Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Jenis-Jenis Buah Berry yang Lezat dan Kaya Manfaat

Myles Bannister

Jenis Buah Berry untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Menurut istilah botani, beri diartikan sebagai buah sederhana dengan biji dan daging buah yang dihasilkan dari satu ovarium dari satu bunga. Ada banyak buah yang memiliki nama berry namun sebenarnya bukan termasuk jenis buah berry secara botani. Secara awam, berry diartikan sebagai buah kecil berdaging yang dapat dimakan.

Baik buah berry asli secara botani maupun buah yang dikenal sebagai berry karena namanya, keduanya biasanya memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi.

Berikut ini adalah jenis-jenis berry yang dikenal masyarakat beserta manfaatnya:

1. Blueberry

Blueberry adalah salah satu jenis buah berry yang paling populer. Buah ini memiliki kandungan serat, vitamin C, vitamin K, mangan, dan antioksidan yang tinggi.

Manfaat blueberry untuk kesehatan antara lain seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes, serta meningkatkan kesehatan otak.

2. Cranberry

Selanjutnya adalah cranberry yang memiliki rasa asam tapi manfaatnya sangat besar untuk kesehatan.

Buah ini lebih sering dikonsumsi sebagai jus atau selai. Cranberry kaya akan serat, vitamin C, mangan, dan antioksidan. Buah ini dipercaya dapat menurunkan risiko infeksi saluran kemih dan mencegah bakteri H. pylori menempel di lambung.

3. Anggur

Kandungan anggur seperti serat, vitamin C, dan vitamin K sangat dibutuhkan tubuh. Kulit dan biji anggur merupakan sumber antioksidan polifenol yang sangat baik.

Anggur juga dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan kadar kolesterol pada individu dengan kolesterol tinggi.

4. Raspberry

Selain dapat dimakan langsung, raspberry juga umumnya diolah sebagai hidangan penutup.

Raspberry mengandung vitamin C, mangan, dan antioksidan ellagitannin. Buah ini dapat menurunkan stres oksidatif serta menjaga kesehatan jantung.

5. Goji Berry

Goji berry kaya akan nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan mata, peningkatan metabolisme, dan penurunan berat badan.

6. Strawberry

Meskipun secara botani bukan berry, strawberry memiliki manfaat kesehatan yang tidak diragukan lagi. Buah ini mengandung vitamin C, serat, dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan mengontrol gula darah.

7. Bilberry

Bilberry atau huckleberry sangat mirip dengan blueberry dan bermanfaat untuk mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, dan penurunan berat badan.

8. Acai Berry

Acai berry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol, mencegah stres oksidatif, dan mengurangi gejala osteoarthritis.

9. Blackberry

Secara botani bukan berry, tapi blackberry adalah salah satu buah yang paling lezat dan sehat. Buah ini kaya serat, vitamin C, dan antioksidan, serta baik bagi kesehatan jantung.

10. Raspberry Hitam

Raspberry hitam memiliki manfaat yang serupa dengan blackberry dan bisa melindungi Anda dari kanker.

11. Mulberry Merah

Mulberry merah serupa dengan raspberry dan baik untuk mengontrol gula darah serta mencegah obesitas.

12. Mulberry Putih

Mulberry putih memiliki manfaat yang sama dengan mulberry merah.

13. Elderberry

Elderberry memiliki kandungan antioksidan antosianin yang tinggi serta kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh.

14. Gooseberry

Gooseberry dikenal dengan rasa asam namun lezat. Buah ini tersedia dalam berbagai varietas dengan warna merah, ungu, kuning, dan putih.

15. Chokeberry

Chokeberry adalah jenis buah berry yang paling pahit namun memiliki banyak manfaat kesehatan seperti meningkatkan fungsi pembuluh darah dan komposisi bakteri usus, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta mencegah kerusakan oksidatif.

16. Cloudberry

Cloudberry memiliki bentuk seperti awan dengan warna kuning jingga. Keunggulan buah ini adalah kandungan vitamin C yang sangat tinggi, serta kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan beri lainnya.

17. Salmonberry

Salmonberry memiliki warna oranye cerah dengan rasa agak manis dan asam. Buah ini mengandung vitamin A, C, E, K, dan antioksidan polifenol dalam jumlah tinggi.

18. Lingonberry

Lingonberry adalah buah beri berwarna merah dengan rasa pahit asam. Buah ini dapat diolah menjadi selai atau sirup, serta memiliki kandungan serat yang membantu mencegah lonjakan gula darah.

19. Loganberry

Loganberry adalah persilangan antara raspberry dan blackberry. Buah ini memiliki rasa yang unik dan kaya vitamin C serta flavonoid.

20. Tayberry

Tayberry adalah hasil persilangan antara raspberry dan blackberry, dengan rasa yang lebih manis dan ukuran yang lebih baik daripada loganberry.

Itulah beberapa jenis buah berry yang populer dan bermanfaat untuk kesehatan. Meskipun tidak semuanya adalah berry secara botani, namun kandungan nutrisi dan kelezatannya sayang untuk dilewatkan. Selamat mencoba!

Referensi:

About The Author

Cermati Perbedaan Anak Aktif dan Hiperaktif Agar Tidak Salah Kaprah

11 Manfaat Bee Pollen untuk Kesehatan Tubuh