Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Mythomania

Myles Bannister

Mythomania adalah jenis kebohongan komplusif tanpa motif yang jelas. Simak penjelasan mengenai penyebab dan cara menyembuhkan mythomania.

Apa itu Mythomania?

Berbohong adalah pernyataan palsu untuk menipu orang lain, sementara bohong patologis adalah kebohongan kompulsif tanpa keuntungan yang jelas bagi dirinya sendiri.

Kebohongan patologis dapat menyebabkan masalah sosial dan interpersonal dengan orang lain.

Apakah seseorang dengan kondisi ini menyadari kebohongan yang dilakukannya atau mampu berpikir secara rasional tentang ucapannya, masih belum jelas.

Gejala Mythomania

Penelitian menunjukkan bahwa semakin sering seseorang berbohong, semakin mudah dan sering ia akan berbohong. Kepentingan pribadi tampaknya memicu ketidakjujuran.

Ciri-ciri dan karakteristik mythomania adalah:

1. Kebohongan Tanpa Motif yang Jelas

Seseorang dengan kondisi ini menceritakan kebohongan yang tidak memberikan manfaat bagi dirinya sendiri.

2. Menceritakan Sesuatu secara Dramatis, Rumit, dan Rinci

Kebanyakan ciri mythomania adalah memiliki kemampuan bercerita yang hebat dan mampu meyakinkan orang lain dengan cerita yang berlebihan.

3. Menggambarkan Diri Sendiri sebagai Pahlawan atau Korban

Orang dengan mythomania cenderung menceritakan kebohongan dengan tujuan mendapatkan perhatian, kekaguman, atau simpati dari orang lain.

4. Terkadang Percaya dengan Kebohongannya Sendiri

Penderita mythomania bisa menceritakan sesuatu di antara kebohongan yang disengaja dan delusi. Beberapa bahkan mungkin percaya pada kebohongannya sendiri setelah waktu tertentu.

Orang dengan kondisi ini biasanya tidak menampilkan tanda-tanda umum berbohong, seperti jeda lama atau menghindari kontak mata. Saat ditanya, mereka dapat berbicara tanpa menjawab secara spesifik.

Penyebab Mythomania

Penyebab pasti keadaan ini masih belum diketahui karena penelitian tentangnya masih terbatas. Tidak jelas apakah kebohongan patologis adalah gejala dari kondisi lain atau kondisi itu sendiri.

Kebohongan kompulsif adalah ciri dari beberapa kondisi lain, seperti factitious disorder dan personality disorders.

Gangguan Buatan

Kondisi ini kadang-kadang disebut sindrom Munchausen. Sindrom Munchausen dengan proxy adalah ketika seseorang berbohong tentang orang lain yang sedang sakit.

Penyebab gangguan ini mungkin disebabkan oleh faktor biologis atau genetik, pelecehan atau penelantaran masa kecil, tingkat percaya diri yang rendah, memiliki gangguan kepribadian, penyalahgunaan zat, atau depresi.

Gangguan Kepribadian

Bohong patologis adalah kemungkinan gejala dari gangguan kepribadian tertentu, seperti borderline personality disorder, narcissistic personality disorder, dan antisocial personality disorder.

BPD adalah kondisi yang membuat seseorang sulit mengatur emosinya, NPD adalah kebutuhan akan pengakuan dan perlakuan istimewa, sedangkan APD seringkali berbohong untuk keuntungan pribadi.

Gangguan kepribadian ini dapat menimbulkan tantangan dalam hubungan interpersonal.

Demensia Frontotemporal

Perilaku kebohongan patologis pada mythomania serupa dengan perilaku yang terjadi pada demensia frontotemporal. Demensia ini memengaruhi otak frontal dan temporal, menyebabkan perubahan perilaku dan bahasa.

Perubahan ini mencakup perilaku sosial yang tidak pantas, kurangnya empati, hilangnya wawasan tentang perilaku orang lain dan diri sendiri, perubahan preferensi makanan, perilaku kompulsif, kebosanan, dan agitasi.

Diagnosis Mythomania

Perilaku ini dapat dianggap sebagai tanda dari kondisi lain yang mendasarinya, seperti gangguan kepribadian atau gangguan buatan.

Kebanyakan kondisi kesehatan mental didiagnosis melalui wawancara klinis. Jika orang tersebut tidak jujur, dokter mungkin akan berbicara dengan anggota keluarga atau teman untuk membantu mengidentifikasi pola kebohongan patologis.

Penanganan Mythomania

Tidak ada pengobatan khusus untuk mythomania. Jika keadaan ini dikaitkan dengan kondisi yang mendasarinya, maka pengobatan untuk kondisi tersebut akan direkomendasikan.

Terapi dan obat-obatan biasanya digunakan untuk mengobati gangguan kepribadian. Terapi juga dapat membantu individu terdekat dalam menghadapi kebohongan yang dilakukan oleh penderita.

Hidup Berdampingan dengan Mythomania

Membangun dan memelihara hubungan saling percaya dengan seseorang yang berbohong secara patologis membutuhkan kesabaran dan waktu.

Jangan menanggapi dengan marah atau menyalahkan kebohongan yang dilakukan. Penting untuk menyadari bahwa kebohongan patologis mungkin merupakan tanda dari kondisi kesehatan mental yang mendasarinya.

Bicarakan dengan orang tersebut mengenai gejala lain yang mereka alami dan dorong mereka untuk mencari bantuan dari dokter atau terapis.

Referensi

  1. Kandola, Aaron. 2019. What to know about pathological liars. https://www.medicalnewstoday.com/articles/pathological-liars. (Diakses pada 1 Desember 2020).
  2. Santos-Longhurst, Adrienne . 2018. How Do I Cope with Someone Being a Pathological Liar?. https://www.healthline.com/health/pathological-liar#what-is-it. (Diakses pada 1 Desember 2020).

About The Author

10 Resep MPASI 6 Bulan Homemade yang Sehat dan Lezat untuk Si Kecil

Waspadai Jika Keluar Sperma Bercampur Darah!