Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Obat Flu yang Aman untuk Ibu Hamil, Medis dan Alami

Myles Bannister

Menjaga kesehatan selama masa kehamilan sangat penting. Tetapi, kadang-kadang ibu hamil terserang flu. Bagaimana cara mengatasi flu selama kehamilan? Berikut adalah obat flu yang aman untuk ibu hamil!

Amankah Minum Obat Flu ketika Hamil?

Aman atau tidaknya minum obat flu saat hamil sering menjadi pertanyaan ibu hamil. Beberapa obat flu mungkin aman dikonsumsi selama hamil. Namun, sebenarnya tidak disarankan mengonsumsi obat flu atau pilek selama hamil, terutama pada trimester pertama. Trimester pertama adalah masa penting bagi perkembangan organ tubuh janin.

Namun, jika usia kehamilan sudah lebih dari 12 minggu dan ibu hamil memerlukan obat flu, lebih baik memilih obat yang aman, misalnya paracetamol. Paracetamol bisa mengatasi sakit kepala dan demam saat hamil.

Jika flu ibu hamil disertai dengan bersin, hidung tersumbat, dan batuk, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Dokter dapat memberikan obat flu yang aman bagi kandungan dan janin.

Obat Flu untuk Ibu Hamil

Penyakit flu dapat sembuh dengan sendirinya. Pengobatan yang ada bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil agar pulih lebih cepat.

Dalam masa kehamilan, tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat-obatan. Berikut adalah obat flu yang aman untuk ibu hamil yang bisa dibeli di apotek:

1. Paracetamol

Paracetamol dapat membantu mengatasi gejala flu seperti demam dan sakit kepala. Obat ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil, tapi disarankan menggunakan dosis paling rendah dan tidak dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

Paracetamol adalah obat bebas yang bisa didapatkan tanpa resep dokter, tetapi tetap harap hati-hati. Paracetamol tidak bisa menyembuhkan flu, tetapi efektif meredakan gejalanya seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, dan pegal-pegal.

Jika gejala tetap tidak membaik setelah mengonsumsi obat ini dan melakukan perawatan di rumah, segera berkonsultasi ke dokter.

2. Antihistamin dan Dekongestan

Obat flu yang dijual di pasaran umumnya mengandung kombinasi obat antihistamin dan dekongestan. Keduanya dapat digunakan jika flu disebabkan oleh alergi.

3. Pseudoephedrin

Obat ini tidak disarankan pada trimester pertama kehamilan. Obat flu ini dapat dikonsumsi sesuai anjuran dokter pada trimester kedua dan ketiga. Tapi, jika Anda memiliki riwayat penyakit hipertensi, lebih baik memilih obat lain yang lebih aman.

4. Chlorpheniramine

Obat flu yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil adalah chlorpheniramine. Namun, sebaiknya tidak digunakan saat menyusui.

5. Obat Antivirus

Flu disebabkan oleh infeksi virus. Dalam beberapa kasus, obat antivirus mungkin diperlukan. Salah satu obat antivirus yang aman untuk ibu hamil adalah oseltamivir.

Obat ini biasanya dikonsumsi secara oral selama 5 hari. Obat ini hanya bisa didapatkan setelah konsultasi dengan dokter dan mendapatkan resep.

6. Saline Nasal atau Drop

Obat ini adalah larutan yang digunakan untuk membersihkan hidung yang tersumbat saat flu. Larutan saline adalah air yang sudah disteril dan aman untuk ibu hamil.

Aturan Minum Obat Flu bagi Wanita Hamil

Jangan sembarangan mengonsumsi obat untuk mengatasi flu selama kehamilan.

Sebelum mengonsumsi obat apa pun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk menghindari risiko yang lebih buruk dan membahayakan janin.

Baca petunjuk penggunaan obat flu dengan cermat. Jika ada yang membingungkan, tanyakan pada apoteker untuk lebih aman. Minumlah obat sesuai dosis dan waktu yang direkomendasikan dokter atau yang tertera pada kemasan.

Jangan memperpanjang, menghentikan, menambah, atau mengurangi dosis obat secara mandiri tanpa persetujuan dokter. Perhatikan juga kandungan bahan aktif dalam obat. Beberapa obat mengandung kombinasi bahan aktif yang mungkin tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan.

Hindari minum obat yang mengandung banyak bahan aktif untuk mengatasi berbagai gejala. Pilihlah obat tunggal untuk mengatasi gejala spesifik yang Anda alami.

Obat Flu Alami saat Hamil

Jika khawatir dengan keamanan obat flu yang disebutkan di atas, ibu hamil dapat mencoba beberapa obat flu alami untuk meredakan gejala flu, antara lain:

1. Istirahat yang Cukup

Istirahat dan tidur lebih banyak adalah perawatan flu di rumah yang penting.

Istirahat lebih banyak membantu meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan virus dengan lebih efektif. Istirahat adalah obat flu bagi setiap orang, termasuk ibu hamil.

