Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Tidak Perlu Ditahan, Ini 11 Manfaat Bersin bagi Kesehatan!

Myles Bannister

Tak banyak orang yang menyadari bahwa bersin merupakan salah satu mekanisme pertahanan tubuh yang berfungsi untuk membersihkan indra penciuman manusia dari partikel asing seperti debu, asap, dan kotoran. Saat itu terjadi, otak akan memerintahkan tubuh untuk bersin. Ini adalah manfaat bersin bagi kesehatan!

Berbagai Manfaat Bersin bagi Kesehatan

Droplet atau cairan dapat keluar saat bersin dan batuk, menjadi cara penyebaran virus dan infeksi. Paparan droplet juga menjadi media penularan virus Corona dengan cepat.

Walaupun begitu, bersin adalah bentuk mekanisme tubuh untuk mengeluarkan patogen atau merespon tubuh. Bersin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho!

Berikut ini adalah berbagai fungsi bersin untuk kesehatan:

1. Mekanisme pertahanan tubuh

Dikutip dari Healthline, bersin adalah mekanisme pertahanan tubuh terhadap partikel asing seperti asap, polusi, bakteri, jamur, dan bulu. Ketika partikel asing masuk ke rongga hidung, rambut-rambut kecil dan kulit halus yang melapisi rongga hidung akan berinteraksi dengan partikel tersebut.

Rambut-rambut kecil dan kulit halus ini akan mendeteksi apakah partikel tersebut adalah zat asing atau tidak. Jika iya, maka lapisan halus pada rongga hidung akan memberi sinyal ke otak untuk membersihkan rongga hidung.

2. Mencegah partikel asing masuk ke paru-paru

Ketika partikel asing masuk ke rongga hidung, rambut-rambut kecil dan kulit halus yang melapisi rongga hidung akan mencegah partikel tersebut masuk ke paru-paru.

Hal ini dilakukan secara otomatis sambil memberi sinyal pada organ tubuh lainnya untuk bersiap-siap. Hal ini ditandai dengan mata yang menutup, lidah yang bergerak ke langit-langit mulut, dan otot-otot yang menahan bersin.

3. Menghilangkan bakteri berbahaya

Salah satu manfaat bersin bagi kesehatan adalah menghilangkan bakteri berbahaya. Hal ini berkaitan dengan fungsi membran mukosa yang melapisi sebagian besar area rongga hidung.

Ketika membran mukosa mendeteksi bakteri, ia akan memberi sinyal ke otak melalui saraf trigeminal untuk mendorong udara keluar dari paru-paru saat otot dada berkontraksi. Hasilnya, bakteri dapat dikeluarkan dari rongga hidung.

4. Mengeluarkan partikel asing dari tubuh

Selain bakteri, bersin juga bermanfaat untuk mengeluarkan partikel asing seperti debu dan polutan yang masuk ke tubuh melalui rongga hidung. Oleh karena itu, menahan bersin dengan menutup hidung tidak disarankan secara medis.

Menahan bersin sama dengan menahan partikel asing agar tetap berada dalam rongga hidung atau bahkan masuk ke paru-paru. Menahan bersin juga dapat mengalihkan aliran udara ke organ lain yang dapat berdampak fatal bagi tubuh.

5. Meredakan hidung tersumbat

Ternyata salah satu manfaat bersin bagi kesehatan adalah meredakan hidung tersumbat, terutama pada penderita flu atau pilek.

Hal ini dikarenakan udara yang dikeluarkan saat bersin memiliki kecepatan tinggi. Hasilnya, selain partikel asing dan bakteri, juga lendir yang mungkin menyumbat rongga hidung dapat dikeluarkan.

6. Menunjukkan reaksi alergi

Pada beberapa kasus, bersin di pagi hari dapat menunjukkan adanya reaksi alergi. Biasanya, bersin di pagi hari juga disertai dengan hidung memerah, bengkak, berair, dan batuk.

Bersin di pagi hari yang disebabkan oleh reaksi alergi dapat disebabkan oleh serbuk bunga, tungau, jamur, bulu hewan, asam lambung, obat-obatan, aroma yang kuat, serta perubahan hormon selama hamil dan menstruasi.

7. Menunjukkan kondisi tubuh

Manfaat bersin bagi kesehatan juga dapat menunjukkan kondisi tubuh seseorang. Hal ini tidak hanya mencakup reaksi alergi. Pernahkah Anda mengalami bersin berulang-ulang dalam jeda waktu yang sangat singkat?

Kondisi ini dapat disebabkan oleh tubuh yang bekerja keras untuk menghilangkan virus, bakteri, dan partikel asing lainnya yang masuk ke rongga hidung.

8. Mengatur ulang kondisi tubuh

Sebuah penelitian menemukan bahwa salah satu manfaat bersin adalah mengatur ulang kondisi tubuh.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa sel-sel yang melapisi rongga hidung dapat dihidupkan kembali dengan bersin. Dengan kata lain, bersin dapat mengatur ulang lingkungan di rongga hidung.

9. Mencegah pecahnya gendang telinga

Satu lagi manfaat bersin yang masih berkaitan dengan aliran udara yang dihasilkan dari kontraksi otot dada dan dorongan diafragma, serta larangan menahan bersin dengan menutup lubang hidung.

Menahan bersin dengan menutup lubang hidung dapat melukai organ-organ tubuh lainnya. Dampak paling serius adalah pecah atau kerusakan pada gendang telinga.

10. Memberikan perasaan lega

Terakhir, bersin memberikan perasaan lega pada tubuh. Beberapa orang mengatakan bahwa setelah bersin, kondisi tubuh mereka menjadi lebih baik dan lega. Namun, alasan ilmiah mengapa hal ini terjadi belum sepenuhnya dipahami.

Bersin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Meskipun demikian, Anda sebaiknya memperhatikan etika batuk dan bersin agar tidak mengganggu orang di sekitar Anda. Jangan sampai droplets Anda tersebar ke sekitar.

Referensi

  1. Bend Bulletin. 2020. Sneezing kills brain cells. https://www.bendbulletin.com/lifestyle/health/sneezing-kills-brain-cells/article_3034c137-0b7e-523f-b527-f0bf5ecc09ff.html. (Diakses pada 02 Februari 2022).
  2. Holland, Kimberly. 2016. Why Do We Sneeze? https://www.healthline.com/health/why-do-we-sneeze. (Diakses pada 02 Februari 2022).
  3. Skolnik, Deborah. 2020. Why Sneezing Is Actually So Good for Your Health. https://www.goodhousekeeping.com/health/wellness/a30357054/what-happens-when-you-sneeze/. (Diakses pada 02 Februari 2022).

About The Author

Berhubungan Intim Saat Haid Bisa Bikin Hamil, Benarkah?

Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Kalau Mau Sixpack