Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Nyeri Lutut – Bursitis, Infeksi, dan Sindrom Patelofemoral

Myles Bannister

Tipe nyeri lutut kronis lainnya adalah Bursitis, Infeksi, dan Sindrom Patelofemoral.

Bursitis

  • Keterangan: Bursitis terjadi akibat trauma, infeksi, atau deposito kristal yang menyebabkan peradangan pada bursa lutut.
  • Gejala: Trauma akut atau kronis dapat menyebabkan nyeri dan bengkak pada lutut akibat peradangan bursa. Bursitis yang umum terjadi adalah bursitis prepatelar, sering terjadi pada orang yang bekerja dengan lutut mereka. Bursitis anserine adalah jenis bursitis lain yang terletak sekitar 5cm di bawah lutut sepanjang sisi medial lutut. Bursitis ini lebih sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan dan pada wanita, tetapi juga dapat mempengaruhi atlet. Nyeri pada bursitis anserine dirasakan di daerah bursa dan biasanya lebih buruk ketika lutut dibengkokkan atau saat tidur.
  • Pengobatan: Pengobatan biasanya melibatkan perawatan di rumah dengan terapi PRICE dan NSAID. Pada kasus yang lebih parah, suntikan steroid berkala dapat diberikan.

Infeksi (atau arthritis infeksius)

  • Keterangan: Banyak organisme dapat menginfeksi lutut, termasuk bakteri atau virus dari luar tubuh atau organisme yang biasanya terdapat pada kulit.
  • Gejala: Infeksi lutut menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada lutut. Orang yang mengalami infeksi ini biasanya merasa demam dan menggigil. Infeksi yang lebih ringan mungkin tidak menyebabkan demam atau nyeri yang signifikan.
  • Pengobatan: Pembengkakan dan nyeri lutut yang baru terjadi harus dievaluasi oleh dokter untuk menentukan apakah terjadi infeksi. Pengobatan biasanya melibatkan terapi antibiotik yang intensif dan dalam beberapa kasus aspirasi sendi atau pembedahan untuk mengeluarkan cairan dari lutut.

Sindrom patelofemoral dan patela chondromalasia

  • Keterangan: Dua kondisi ini terjadi akibat kelainan posisi patela.
  • Gejala: Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita muda, atlet pria dan wanita, dan lansia. Pada sindrom patellofemoral, patela bergesekan dengan tulang paha di bagian dalam atau luar. Hal ini menyebabkan nyeri pada sendi patellofemoral dan peradangan yang semakin buruk saat melakukan aktivitas atau duduk dalam waktu yang lama. Pada kondisi ini, terjadi penyerutan dan pembentukan permukaan rawan yang kasar di bagian bawah patela, yang dikenal sebagai chondromalasia patela.
  • Pengobatan: Perawatan di rumah meliputi terapi PRICE, NSAID, dan latihan penyeimbangan otot di sekitar patela. Terapi fisik juga berguna untuk mengevaluasi faktor kontributor dalam proses penyakit. Pengelolaan melalui panduan latihan, penguatan patela, dukungan ortotik, atau ortotik untuk memperbaiki mekanika kaki dan mengurangi tekanan yang tidak normal pada lutut. Kasus yang lebih parah dapat memerlukan pembedahan melalui berbagai prosedur.

About The Author

Tifus – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Spider Vein (Pembuluh Darah Pecah) di Wajah? Ini 12 Cara Menghilangkannya