Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

20 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan Orang Tua

Myles Bannister

Jika Anda menantikan kelahiran buah hati Anda, membeli perlengkapan bayi adalah tindakan yang wajib dilakukan. Tidak perlu bingung menentukan barang yang perlu dibeli, simak daftar perlengkapan bayi yang perlu dipersiapkan menjelang persalinan.

Perlengkapan Bayi Menjelang Persalinan yang Perlu Disiapkan

Membeli perlengkapan bayi menjelang persalinan bagi calon ibu sering kali membuat mereka belanja berlebihan. Agar dapat menghemat dan menghindari pembelian yang berlebihan, Anda perlu mempersiapkan daftar perlengkapan bayi yang diperlukan.

Berikut adalah daftar perlengkapan bayi menjelang persalinan yang perlu disiapkan:

1. Popok

Anda akan memerlukan popok dalam jumlah yang cukup banyak. Bayi yang baru lahir umumnya perlu berganti popok sebanyak 10-12 kali sehari. Jadi, Anda perlu menyediakan popok untuk beberapa hari. Ada jenis popok sekali pakai dan popok yang dapat dicuci.

Popok sekali pakai disarankan untuk digunakan di malam hari atau ketika Anda berada di luar rumah.

Saat memilih popok, pastikan memilih bahan yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Selain itu, karena pertumbuhan bayi yang cepat, Anda perlu menyediakan popok dalam beberapa ukuran.

2. Pakaian Bayi

Tahanlah godaan untuk membeli banyak baju dan celana bayi yang lucu saat Anda berbelanja di toko perlengkapan bayi. Pilihlah pakaian secukupnya, karena bayi akan tumbuh dengan cepat. Pastikan bahan pakaian yang Anda pilih membuat bayi merasa nyaman.

Berikut adalah beberapa jenis pakaian yang sebaiknya disiapkan:

  • 4 sampai 8 set piyama
  • 4 sampai 8 buah celana pendek, panjang, atau leggings
  • 1-3 buah sweater atau jaket
  • 4 sampai 8 buah kemeja dengan gaya kimono
  • 4 sampai 8 buah jumper pendek dan panjang

Pastikan pakaian yang Anda pilih mudah dipakai dan dilepas.

3. Kaus kaki, Sarung Tangan, Topi

Selain pakaian, bayi juga perlu aksesoris seperti kaus kaki, sarung tangan, dan topi. Selain membuat bayi terlihat lucu, aksesoris ini juga dapat melindungi bayi dan menjaga kehangatannya.

Namun, Anda perlu membatasi jumlahnya. Anda perlu sekitar 5 sampai 7 pasang kaus kaki dan sarung tangan, serta 2-3 buah topi tergantung pada cuaca.

Pastikan Anda mempertimbangkan seberapa sering Anda akan mencuci pakaian bayi dan cuaca ketika bayi lahir.

4. Tempat Tidur Bayi

Tempat tidur bayi adalah perlengkapan yang penting untuk disiapkan menjelang persalinan. Saat bayi berusia 6 bulan pertama, tempat tidur bayi adalah tempat yang paling aman untuk mereka tidur.

Pastikan Anda memperhatikan keamanan tempat tidur bayi yang Anda pilih. Selain itu, Anda juga perlu menyediakan sekitar 4 sampai 5 sprei berbahan lembut. Letakkan juga matras anti air agar sprei tidak perlu sering diganti.

5. Car Seat

Car seat atau kursi khusus bayi adalah barang essensial yang perlu disiapkan jika Anda memiliki mobil. Car seat adalah tempat yang paling aman untuk bayi dan anak-anak saat berada di mobil.

Pilihlah car seat yang sesuai dengan standar keamanan dan ukuran serta berat badan bayi yang baru lahir. Pastikan car seat yang Anda beli cocok untuk mobil Anda. Pasang car seat ini sebelum hari kelahiran bayi.

6. Kelambu

Tinggal di wilayah tropis membuat nyamuk mudah ditemukan di rumah. Untuk melindungi bayi Anda dari gigitan nyamuk, Anda dapat menyiapkan kelambu.

Kelambu merupakan cara yang efektif untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk saat tidur. Menggunakan kelambu lebih aman dan sehat daripada menggunakan obat anti nyamuk.

7. Bedong dan Selimut Bayi

Membungkus bayi yang baru lahir memberikan rasa nyaman seperti saat mereka masih di dalam kandungan. Bungkus bayi Anda dengan selimut atau gunakan bedong untuk memberikan rasa yang sama dengan saat mereka berada di kandungan.

Namun, pastikan Anda tidak membungkus bayi terlalu kencang. Siapkan 3 sampai 4 selimut atau kain. Selimut ini juga akan membuat bayi merasa hangat saat malam hari atau berada di ruangan ber-AC.

8. Perlengkapan Mengganti Popok

Anda akan sering mengganti popok saat bayi baru lahir. Persiapkan perlengkapan mandi sebelum persalinan untuk memudahkan proses mengganti popok.

