Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

20 Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan yang Harus Diwaspadai

Myles Bannister

Sakit dada sebelah kanan adalah gejala umum yang biasanya disebabkan oleh stres, nyeri otot, atau asam lambung naik. Namun, jika nyeri dada berlangsung lama atau sering kambuh, itu bisa jadi indikasi penyakit lain.

Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan

Berikut ini beberapa penyebab nyeri dada sebelah kanan:

1. Stres atau Panik Attack

Kondisi kesehatan mental seperti gangguan kecemasan, stres, serangan panik dapat menyebabkan gejala nyeri dada sebelah kanan seperti serangan jantung. Gejala serangan panik lainnya adalah pusing, keringat dingin, gemetaran, detak jantung cepat, dan sesak napas.

Jika Anda mengalami serangan panik, cobalah menenangkan diri. Duduk di posisi yang nyaman, atur napas, dan minumlah air putih. Jika Anda mengalami gejala yang mengkhawatirkan, mintalah bantuan dari orang lain atau bantuan medis.

2. Asam Lambung Naik

Asam lambung naik dapat menyebabkan nyeri dada, nyeri perut, sensasi terbakar dari dada ke tenggorokan, mulut asam, dan perut kembung. Jika Anda mengalami asam lambung naik dua kali seminggu, itu mungkin tanda penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

3. Cedera Dada

Nyeri dada sebelah kanan dapat terjadi karena cedera pada dada akibat pukulan langsung, tidak langsung, atau pukulan benda tumpul yang menyebabkan otot pectoralis (otot dada) robek atau tulang rusuk patah. Jika Anda mengalami hentakan keras di sekitar dada dan mengalami nyeri hebat, memar, bengkak, batuk, dan sesak napas, segera hubungi dokter.

4. Nyeri Otot

Nyeri otot dan otot tegang di sekitar dada dapat menyebabkan nyeri dada. Ini biasanya terjadi jika Anda sering menggunakan sisi otot dada bagian kanan saja, misalnya saat memotong kayu, melukis, atau melakukan aktivitas lain di mana tangan kanan menjadi dominan.

5. Gangguan Pencernaan/Heartburn

Heartburn adalah sensasi terbakar akibat asam lambung naik setelah makan atau olahraga. Acid reflux adalah masalah pencernaan di mana asam lambung yang seharusnya tetap di lambung untuk proses pencernaan malah naik ke esofagus (kerongkongan).

6. Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang menyebabkan gejala nyeri dada, sesak napas, batuk dengan dahak, demam, serta mual dan muntah. Jika gejala pneumonia tidak segera ditangani, dapat menyebabkan masalah pernapasan serius.

7. Pneumothorax

Pneumothorax adalah penumpukan udara pada rongga pleura (rongga antara paru-paru dan dinding dada). Pneumothorax dapat menyebabkan nyeri dada hebat tiba-tiba, sesak napas, dan kelelahan jika paru-paru robek.

8. Hipertensi Pulmonal

Mungkin sakit dada sebelah kanan disebabkan oleh hipertensi pulmonal. Hipertensi pulmonal adalah tekanan darah tinggi pada saluran dari jantung ke paru-paru. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit dada sebelah kanan, detak jantung cepat, dan napas pendek saat beraktivitas.

9. Emboli Paru

Emboli paru adalah penggumpalan darah dari vena (pembuluh darah) di kaki ke paru-paru. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah arteri tersumbat dan menghambat aliran darah beroksigen penuh ke paru-paru, yang kemudian menyebabkan nyeri dada.

10. Inflamasi Jantung

Terdapat dua jenis peradangan jantung, yaitu miokarditis (inflamasi pada otot jantung) dan perikarditis (inflamasi pada dua lapisan jaringan jantung). Kedua jenis inflamasi jantung ini dapat menyebabkan gejala nyeri ringan hingga berat.

