Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Habis Sarapan Kok Sakit Perut? Bisa Jadi Karena Ini

Myles Bannister

Seringkali karena kebiasaan makan yang kurang baik

Pakar kesehatan menyebut sakit perut selepas sarapan bisa jadi disebabkan oleh porsi makanan yang berlebihan atau jenis makanan yang dipilih tidak tepat.

Banyak orang berpikir sarapan berpengaruh besar pada energi tubuh seharian sehingga makan dalam jumlah banyak. Padahal, hal ini membuat perut tidak nyaman.

Kondisi ini juga terkait dengan perut yang sudah beristirahat cukup lama saat tidur malam. Jika kita langsung makan dalam porsi banyak atau dengan menu makanan berat untuk dicerna, saluran pencernaan akan kaget karena harus langsung bekerja dengan keras. Hal ini membuat perut terasa nyeri.

Menu sarapan yang membuat datangnya sakit perut

Pakar kesehatan menyebut menu makanan yang berpotensi menyebabkan sakit perut seperti makanan berlemak seperti daging atau makanan cepat saji. Meskipun enak, makanan berlemak membuat pencernaan berjalan lambat. Sistem pencernaan juga harus mengeluarkan energi banyak untuk mengolahnya.

Hal yang sama juga terjadi jika kita mengonsumsi makanan asam, pedas, atau makanan yang bisa memicu produksi gas berlebihan di dalam perut saat sarapan. Karena itu, kita sebaiknya mengonsumsi makanan netral yang membuat perut nyaman saja di pagi hari demi mencegah gangguan pencernaan.

Penyebab sakit perut setelah sarapan lainnya

Selain karena porsi makanan, pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan sakit perut setelah sarapan pagi.

Berikut adalah beberapa penyebab tersebut.

Intoleransi pada beberapa jenis makanan

Intoleransi adalah kondisi saat tubuh tidak mampu mencerna beberapa jenis kandungan makanan. Sebagai contoh, ada beberapa orang yang kesulitan mencerna gula atau protein tertentu. Jenis intoleransi yang paling sering ditemukan adalah intoleransi laktosa yang membuat penderitanya kesulitan mengonsumsi susu atau produk turunannya.

Sebagai informasi, intoleransi laktosa terjadi saat usus tidak mampu memproduksi laktase, enzim yang dibutuhkan untuk mengolah laktosa di dalam susu. Jika penderita intoleransi laktosa tetap minum susu, mereka akan mengalami gejala mual, nyeri perut, atau gangguan pencernaan lainnya.

Gangguan asam lambung

Jika kita mengonsumsi makanan dengan porsi berlebihan atau cenderung asam dan pedas di pagi hari, ada kemungkinan asam lambung naik dan menyebabkan sensasi terbakar pada perut atau dada. Kita sebaiknya memilih menu yang tepat untuk sarapan pagi.

Mengalami alergi pada beberapa jenis makanan tertentu

Jika kita mengalami alergi pada makanan tertentu, gejala kesehatan yang muncul bisa berupa gangguan pencernaan, sakit perut, gatal-gatal, sesak napas, dan gejala lainnya.

Sindrom iritasi usus besar

Kondisi ini bisa menyebabkan sakit perut, perubahan kebiasaan buang air besar seperti diare atau sembelit, gangguan pencernaan seperti kembung, mual, atau ketidaknyamanan pada perut dan dada.

Konsumsi obat-obatan tertentu

Meski jarang terjadi, dalam beberapa kasus konsumsi obat-obatan tertentu bisa menyebabkan sensasi nyeri perut setelah sarapan pagi. Kita sebaiknya tidak sembarangan membeli obat dan selalu berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk menghindari efek samping.

Meski jarang terjadi, dalam beberapa kasus konsumsi obat-obatan tertentu bisa menyebabkan sensasi nyeri perut setelah sarapan pagi. Kita sebaiknya tidak sembarangan membeli obat dan selalu berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk menghindari efek samping.

About The Author

Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Kepala Saat Hamil

Olay White Radiance Night Restoring Cream 50 Gr