Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Habis Makan Langsung Ingin BAB? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Myles Bannister

Penyebab langsung ingin BAB setelah makan

Pakar kesehatan menyebut proses pencernaan makanan berlangsung berjam-jam. Namun, makanan yang keluar saat buang air besar merupakan makanan yang dikonsumsi beberapa jam sebelumnya.

Hal ini bisa disebabkan karena perut yang terisi penuh oleh makanan sehingga tubuh secara otomatis ingin mengosongkan perut untuk memberikan ruang bagi makanan tersebut.

Jika terlalu sering, apa penyebabnya?

Jika keinginan buang air besar langsung setelah makan terjadi terlalu sering, dapat mengindikasikan masalah kesehatan tertentu, terutama jika tekstur kotoran tidak normal. Kemungkinan penyebabnya adalah irritable bowel syndrome yang mempengaruhi fungsi usus besar.

Kondisi ini dapat mengganggu fungsi normal usus besar, menyebabkan perut berkontraksi lebih sering dan frekuensi buang air besar meningkat. Gejala lain yang dapat muncul adalah perut kembung dan diare.

Jika sering mengalami kondisi ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Cara mencegah sakit perut setelah makan

Untuk mencegah sakit perut setelah makan, disarankan untuk mengubah gaya hidup dengan pola makan yang lebih sehat.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

Mengubah kebiasaan makan sehari-hari

Cobalah makan sarapan yang lebih ringan namun memberikan energi, seperti roti dan buah-buahan. Hindari makanan berat seperti nasi saat sarapan. Juga, hindari makan dua atau tiga jam sebelum tidur untuk mencegah asam lambung naik.

Meningkatkan asupan serat

Mencukupi asupan serat setiap hari akan menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Selain sayur dan buah-buahan, makanan tinggi serat seperti beras merah, kacang-kacangan, dan roti gandum juga bisa dikonsumsi.

Minum cukup air putih

Dengan memenuhi kebutuhan cairan setiap hari, pencernaan akan menjadi lebih sehat. Kurangnya cairan dapat meningkatkan risiko sakit perut dan masalah pencernaan lainnya. Hindari minuman berkafein yang dapat menyebabkan kontraksi perut.

Perhatikan makanan pedas

Pahami batas toleransi mengonsumsi makanan pedas. Terlalu banyak makan makanan pedas dapat menyebabkan sakit perut atau diare.

Hindari produk susu jika intoleransi laktosa

Orang dengan intoleransi laktosa sebaiknya menghindari produk susu dan turunannya karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, diharapkan mencegah sakit perut atau keinginan buang air besar setelah makan.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, diharapkan mencegah sakit perut atau keinginan buang air besar setelah makan.

About The Author

Psikoterapi: Pengertian, Cara Kerja, Jenis, dan Manfaat

Eritema Multiformis: Gejala, Penyebab, Pengobatan, Pencegahan, dll