Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Tidur di Kamar yang Panas, Apa Dampaknya?

Myles Bannister

Di Indonesia, suhu udara selalu hangat sepanjang waktu. Bagi yang tinggal di pesisir, malam hari tetap memerlukan kipas angin atau AC agar kamar tidur nyaman. Namun, apakah tidur di kamar yang panas berdampak buruk pada kualitas tidur?

Dampak Tidur di Kamar yang Panas

Tidur di kamar yang hangat saat suhu udara dingin memberikan rasa nyaman. Namun, di suhu udara panas, kita merasa gerah dan kesulitan tidur nyenyak.

“Manusia nyenyak saat suasana cenderung dingin,” ungkap dr. Sunjay Kansangra dari Duke University’s Pediatric Neurology Sleep Medicine Program dan Mattres Firm.

Tubuh siap tidur tetapi suhu panas mengganggu. Bahkan jika kita berhasil tidur, terbangun akibat keringat berlebihan atau kepanasan.

Tidur di kamar yang panas seringkali mengakibatkan tidur yang buruk. Mengantuk, tubuh lesu, kurang energi, rentan sakit, suasana hati buruk, fungsi otak menurun, dan mudah lapar merupakan dampaknya. Untuk tidur nyenyak, pakar kesehatan menyarankan suhu udara kamar antara 18 hingga 22 derajat Celcius. Jika tidak ada AC, menggunakan kipas angin dianjurkan dengan berhati-hati untuk mencegah dampak kesehatan lainnya.

Tips Tidur Nyenyak

Ada beberapa hal lain yang diperhatikan untuk tidur nyenyak selain mengatur suhu kamar tidur.

Berikut adalah caranya.

Jangan Makan Dekat Waktu Tidur

Makan sebelum tidur bisa membuat perut tidak nyaman dan menyebabkan sulit tidur. Terutama makanan pedas yang meningkatkan asam lambung dan bisa memicu susah tidur.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat sebelum tidur membuat tubuh lebih rileks dan mempromosikan tidur nyenyak.

Tidak Memainkan Gawai Sebelum Tidur

Hindari menggunakan gawai satu atau dua jam sebelum tidur untuk mengurangi paparan cahaya biru yang mengganggu hormon tidur.

Jangan Minum Kopi atau Alkohol di Malam Hari

Kopi mengandung kafein yang menghindari kantuk. Alkohol mempengaruhi kualitas tidur.

Tidak Ada Jam Dalam Kamar

Jangan menaruh jam di kamar untuk menghindari perasaan cemas dan rileks. Hal ini akan mengganggu tidur.

Sumber:

  1. Steber, Carolyn. 2019. How Sleeping In A Heated Room Affects Your Body. bustle.com/p/how-sleeping-in-a-heated-room-affects-your-body-19444923 (Diakses pada 20 Desember 2019).

About The Author

Citalopram: Fungsi, Efek Samping, Dosis, dan Lainnya

Penderita Diabetes Sering Mengalami Mulut Kering, Apa Sebabnya?