Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

3 Cara Menghilangkan Tato yang Aman Secara Medis

Myles Bannister

Apakah Tato Permanen Bisa Dihapus?

Membuat tato permanen bisa jadi sulit untuk diputuskan. Kadang-kadang hasilnya tidak memuaskan atau orang menyesal membuat tato permanen setelah beberapa waktu. Oleh karena itu, mencari cara untuk menghilangkan tato permanen perlu dilakukan.

Menghilangkan tato permanen membutuhkan waktu yang lama dan prosedur yang rumit. Ini juga bisa mahal, tetapi alasan-alasan tersebut tidak seharusnya membuat seseorang memilih cara menghapus tato yang tidak disarankan secara medis.

Daftar Cara Menghapus Tato Permanen yang Aman

Ada 3 pilihan yang dianggap aman secara medis untuk menghilangkan tato permanen, berikut penjelasannya!

1. Dermabrasi

Cara pertama menghapus tato adalah dengan teknik dermabrasi. Kulit permukaan diikis menggunakan sikat abrasif. Sebelum proses dilakukan, kulit di-nestetik untuk mengurangi rasa sakit. Dermabrasi umumnya hanya memudarkan warna tato, namun tidak menghapus tato sepenuhnya.

2. Pengangkatan Jaringan Kulit

Cara kedua menghilangkan tato adalah dengan operasi pengangkatan jaringan kulit. Kulit yang bertato diangkat melalui pembedahan dan dijahit agar menyatu. Prosedur ini disarankan hanya untuk menghapus tato yang berukuran kecil karena akan meninggalkan bekas luka berupa jaringan parut. Menghapus tato yang cukup besar dengan metode ini bisa meninggalkan bekas luka besar di kulit.

3. Laser

Cara ketiga untuk menghapus tato permanen adalah dengan menggunakan laser. Proses ini bisa terasa sakit, tergantung pada bagian kulit tempat tato berada. Laser memungkinkan prosedur ini dapat diulang beberapa kali sesuai warnanya. Namun, prosedur ini bisa menyebabkan efek samping seperti kulit melepuh, bengkak, dan pendarahan. Efek samping ini bisa diatasi dengan menggunakan salep antibiotik. Teknik laser juga dapat menyebabkan jaringan parut dan mengubah warna kulit bekas tato dibandingkan dengan kulit asli.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menghapus Tato

Cara di atas merupakan cara yang aman secara medis untuk menghapus tato. Namun, sebelum memilih metode yang ingin digunakan, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Konsultasikan dengan dokter ahli kulit untuk menentukan metode terbaik.
  • Persiapkan diri baik secara mental maupun fisik karena proses menghapus tato bisa lebih sakit dibandingkan saat memasang.
  • Pahami risiko dan efek samping dari metode yang akan digunakan.
  • Jangan mencoba menghapus tato sendiri di rumah dan ingat tidak ada cara alami yang bisa menghapus tato sepenuhnya.
  • Ikuti petunjuk dokter dan rawat bekas luka dengan baik untuk mencegah iritasi dan infeksi.
  • Jangan berharap kulit Anda akan kembali seperti sebelum ada tato. Metode apapun akan meninggalkan bekas, tetapi dengan perawatan yang baik, bekas tersebut bisa tersamarkan.

Sumber:

  1. Anonim. Tattoo removal. https://www.nhs.uk/conditions/cosmetic-procedures/tattoo-removal/. (Diakses 28 Desember 2019).
  2. Cirino, Erica. 2019. Everything You Need to Know About Tattoo Removal. https://www.healthline.com/health/tattoo-removal-how. (Diakses 28 Desember 2019).

About The Author

Manfaat Oatmeal untuk Ibu Hamil dan Kandungan Nutrisinya

Tes Elektrolit: Definisi, Fungsi, Prosedur, Hasil, dll