11. Pleuritis

Pleuritis adalah peradangan pada selaput pleura (selaput yang melapisi sisi dalam rongga dada). Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri pada kedua sisi dada serta sesak napas.

12. Herpes Zoster

Cacar ular atau cacar api akibat paparan virus varicella-zoster. Jika virus menyebar hingga ke jantung atau paru-paru, itu dapat menyebabkan kesulitan bernapas yang mengakibatkan nyeri dada.

13. Pankreatitis

Pankreatitis adalah peradangan pada pankreas akibat enzim pencernaan yang bekerja saat masih berada di pankreas, bukan di saluran pencernaan. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri di perut bagian atas yang mungkin menjalar ke dada.

14. Kolesistitis

Peradangan pada kantong empedu akibat penumpukan empedu di dalamnya. Kolesistitis tidak secara langsung menyebabkan nyeri dada, namun dapat menyebabkan nyeri hebat di perut bagian kanan atas yang kemudian menjalar ke dada.

15. Kostokondritis

Kostokondritis adalah peradangan pada tulang rawan dari tulang rusuk. Gejala utama kostokondritis adalah nyeri dada dan nyeri punggung ringan atau parah.

16. Kantung Empedu atau Peradangan Hati

Peradangan liver dan masalah pada kantung empedu dapat menyebabkan nyeri perut, namun nyeri tersebut mungkin menjalar ke dada. Gejala lainnya termasuk hilang nafsu makan, tidak enak badan, dan kuning pada kulit dan mata dalam kondisi yang lebih serius.

17. Fraktur Tulang Rusuk

Fungsi tulang rusuk adalah melindungi organ dalam tubuh. Cedera atau patah tulang rusuk dapat menyebabkan nyeri dada yang cukup parah dan komplikasi di area dada.

18. Efusi Pleura

Efusi pleura adalah kondisi di mana cairan menumpuk di antara lapisan jaringan di luar paru-paru. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri dada dan sesak napas.

19. Sakit Jantung

Meskipun biasanya sakit dada terjadi di sebelah kiri, masalah jantung juga dapat memengaruhi dada sebelah kanan.

20. Tumor Dada

Tumor dada biasanya dimulai di dinding dada dan menyebabkan nyeri dada. Jika tumor terus tumbuh, baik yang bersifat kanker atau tidak, dapat menyumbat aliran darah di sekitarnya.

Kapan Harus ke Dokter?

Segera hubungi dokter jika:

  • Anda mengalami nyeri dada sebelah kanan selama beberapa hari.
  • Gejala nyeri dada parah dan menyakitkan.
  • Nyeri juga menjalar ke area perut, leher, lengan, punggung, dan rahang.
  • Di cuaca dingin, nyeri dada semakin parah.
  • Anda mengalami sesak napas parah.

Jika Anda telah didiagnosis memiliki penyakit lain yang mungkin menyebabkan nyeri dada, tetaplah mengikuti kontrol rutin dengan dokter. Dokter akan meresepkan obat sakit dada sebelah kanan sesuai dengan penyebab dan kondisi Anda. Jangan mengabaikan gejala nyeri tubuh untuk mencegah gejala semakin memburuk.

Referensi

  1. Dr. Clarisse Bezerra. 2020. Right Side Chest Pain: 7 Possible Causes and What To Do. https://www.tuasaude.com/en/right-side-chest-pain/. (Diakses pada 18 Maret 2021).
  2. Galan, Nicole, RN. 2020. What causes chest pain on the right side?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321146#causes. (Diakses pada 18 Maret 2021).
  3. Scaccia, Annamarya. What’s Causing Pain in the Right Side of My Chest?. https://www.healthline.com/health/pain-in-right-side-of-chest. (Diakses pada 18 Maret 2021).

About The Author

Sarkoma Jaringan Lunak: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Diet Vegan: Manfaat, Efek Samping, Makanan yang Boleh dan Dilarang