Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Nifedipine – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Myles Bannister

Baca terus untuk informasi lebih lanjut tentang obat nifedipine, termasuk bentuk sediaan, kandungan, harga, indikasi, kontraindikasi, manfaat, dosis, dan efek samping.

Rangkuman Informasi Obat Nifedipine

  • Nama : Nifedipine
  • Golongan Obat : Antihipertensi – Antagonis Kalsium
  • Bentuk Sediaan : Tablet dan kapsul
  • Harga : Rp1.700-2.200 per strip (10 tablet)
  • Manfaat : Mengatasi hipertensi, angina, dan lainnya
  • Indikasi Penggunaan : Hipertensi, angina, raynaud, dan lainnya
  • Kontraindikasi : Kehamilan, hipotensi, diabetes mellitus
  • Dosis : 10-90 mg per hari (tergantung kondisi)
  • Cara pakai : Oral setelah makan
  • Efek samping : Reaksi alergi, batuk, palpitasi, dan lainnya

Bentuk Sediaan Nifedipine

Obat nefidipin tersedia dalam dua bentuk sediaan yaitu tablet dan kapsul. Kedua bentuk tersebut memiliki kekuatan dosis yang berbeda. Obat nefidipin memiliki kekuatan dosis 5 mg, 10 mg, 20 mg, 30 mg, 60 mg, dan 200 mg.

Cara Kerja Nifedipin

Nifedipin bekerja dengan melebarkan pembuluh darah untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, nifedipin juga dapat mengontrol nyeri dada dengan meningkatkan pasokan darah dan oksigen ke jantung.

Harga Obat Nifedipin

Harga nifedipin bervariasi tergantung pada toko yang menjualnya. Kisaran harga nefidipine adalah Rp1.700 – Rp2.200 per strip atau Rp17.000 – Rp22.000 per dosis.

Indikasi Nifedipin

Nifedipin dapat digunakan untuk mengatasi hipertensi, angina, Raynaud, gagal jantung, jantung iskemik, dan cegukan akibat distensi lambung. Namun, penggunaan nifedipin harus sesuai indikasi medis dan atas rekomendasi dokter.

Kontraindikasi Nifedipin

Penggunaan nifedipin tidak dianjurkan pada ibu hamil, penderita porfiria, hipotensi, diabetes mellitus, insufisiensi jantung, syok kardiogenik, stenosis aorta lanjut, penyakit arteri koroner yang parah, atau serangan jantung dalam 2 minggu terakhir. Jika Anda memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap nifedipin, sebaiknya hindari penggunaannya.

Manfaat Nifedipin

Nifedipin bermanfaat untuk mengatasi hipertensi, nyeri dada, Raynaud, jantung iskemik, gagal jantung, dan cegukan akibat distensi lambung.

Dosis Nifedipin

Dosis nifedipin bervariasi tergantung pada kondisi medis. Jika Anda memerlukan dosis lebih tinggi dari yang disarankan, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Efek Samping Nifedipin

Efek samping nifedipin dapat berupa reaksi alergi, mual, mulas, wajah kemerahan, denyut jantung meningkat, batuk, hidung tersumbat, jantung berdebar, kram otot, tremor, edema kaki, nyeri dada, nyeri mata, hiperplasia gusi, perubahan kebiasaan buang air kecil, perubahan suasana hati, berkeringat, dan depresi. Jika Anda mengalami efek samping yang parah, segera hentikan penggunaan nifedipin dan dapatkan penanganan medis yang tepat.

About The Author

Mebendazole: Manfaat, Dosis, Aturan Pakai, Efek Samping, dll

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 17 Minggu