Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Hindari 9 Makanan Ini Jika Terserang Migrain

Myles Bannister

Sakit kepala migrain dapat sangat merepotkan dan mengganggu kehidupan sehari-hari dan produktivitas. Migrain adalah salah satu penyakit yang umum terjadi di kedua jenis kelamin. Lebih dari 10 juta kasus dilaporkan setiap tahun, termasuk di India.

Sakit kepala yang hebat, disertai dengan mual dan kepekaan terhadap cahaya dan suara, biasanya adalah gejala migrain. Meskipun penyebab pasti migrain masih tidak jelas, faktor-faktor seperti pola makan, stres, ketidakseimbangan hormon, dapat memicu serangan migrain. Berikut adalah beberapa makanan umum yang sebaiknya dihindari jika Anda menderita migrain.

1. Kopi
Meskipun kopi kaya akan antioksidan dan memiliki manfaat kesehatan seperti menjaga kewaspadaan otak, tetapi konsumsi kopi dalam jumlah berlebihan dapat memicu migrain. Kafein dalam kopi dapat merangsang saraf di kepala dan memicu sakit kepala migrain.

2. Pemanis buatan
Banyak makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan diklaim lebih sehat daripada gula. Namun, pemanis buatan seperti aspartam dapat memicu migrain, sehingga sebaiknya dihindari.

3. Alkohol
Alkohol memiliki efek peradangan dan dapat mengganggu saraf di kepala, sehingga dapat memicu migrain. Konsumsi alkohol harus dihindari untuk mencegah serangan migrain.

4. Makanan cepat saji dari China
Makanan cepat saji China sering mengandung MSG (Monosodium Glutamat), yang dapat memicu migrain. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari makanan cepat saji China.

5. Daging Olahan
Daging olahan mengandung asam nitrat yang dapat memperlebar pembuluh darah di otak dan memicu migrain. Sebaiknya pilihlah daging segar daripada daging olahan.

6. Makanan acar
Makanan acar yang difermentasi memiliki kandungan tyramine tinggi yang dapat memicu migrain. Maka sebaiknya mengurangi konsumsi makanan acar.

7. Keju
Keju tertentu seperti parmesan dan feta, yang telah berumur lebih lama, mengandung tyramine yang dapat memicu migrain. Sebaiknya mengurangi konsumsi keju tersebut.

8. Makanan Asin
Konsumsi garam berlebih dapat menyebabkan hipertensi, yang juga dapat memicu migrain. Sebaiknya mengurangi konsumsi makanan asin.

9. Apel
Buah apel yang dikonsumsi bersama kulitnya dapat memicu migrain karena mengandung tanin dalam jumlah tinggi. Sebaiknya menghindari konsumsi apel secara berlebihan.

About The Author

Leher Sakit Setelah Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Laparotomi: Tujuan, Tata Laksana, Efek Samping