Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Hipertensi dan Susah Tidur: Apa Hubungannya?

Myles Bannister

Dampak Hipertensi pada Gangguan Tidur

Penderita hipertensi sering mengeluh mengalami insomnia. Sensasi pusing atau sakit kepala yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi membuat tubuh sulit untuk rileks dan tidur.

Namun, tidak semua penderita hipertensi mengalami masalah sulit tidur. Penderita yang memiliki tekanan darah di atas 140/90 mmHg berisiko lebih tinggi mengalami insomnia.

Sulit tidur juga meningkatkan risiko komplikasi bagi penderita hipertensi, seperti serangan jantung, stroke, dan lain-lain.

Implikasi Hipertensi yang Tidak Dikelola dengan Baik

Selain insomnia, hipertensi yang tidak terkendali dapat menyebabkan berbagai komplikasi berbahaya pada kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa komplikasi yang bisa terjadi:

Penyakit Jantung

Penderita hipertensi berisiko tinggi mengalami penyakit jantung karena tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan jantung. Penebalan dinding pembuluh darah memaksa jantung bekerja lebih keras.

Risiko gagal jantung pada penderita hipertensi yang tidak terkendali meningkat hingga 4 kali lipat. Risiko kematian akibat stroke juga meningkat hingga 2 kali lipat.

Stroke

Stroke terjadi saat pembuluh darah yang menuju otak pecah. Hal ini menyebabkan gangguan fungsi otak dan kematian sel. Koordinasi tubuh dan organ dapat terpengaruh, dan dalam banyak kasus, stroke bisa berakibat fatal.

Teikanan darah tinggi merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko terkena stroke.

Penyakit Ginjal

Hipertensi juga mempengaruhi kinerja ginjal. Tekanan darah yang tinggi merusak pembuluh darah yang menyampaikan darah ke ginjal. Kerusakan nefron dapat menyebabkan gagal ginjal kronis.

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik tidak mampu menyaring limbah dan zat sisa, yang dapat berakibat fatal.

Gangguan Penglihatan

Tidak banyak yang menyadari bahwa hipertensi dapat berdampak pada kesehatan mata. Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah di mata dan bahkan menyebabkan kebutaan.

Jika Anda mengalami kesulitan tidur akibat tekanan darah tinggi, segeralah memeriksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter untuk mendapatkan solusi yang dapat menurunkan tekanan darah menjadi normal.

Jika Anda mengalami kesulitan tidur akibat tekanan darah tinggi, sebaiknya Anda memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk mendapatkan tips dan obat yang dapat menurunkan tekanan darah ke level normal.

About The Author

Penyebab BAB Bau Menyengat yang Jarang Disadari, Apa Bahayanya?

Sifilis: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan