Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Angelica: Manfat, Efek Samping, Dosis, dll

Myles Bannister

Angelica adalah tanaman herbal dengan manfaat kesehatan yang penting. Apa manfaat yang dimilikinya? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Angelica?

Angelica adalah tumbuhan yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional di Asia. Akarnya digunakan dalam obat-obatan herbal. Spesies yang paling populer adalah Angelica archangelica (A. Archangelica) dan Angelica sinensis (A. sinensis). Mereka digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk tujuan seperti menyeimbangkan hormon, merawat sistem pencernaan, dan detoksifikasi hati. Namun, belum ada banyak bukti ilmiah yang mendukung penggunaan keduanya.

Mekanisme Kerja Angelica

Belum ada penjelasan ilmiah mengenai mekanisme kerja tanaman ini.

Manfaat Angelica bagi Kesehatan

Terbatasnya studi ilmiah membuat klaim mengenai manfaatnya belum dapat dipastikan. Meskipun begitu, tanaman ini diklaim memiliki manfaat dalam merawat kulit, merawat rambut, meredakan gejala pra menstruasi, memperlancar pencernaan, mengatasi radang sendi, mengatasi nokturia, mencegah kanker, dan mengobati luka. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat tersebut.

Efek Samping Angelica

Penggunaan tanaman ini mungkin menyebabkan efek samping seperti gangguan jantung, peningkatan tekanan darah, peningkatan sensitivitas kulit terhadap sinar UV, dan dermatitis kontak. Hentikan pemakaian dan konsultasikan pada dokter jika mengalami gejala-gejala tersebut.

Apakah Angelica Aman bagi Ibu Hamil dan Menyusui?

Belum diketahui apakah tanaman ini aman bagi ibu hamil dan menyusui. Konsultasikan pada dokter sebelum menggunakannya.

Interaksi Angelica

Tanaman ini kemungkinan berinteraksi dengan obat-obatan seperti antikoagulan, obat kolesterol, obat antikejang, dan suplemen dengan ekstrak jeruk bali. Konsultasikan pada dokter sebelum menggunakannya.

Dosis Pemakaian Angelica

Angelica tersedia dalam bentuk suplemen, minyak esensial, atau ramuan kering. Dosisnya dapat berbeda-beda. Ikuti petunjuk pada kemasan atau tanyakan pada dokter atau apoteker.

Referensi

    1. Anonim. Angelica. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-281/angelica (diakses pada 6 Oktober 2020)

    2. Mukherjee, P. 2019. 6 Surprising Benefits Of Angelica Herb For Skin, Hair And Health. https://www.stylecraze.com/articles/surprising-benefits-of-angelica-herb-for-skin-hair-and-health/ (diakses pada 6 Oktober 2020)

    3. Shoemaker, S. 2020. Angelica Root: Benefits, Uses, and Side Effects. https://www.healthline.com/nutrition/angelica-root#downsides (diakses pada 6 Oktober 2020)

    4. Wong, K. 2020. The Health Benefits of Angelica. https://www.verywellhealth.com/angelica-what-you-need-to-know-89539 (diakses pada 6 Oktober 2020)

About The Author

13 Manfaat Buah Matoa, Melawan Infeksi Bakteri hingga Virus

6 Tips Melakukan Seks Gaya Doggy Style yang Benar