Berikut adalah beberapa perlengkapan yang diperlukan untuk mengganti popok:

  • Tisu basah yang terbuat dari air dan hipoalergenik untuk membersihkan area popok
  • Krim popok untuk mencegah ruam atau iritasi pada area popok
  • Kapas tanpa pewangi dan alkohol
  • Alas kedap air
  • Tempat sampah kecil

9. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi khusus bayi perlu disiapkan untuk menjaga kulit bayi yang sensitif dari iritasi atau alergi.

Anda perlu menyediakan sampo dan sabun, pelembap kulit, minyak telon, dan bedak bayi yang aman untuk kulit sensitif.

10. Bib Kecil

Bib kecil dapat mencegah ASI yang keluar saat bayi bersendawa setelah menyusui. Dengan menggunakan bib kecil, Anda tidak perlu sering mengganti pakaian bayi.

11. Deterjen khusus Bayi

Kulit bayi yang sensitif memerlukan perhatian khusus saat mencuci pakaiannya. Deterjen biasa bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

Pilih deterjen khusus bayi agar pakaiannya tetap bersih dan aman untuk kulit bayi.

12. Pompa ASI

Jika Anda berencana memberikan ASI eksklusif pada bayi Anda, Anda perlu pompa ASI. Alat ini membantu Anda mengurangi jumlah ASI di payudara ketika bayi tidak menyusu, dan juga membantu menyimpan persediaan ASI saat Anda berencana bepergian atau bekerja tanpa bayi.

Ada dua jenis pompa ASI, yaitu manual dan elektrik. Pompa ASI elektrik lebih efisien karena memungkinkan Anda untuk mengeluarkan ASI sambil melakukan aktivitas lain.

13. Botol Susu

Botol susu diperlukan oleh bayi yang diberikan ASI eksklusif atau susu formula.

Bayi yang diberikan susu formula membutuhkan sekitar 8 sampai 12 botol susu per hari. Ketika mencapai usia 6 bulan, bayi akan minum susu sekitar 5 sampai 6 kali per hari. Pastikan Anda menyediakan jumlah botol susu yang cukup agar Anda tidak perlu mencuci botol terlalu sering.

14. Gunting Kuku dan Earbud

Bayi yang baru lahir tetap akan mengalami pertumbuhan kuku. Kuku yang panjang dapat melukai wajah mereka sendiri. Anda perlu mempersiapkan gunting kuku khusus bayi.

Anda juga perlu membersihkan bagian luar telinga bayi. Gunakan earbud untuk membersihkannya.

15. Mainan dan Buku Cerita

Beberapa mainan dapat mengstimulasi perkembangan otak bayi, seperti mainan musik, mainan lembut, dan mainan yang mengeluarkan suara. Pastikan mainan yang Anda pilih tidak berukuran kecil dan tidak mengandung bahan berbahaya.

Selain itu, membaca buku cerita juga dapat membantu perkembangan otak bayi. Mulailah membacakan buku cerita pada bayi Anda untuk mengenalkan mereka dengan aktivitas membaca.

16. Stroller

Stroller memudahkan Anda membawa bayi berpergian, seperti ketika Anda pergi ke dokter spesialis anak. Saat ini, ada berbagai jenis stroller yang tersedia.

Pilih stroller yang memenuhi standar keamanan dan yang ringan untuk memudahkan mobilitas Anda.

17. Gendongan Bayi

Gendongan bayi sangat berguna saat Anda sedang beraktivitas atau bepergian. Gendongan bayi membantu Anda tetap dekat dengan bayi saat melakukan aktivitas.

Tersedia berbagai jenis gendongan bayi, seperti baby wrap, pouch sling, atau ring sling. Pilihlah gendongan yang sesuai dengan preferensi Anda.

18. Obat-obatan Penting

Bayi baru lahir juga dapat sakit. Anda dapat mempersiapkan beberapa obat tertentu untuk menghadapi situasi ini.

Konsultasikan dengan dokter anak mengenai obat-obatan yang perlu Anda siapkan untuk menghindari pembelian yang tidak perlu.

19. Bak Mandi

Bak mandi khusus bayi memudahkan Anda saat memandikan bayi. Saat ini, sudah ada bak mandi yang dapat dilipat untuk penyimpanan yang praktis.

Ada juga bak mandi yang dilengkapi dengan termometer agar Anda dapat memantau suhu air dengan mudah.

20. Sterilizer

Sistem kekebalan tubuh bayi yang masih lemah membuat sterilisasi barang-barang yang masuk ke mulutnya menjadi penting. Anda dapat menggunakan sterilizer untuk membunuh kuman yang menempel pada botol susu, mainan, atau dot bayi. Dengan sterilizer, barang-barang yang digunakan bayi menjadi bebas bakteri dan bayi tidak terancam infeksi.

Itulah beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan menjelang persalinan. Ada banyak produk bayi di pasaran yang dapat memudahkan kehidupan orang tua. Namun, tetap belilah barang sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan.

Pastikan juga Anda mempersiapkan perlengkapan untuk ayah dan ibu menjelang persalinan agar tidak panik saat tanda-tanda persalinan mulai muncul.

Referensi

Referensi

About The Author

Waxing: Jenis, Manfaat, Bahaya, dan Tips Aman

Anatomi Mulut: Bagian, Sistem Saraf, Penyakit, dll