Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

4 Hal Terkait Makanan yang Sebabkan Bayi Sembelit

Myles Bannister

Makanan atau pola makan dapat menyebabkan bayi mengalami sembelit. Pencernaan bayi terkait erat dengan asupan makanan yang dikonsumsi.

Untuk memahami penyebab terkait makanan yang dapat menyebabkan bayi sembelit, berikut adalah 4 penyebab yang sering ditemui:

1. Penggunaan susu formula

Photo Credit: Kaboompics via Pexels

Susu formula dapat menyebabkan sembelit pada bayi lebih sering daripada ASI. Susu formula untuk bayi di bawah 6 bulan sulit dicerna pencernaan bayi.

Susu formula memiliki kandungan yang membuat pencernaan bayi bekerja lebih keras. Hal ini bisa menyebabkan sembelit. Pencernaan bayi harus beradaptasi dengan kondisi keasaman pH dan bakteri di usus anak.

Tips: Beri bayi ASI sampai usia 6 bulan. Jika tidak memungkinkan, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi anak untuk mengetahui jenis susu yang tepat.

Perhatikan kandungan lemak dan jenis protein yang sesuai dengan pencernaan bayi.

2. Bayi sedang memulai MPASI

Photo Credit: Flickr.com/thedabblist

Setelah ASI eksklusif selama 6 bulan, bayi akan memulai makanan pendamping ASI (MPASI).

Saat memulai MPASI, bayi sering mengalami sembelit karena pencernaan bayi masih beradaptasi dengan makanan baru.

Tips: Berikan MPASI sesuai usia anak, baik jenis, tekstur, porsi, dan frekuensi.

Pastikan MPASI mengandung karbohidrat, satu jenis protein dari hewan atau nabati, serta vitamin dan mineral dari sayur atau buah.

3. Bayi kurang minum

Bayi yang sedang kurang minum, misalnya karena sedang sakit atau kurang minum air putih, akan rentan mengalami sembelit. Cairan membantu lancarnya pencernaan.

Selain memberikan MPASI yang mengandung serat dari buah dan sayur, pastikan bayi cukup minum, sekitar 400-800 ml per hari.

Tips: Biasakan anak minum teratur setelah memulai MPASI. Minum air putih setelah makan utama, camilan, atau setelah minum ASI.

4. Pilihan makanan yang kurang sesuai untuk pencernaan anak

Bayi ingin mencoba banyak makanan baru. Pilihan makanan yang kurang tepat, seperti makanan rendah serat, tinggi gula, garam, lemak, bahan pengawet, serta kurang gizi, bisa menyebabkan sembelit.

Tips: Kenalkan anak pada makanan alami sebanyak mungkin hingga usia 2 tahun.

Makanan alami, termasuk karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan mencegah sembelit.

Nah, itulah 4 penyebab sembelit pada bayi dan anak yang terkait dengan makanan.

Kendalikan pemberian makanan pada bayi dan anak dengan tepat agar tidak mengalami sembelit karena pemilihan makanan yang kurang tepat.

About The Author

Macam-Macam Penyakit Gangguan Jiwa yang Aneh

Efek Negatif Konsumsi Susu Berprotein Tinggi pada Tubuh