Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Neuroblastoma: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan

Myles Bannister

Neuroblastoma adalah jenis kanker pada anak-anak yang bermula dari saraf awal, umumnya pada embrio atau janin. Sebagian besar kasus terjadi pada anak usia di bawah 5 tahun. Kanker ini sering berasal dari kelenjar adrenal di perut atau ganglion simpatis di sekitar tulang belakang. Penyebabnya belum diketahui dengan pasti, tetapi diduga ada faktor keturunan yang turut berperan.

Neuroblastoma dapat tumbuh dan menyebar dengan cepat atau lambat, dan dalam beberapa kasus, sel kanker dapat mati dan tumor menghilang secara spontan. Meskipun merupakan jenis kanker yang jarang terjadi, neuroblastoma lebih sering ditemukan pada anak-anak daripada orang dewasa. Gejala neuroblastoma meliputi pembesaran perut, nyeri perut, mual, penurunan nafsu makan, penurunan berat badan, kelelahan, nyeri tulang, dan demam.

Neuroblastoma dapat terjadi di perut, dada, atau saraf tulang belakang, dengan masing-masing memiliki gejala khasnya. Kondisi ini umumnya didiagnosis melalui pemeriksaan fisik yang menyeluruh, tes darah atau urine, pemindaian seperti USG, CT scan, atau MRI, aspirasi dan biopsi sumsum tulang, serta MIBG untuk melihat penyebaran sel kanker. Pengobatan neuroblastoma meliputi tindakan operasi, kemoterapi, radioterapi, imunoterapi, transplantasi sumsum tulang, dan MIBG.

Neuroblastoma dapat menyebabkan komplikasi seperti penyebaran sel kanker ke organ lain, sindrom paraneoplastik, dan tekanan pada saraf tulang belakang. Meskipun tidak ada cara pasti untuk mencegah neuroblastoma, pemeriksaan genetik dapat dilakukan untuk mengidentifikasi risiko anak mengembangkan kondisi ini, terutama jika ada riwayat keluarga.

Referensi

  1. Anonim. 2022. Neuroblastoma. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/neuroblastoma/symptoms-causes/syc-20351017. (Diakses pada 12 Maret 2023)
  2. Anonim. Key Statistics About Neuroblastoma. https://www.cancer.org/cancer/neuroblastoma/about/key-statistics.html. (Diakses pada 12 Maret 2023)
  3. Anonim. Sign and Symptoms of Neuroblastoma. https://www.cancer.org/cancer/neuroblastoma/detection-diagnosis-staging/signs-and-symptoms.html. (Diakses pada 12 Maret 2023)
  4. Anonim. Neuroblastoma. https://www.nhs.uk/conditions/neuroblastoma/. (Diakses pada 12 Maret 2023)

About The Author

Manfaat Bermain Golf bagi Kesehatan Tubuh

Kudis: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan