Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Apakah Aman Ibu Hamil Mengonsumsi Minyak Ikan?

Myles Bannister

Ada beberapa produk yang disarankan untuk dikonsumsi selama kehamilan, salah satunya adalah suplemen minyak ikan. Produk ini diklaim dapat mendukung perkembangan otak janin. Namun, apakah minyak ikan memang baik untuk ibu hamil?

Manfaat Minyak Ikan bagi Ibu Hamil

Minyak ikan merupakan sumber asam lemak omega 3 yang terkenal. Minyak ikan mengandung dua jenis omega 3, yaitu DHA dan EPA. Kandungan omega 3 ini memberikan berbagai manfaat bagi ibu hamil.

Beberapa manfaat minyak ikan bagi ibu hamil antara lain:

1. Mendukung Kesehatan Ibu Hamil

Omega 3 dalam minyak ikan dapat membantu mengatur produksi prostaglandin selama kehamilan.

Prostaglandin memiliki peran penting dalam tubuh dan memiliki efek yang mirip dengan hormon. Prostaglandin dapat membantu mengatur tekanan darah, pembekuan darah, respons peradangan dan alergi, produksi hormon, serta fungsi saluran cerna.

Oleh karena itu, konsumsi minyak ikan dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil.

2. Membantu Menjaga Mood atau Suasana Hati

Ibu hamil sering mengalami perubahan suasana hati yang cepat selama kehamilan. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon dan kurang tidur.

Kedua jenis omega 3 dalam minyak ikan, yaitu DHA dan EPA, dapat membantu mengatasi hal ini. Omega 3 berinteraksi dengan molekul dalam otak yang berhubungan dengan mood.

Selain itu, omega 3 juga dapat membantu mengatasi depresi pasca kelahiran.

3. Mendukung Perkembangan Janin

Omega 3 dalam minyak ikan sangat penting untuk perkembangan otak dan mata pada janin. Studi menunjukkan ibu yang mengkonsumsi makanan kaya omega 3 memiliki bayi yang lebih cerdas.

Konsumsi omega 3 selama kehamilan juga dapat meningkatkan imunitas bayi saat lahir. Bayi yang mendapat asupan omega 3 memiliki risiko lebih rendah terkena alergi, batuk pilek, flu, dan masalah imun lainnya.

4. Mencegah Kelahiran Prematur

Asam lemak omega 3 dari minyak ikan memiliki efek positif pada kehamilan. Konsumsi EPA dan DHA diketahui dapat mencegah kelahiran prematur, menurunkan risiko preeklampsia, dan meningkatkan berat badan janin.

Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan omega 3 selama kehamilan.

Tips Mengonsumsi Minyak Ikan bagi Ibu Hamil

Meskipun minyak ikan mengandung omega 3 yang penting untuk tubuh selama kehamilan, tetapi perlu diperhatikan saat mengonsumsinya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi suplemen minyak ikan antara lain:

1. Hindari Suplemen dari Ikan Kod

Hindari konsumsi minyak ikan yang berasal dari ikan kod. Suplemen minyak ikan dari ikan kod umumnya mengandung retinol atau vitamin A.

Konsumsi vitamin A dalam jumlah besar selama kehamilan dapat membahayakan janin, seperti dapat menyebabkan cacat bawaan. Hindari juga konsumsi hati sapi dan organ hewan lain yang tinggi vitamin A.

2. Perhatikan Dosis Suplemen Minyak Ikan

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi omega 3 sendiri. Namun, perhatikan dosis suplemen minyak ikan yang akan dikonsumsi.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ibu hamil boleh mengonsumsi minyak ikan sekitar 133 mg hingga 3 gram per hari. Jumlah ini juga dapat diperoleh dari konsumsi 300 gram ikan salmon yang matang.

3. Hindari Konsumsi Minyak Ikan Berlebihan

Konsumsi minyak ikan secara berlebihan dapat mengganggu pembekuan darah karena kandungan omega 3 di dalamnya.

Suplemen minyak ikan yang berasal dari ikan yang tinggi kadar merkuri juga berbahaya bagi janin. Kandungan merkuri dapat memengaruhi pertumbuhan otak dan sistem saraf janin.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi minyak ikan sesuai dosis yang dianjurkan.

Akhirnya, suplemen minyak ikan memiliki manfaat bagi kehamilan karena kandungan omega 3 dalam bentuk DHA dan EPA. Sebelum mengonsumsi suplemen ini, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan dosis yang tepat.

Selain minyak ikan, omega 3 juga dapat diperoleh dari sumber makanan lain seperti kacang-kacangan dan alpukat.

Referensi

  1. Agarwal, Nupur. 2023. Is It Safe To Take Omega-3 Fish Oil Supplements In Pregnancy? [Link]. (Diakses pada 14 April 2023).
  2. Barth, Lauren. 2021. Pregnancy Mood Swings: Why You’re Feeling Them and What to Do. [Link]. (Diakses pada 14 April 2023).
  3. Goldman, Debra. 2017. Healthy Fats During Pregnancy. [Link]. (Diakses pada 14 April 2023).
  4. Mayo Clinic Staff. 2022. Fish Oil. [Link]. (Diakses pada 14 April 2023).
  5. Mischoulon, David. 2020. Omega-3 Fatty Acids For Mood Disorders. [Link]. (Diakses pada 14 April 2023).
  6. Nall, Rachel. 2020. Everything You Want to Know About Prostaglandins. [Link]. (Diakses pada 14 April 2023).

About The Author

Mengenali Ciri Keputihan yang Terkait dengan Kanker Serviks

Seksisme, Diskriminasi Gender yang Jarang Disadari