2. Menjaga Asupan Makanan Bergizi

Selain istirahat yang cukup, menjaga asupan makanan bergizi juga bisa menjadi obat flu bagi ibu hamil.

Perbanyak asupan makanan yang kaya vitamin C dan zinc untuk meningkatkan sistem imun. Sumber vitamin C bagi ibu hamil meliputi jeruk, kiwi, tomat, brokoli, dan bayam.

Sedangkan makanan yang mengandung zinc adalah daging merah tanpa lemak, dada ayam tanpa kulit, telur, buncis, brokoli, biji labu kuning, dan sereal yang diperkaya zinc.

3. Perbanyak Asupan Cairan

Perbanyak asupan cairan ketika mengalami flu. Cairan membantu meredakan gejala sakit tenggorokan, mencegah dehidrasi, dan mengganti cairan yang hilang saat mengalami demam, muntah, atau diare sebagai gejala flu.

Selain air putih, jus buah, sup, dan air kelapa juga dapat menggantikan cairan tubuh.

4. Minum Vitamin

Jika asupan vitamin dari makanan kurang, konsumsi multivitamin juga direkomendasikan selama kehamilan.

Multivitamin mengandung berbagai nutrisi termasuk vitamin C, zinc, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh. Multivitamin membantu meningkatkan sistem imun dan memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin selama kehamilan.

5. Madu

Madu dapat menjadi obat flu yang ampuh untuk mengatasi batuk dan tenggorokan gatal. Madu membantu menenangkan tenggorokan.

Minumlah 10 ml madu sebelum tidur.

6. Gunakan Bantal Tambahan

Letakkan bantal tambahan di bawah kepala untuk melegakan pernapasan dan mengurangi penumpukan lendir di hidung dan tenggorokan. Pastikan bantal yang digunakan tidak terlalu tebal dan keras agar nyaman.

7. Gunakan Humidifier sebagai Obat Flu untuk Ibu Hamil

Ruangan yang kering akibat penggunaan AC dapat memperparah flu. Gunakan humidifier sebagai obat flu untuk ibu hamil. Humidifier efektif membantu melegakan saluran pernapasan atas dan mengurangi sensasi gatal di hidung dan tenggorokan.

Namun, penggunaan humidifier juga perlu diperhatikan agar tidak terlalu lembap dan menghindari pertumbuhan bakteri dan jamur.

Apakah Vaksin Flu Aman untuk Ibu Hamil?

Vaksin flu aman diberikan selama kehamilan, tapi hindari vaksin hidup yang dilemahkan. Jenis vaksin ini bisa menyebabkan infeksi pada janin.

Vaksin flu efektif mengurangi risiko flu yang lebih parah pada ibu hamil. Vaksin yang diberikan selama kehamilan juga melindungi bayi beberapa bulan setelah lahir.

Sebelum mendapatkan vaksin flu selama kehamilan, berkonsultasilah dengan dokter.

Selain mendapatkan vaksin, langkah-langkah pencegahan flu seperti mencuci tangan secara rutin, menghindari keramaian, menjaga jarak dari orang yang sedang flu, dan tidak menyentuh wajah tanpa mencuci tangan perlu dilakukan selama kehamilan.

Pencegahan penting dilakukan karena ibu hamil lebih rentan terhadap infeksi. Jika ada anggota keluarga yang sedang flu, jaga jarak sampai sembuh.

Itulah informasi tentang perawatan di rumah dan obat flu yang aman bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat!

Referensi

  1. Anonim. 2018. Honey: An Effective Cough Remedy?. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold/expert-answers/honey/faq-20058031. (Diakses 6 April 2023).
  2. Anonim. 2019. Recommendations for Obstetric Health Care Providers Related to Use of Antiviral Medications in the Treatment and Prevention of Influenza. https://www.cdc.gov/flu/professionals/antivirals/avrec_ob.htm. (Diakses 6 April 2023).
  3. Anonim. 2019. Pregnancy and the Flu. https://www.webmd.com/cold-and-flu/fact-sheet-pregnancy-flu#1. (Diakses 6 April 2023).
  4. Iftikhar, Noreen. 2019. 10 Natural Remedies for Flu Symptoms. https://www.healthline.com/health/natural-flu-remedies. (Diakses 6 April 2023).
  5. de Bellefonds, Colleen. 2019. Flu During Pregnancy: What You Need to Know to Stay Safe. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/pregnancy-health/flu-during-pregnancy/#symptoms. (Diakses 6 April 2023).
  6. Fletcher, Jenna. 2019. Flu during pregnancy: What to know. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/pregnancy-health/flu-during-pregnancy. (Diakses 6 April 2023).

About The Author

5 Tips Mudik Aman dan Nyaman untuk Ibu hamil

Cara Menggunakan Kondom yang Benar Saat Seks Oral