Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Kacang Polong untuk Penderita Diabetes

Myles Bannister

Kacang polong adalah jenis kacang-kacangan yang baik untuk penderita diabetes, karena mengandung nutrisi yang mendukung kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang polong untuk pengidap diabetes.

Khasiat Kacang Polong Bagi Penderita Diabetes

Kacang polong memiliki indeks glikemik rendah, sehingga membantu kontrol gula darah. Selain itu, kacang polong tinggi serat dan protein yang membantu kontrol gula darah.

1. Membantu Kontrol Gula Darah

Kacang polong memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti tidak menyebabkan lonjakan gula darah. Konsumsi kacang polong baik untuk penderita diabetes.

Kacang polong juga tinggi serat dan protein, yang memperlambat penyerapan karbohidrat dan menstabilkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

2. Anti Peradangan

Kacang polong mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, zinc, katekin, dan epikatekin. Senyawa ini melindungi tubuh dari kerusakan dan mengurangi peradangan yang dapat mempengaruhi resistensi insulin pada penderita diabetes.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Kacang polong membantu mencegah kerusakan pembuluh darah dan plak kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kandungan antioksidan dalam kacang polong juga membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

4. Mencegah Katarak

Karotenoid lutein dan zeaxanthin dalam kacang polong melindungi mata dari katarak dan degenerasi makular yang disebabkan oleh gula darah tinggi.

Konsultasikan dengan dokter sebelum menambahkan kacang polong dalam pola makan harian Anda.

Referensi

  1. Anonim. Curious About Cataracts? https://diabetes.org/diabetes/eye-health/take-charge/curious-about-cataracts. (Diakses pada 3 Januari 2023).
  2. Anonim. Heart Disease. https://www.cdc.gov/diabetes/library/features/diabetes-and-heart.html. (Diakses pada 3 Januari 2023).
  3. Anonim. 2020. Diabetes Nutrition Guide: Understanding the Glycemic Index. https://www.healthline.com/health/type-2-diabetes/fruits-vegetables. (Diakses pada 3 Januari 2023).
  4. Anonim. 2020. Health Benefits of Peas. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-peas. (Diakses pada 3 Januari 2023).
  5. Elliott, Brianna. 2017. Why Green Peas are Healthy and Nutritious. https://www.healthline.com/nutrition/green-peas-are-healthy. (Diakses pada 3 Januari 2023).
  6. Hoffman, Matthew. 2021. Diabetes and Inflammation. https://www.webmd.com/diabetes/inflammation-and-diabetes. (Diakses pada 3 Januari 2023).
  7. Link, Rachael. 2020. Glycemic Index: What It Is and How to Use It. https://www.healthline.com/nutrition/glycemic-index. (Diakses pada 3 Januari 2023).

About The Author

Mengenal Fad Diet dan Pengaruhnya pada Kesehatan

Faringitis: Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan, dan Pencegahan