ini dapat memperburuk kondisi kesehatan mereka. Sebaiknya penderita asam urat mendiskusikan dengan dokter sebelum mengonsumsi bayam, termasuk porsi dan frekuensi konsumsinya.

Jamur

Jamur sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat karena mengandung 17 hingga 92 gram purin per 100 gram jamur.

Kembang kol

Penderita asam urat sebaiknya tidak mengonsumsi kembang kol karena mengandung 51 gram purin per 100 gramnya dan dapat menyebabkan perut kembung.

Asparagus, daun singkong, dan kangkung juga sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan oleh penderita asam urat karena kandungan purinnya.

About The Author

Manfaat Sarapan Bubur Kacang Hijau

Kandungan Wortel Lokal dan Wortel Impor, Mana yang Lebih Bergizi?