Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Nasi Putih vs Nasi Merah, Mana yang Lebih Sehat?

Myles Bannister

Meskipun nasi merah vs nasi putih sama-sama memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh, tetapi keduanya berbeda dalam jumlah nutrisi. Berikut penjelasan detail tentang perbedaan keduanya!

Kandungan Nutrisi Nasi Merah vs Nasi Putih

Beras memiliki banyak jenis, tetapi nasi putih adalah yang paling umum dikonsumsi. Namun, beras merah juga semakin populer karena dikenal untuk diet dan pola makan sehat. Ada beberapa perbedaan utama lainnya antara nasi putih dan nasi merah, terutama kandungan nutrisinya.

Berikut ini perbedaan antara nasi merah vs nasi putih:

1. Serat

Beras merah lebih tinggi serat dibandingkan beras putih, sehingga cocok untuk diet tinggi serat. Sebagai perbandingan, 100 gram nasi merah mengandung 1,6 gram serat, sedangkan 100 gram nasi putih hanya mengandung 0,4 gram serat.

Selain mengatasi sembelit, serat yang tinggi juga membantu:

  • Membantu mengontrol berat badan.
  • Menurunkan kadar kolesterol.
  • Mengontrol kadar gula darah.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Menyehatkan bakteri usus.

2. Nutrisi dan Mineral

Beras merah mengandung lebih banyak nutrisi dan mineral dibandingkan beras putih. Dibanding nasi putih, beras merah mengandung 790% lebih banyak tiamin (vitamin B1), 540% lebih banyak niasin (vitamin B3), dan 225% lebih banyak magnesium. Juga lebih tinggi dalam riboflavin, folat (vitamin B9), mangan, besi, selenium, dan zinc (seng).

Meskipun nasi putih mengandung nutrisi penting, tapi jumlahnya terbatas karena bagian dedak dan bekatul telah dipisahkan.

3. Anti-nutrisi

Beras merah mengandung lebih banyak vitamin dan mineral, tapi dedak dan bekatul pada beras merah mengandung anti-nutrisi. Dedak adalah lapisan pelindung pada biji-bijian yang mengandung fitat atau anti-nutrisi. Fitat dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap mineral seperti zinc, magnesium, dan kalsium.

4. Kalori

Nasi merah memiliki lebih banyak kalori dibandingkan nasi putih. Satu cangkir nasi merah mengandung 248 kalori, sedangkan satu cangkir nasi putih mengandung 205 kalori.

Perbedaan kalori karena dedak mengandung sedikit lemak dan protein tambahan.

5. Karbohidrat

Nasi merah mengandung lebih banyak karbohidrat daripada nasi putih. Satu cangkir nasi merah mengandung 52 gram karbohidrat, sedangkan satu cangkir nasi putih mengandung 45 gram karbohidrat.

Beras merah, sebagai gandum utuh, mengandung lebih banyak nutrisi daripada nasi putih. Mengonsumsi gandum dapat mengurangi kolesterol dan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

6. Protein

Nasi merah mengandung sedikit lebih banyak protein daripada nasi putih. Satu porsi nasi merah mengandung 5,5 gram protein, sedangkan satu porsi nasi putih mengandung 4,3 gram protein.

7. Indeks glikemik

Beras merah memiliki indeks glikemik lebih rendah daripada nasi putih karena mengandung serat dan protein yang lebih tinggi. Meskipun demikian, perbedaan nilainya tidak signifikan.

Meskipun nasi merah mengandung sedikit lebih banyak nutrisi dan serat dari nasi putih, perbedaannya sangat kecil.

Baik nasi merah maupun nasi putih memiliki nutrisi yang baik. Untuk sebagian besar orang, nasi putih lebih mudah dicerna karena tidak mengandung dedak, bekatul, dan anti-nutrisi yang ada dalam nasi merah.

Perbedaan kalori di antara keduanya juga tidak signifikan. Anda bebas memilih jenis nasi yang Anda sukai.

Jika ingin menambahkan nasi ke dalam diet atau pola makan sehari-hari namun masih ragu, sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi. Mereka dapat menjelaskan efek potensial yang mungkin terjadi berdasarkan kondisi kesehatan Anda, serta memberi tahu cara aman menambahkan nasi ke dalam menu makanan Anda.

Referensi

  1. Kay, Stephanie. 2020. Brown Rice vs White Rice: Which is Better?. URL: https://kaynutrition.com/brown-rice-vs-white-rice-which-is-better/ (Diakses pada 15 Oktober 2021)
  2. Richter, Amy. 2021. Brown Vs. White Rice —Is One Better for Your Health?. URL: https://www.healthline.com/nutrition/brown-vs-white-rice (Diakses pada 15 Oktober 2021)
  3. Ware, Megan. 2019. Is brown rice or white rice better for health?. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/319797 (Diakses pada 15 Oktober 2021)
  4. Whelan, Corey. 2018. Brown Rice vs. White Rice: Which Is Better for You?. URL: https://www.healthline.com/health/food-nutrition/brown-rice-vs-white-rice (Diakses pada 15 Oktober 2021)

About The Author

4 Jenis Hormon pada Laki-laki dan Fungsinya bagi Tubuh

Amankah Ibu Hamil Makan Hati Ayam? Cek Penjelasannya di Sini