Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Obat Levofloxacin

Myles Bannister

Obat Levofloxacin adalah obat yang digunakan untuk menangani penderita penyakit yang disebabkan infeksi bakteri. Obat Levofloxacin sering disarankan oleh dokter untuk mengobati penyakit sistem pernapasan akibat bakteri seperti pneumonia, sinusitis, dan lainnya.

Obat Levofloxacin juga dapat digunakan untuk menangani infeksi kulit dan infeksi prostat yang disebabkan oleh bakteri yang merugikan.

Pada halaman ini, Anda akan mengenal salah satu obat yang digunakan untuk mengontrol, merawat, dan mengobati penderita penyakit infeksi bakteri, yaitu obat Levofloxacin.

Fungsi Levofloxacin & Manfaat Levofloxacin

Fungsi Levofloxacin adalah sebagai obat untuk mengobati infeksi bakteri. Obat ini merupakan antibiotik kuinolon. Obat Levofloxacin diresepkan jika antibiotik lain tidak dapat menyembuhkan penyakit yang diderita oleh pasien.

Fungsi Levofloxacin adalah membunuh bakteri dan mencegahnya berkembang kembali di dalam tubuh penderita infeksi bakteri. Perlu diketahui bahwa obat ini tidak dapat mengobati infeksi virus.

Setelah mengetahui definisi obat Levofloxacin, Anda juga harus mengetahui fungsi, manfaat, dan komposisi obat ini. Ingin mengetahui informasi yang lebih lengkap? Simak penjelasan berikut.

Fungsi Levofloxacin adalah menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Manfaat Levofloxacin adalah mengobati pneumonia, sinusitis, tuberkulosis, bronkitis kronis, infeksi kulit, infeksi saluran kemih, dan pielonefritis akut. Komposisi Levofloxacin adalah Levofloxacin.

Peringatan Penggunaan Obat Levofloxacin

Penggunaan obat Levofloxacin harus sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat ini. Obat Levofloxacin hanya dapat dibeli di apotek dengan resep dokter.

Lakukan pemeriksaan terlebih dahulu agar penyakit infeksi bakteri dapat sembuh dengan obat antibiotik ini.

Perlu diingat bahwa obat Levofloxacin hanya digunakan untuk penderita infeksi bakteri, tidak untuk infeksi virus seperti flu atau pilek.

Penggunaan obat ini oleh ibu hamil dan menyusui harus dilakukan dengan hati-hati karena dapat memiliki efek bagi janin atau bayi. Apabila harus mengkonsumsi obat ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Obat Levofloxacin dapat dikonsumsi jika manfaatnya lebih besar daripada kemungkinan efek samping yang merugikan.

Setelah mengetahui fungsi Levofloxacin, manfaat Levofloxacin, dan komposisi obat Levofloxacin, mari ketahui cara penggunaan Levofloxacin yang lebih mendalam.

Nama: Levofloxacin
Nama Dagang: Levaquin
Nama Generik: Levofloxacin
Tersedia dalam Bentuk: Tablet 250 mg, tablet 500 mg
Kelas: Antibiotik golongan kuinolon

Penggunaan Obat Levofloxacin

Obat Levofloxacin digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri. Levofloxacin termasuk dalam kelas obat yang disebut antibiotik kuinolon dan bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri.

Obat ini tidak efektif untuk infeksi virus seperti pilek atau flu. Penggunaan antibiotik yang tidak perlu atau penyalahgunaan obat dapat menyebabkan efektivitas obat menurun dan tingkat kekebalan bakteri terhadap antibiotik meningkat.

Cara Menggunakan Obat Levofloxacin

  • Baca panduan pengobatan yang diberikan oleh apoteker sebelum memulai penggunaan levofloxacin dan setiap kali mengulang resep. Jika memiliki pertanyaan, konsultasikan dengan dokter atau apoteker.
  • Obat ini diminum melalui mulut sesuai arahan dokter, biasanya sekali sehari dengan atau tanpa makanan. Minum banyak cairan saat mengkonsumsi obat ini, kecuali diarahkan oleh dokter.
  • Dosis dan lamanya pengobatan tergantung pada fungsi ginjal, kondisi medis, dan respon terhadap pengobatan. Pada anak-anak, dosis tergantung pada berat badan.
  • Antibiotik bekerja dengan baik ketika jumlah obat dalam tubuh tetap konstan. Oleh karena itu, konsumsi obat ini pada waktu yang sama setiap hari.
  • Terus konsumsi obat ini sampai selesai, bahkan jika gejala telah hilang sebelum obat habis. Menghentikan pengobatan terlalu dini dapat membuat bakteri terus berkembang dan menyebabkan infeksi kembali.
  • Konsumsi obat ini setidaknya 2 jam sebelum atau 2 jam setelah mengkonsumsi obat atau produk yang mungkin mengurangi efektivitas levofloxacin. Tanyakan kepada apoteker mengenai keamanan produk lain yang dikonsumsi bersama obat ini. Beberapa contoh obat yang dapat mengurangi efektivitas obat ini antara lain: quinapril, vitamin/mineral (termasuk zat besi dan suplemen zinc), produk yang mengandung magnesium, aluminium, atau kalsium (seperti antasida, larutan didanosine, suplemen kalsium).
  • Beritahu dokter jika kondisi tidak kunjung membaik.

About The Author

18 Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri (Harus Diwaspadai)

10 Cara Efektif Menghadapi Orang yang Manipulatif