Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Tes DNA: Fungsi, Cara, Syarat, dan Biaya

Myles Bannister

Ketahui lebih lanjut tentang tes DNA melalui artikel ini. DNA adalah kode genetik yang mengidentifikasi karakter biologis setiap individu. DNA diturunkan dari kedua orang tua, ayah dan ibu. Pengujian DNA dilakukan untuk berbagai tujuan, salah satunya adalah untuk mengetahui garis keturunan.

Fungsi Tes DNA

Tes DNA memiliki beberapa fungsi. Selain mengetahui garis keturunan, tes ini juga dapat digunakan untuk:

1. Mengetahui Garis Keturunan

Tes DNA umumnya dilakukan untuk mengetahui asal usul seorang anak. DNA anak merupakan perpaduan dari DNA kedua orang tuanya, sehingga kemungkinan struktur genetisnya mirip dengan orang tuanya sebesar 99,9%. Tes ini dapat digunakan untuk memperkuat hubungan antara orang tua dan anak, serta mengungkap garis keturunan beberapa generasi ke atas.

2. Kebutuhan Medis

Tes DNA juga dapat dilakukan untuk mengetahui risiko seseorang terhadap kondisi medis tertentu. Pengetahuan akan adanya gen yang menunjukkan risiko penyakit tertentu memungkinkan langkah-langkah pencegahan yang tepat. Tes DNA juga merupakan salah satu langkah dalam proses diagnosis penyakit genetik.

3. Kebutuhan Forensik

Fungsi tes DNA lainnya adalah untuk kebutuhan forensik. Tes ini sering digunakan untuk mengidentifikasi korban kejahatan atau bencana alam yang sulit diidentifikasi. Tes DNA juga membantu dalam penyelidikan kejahatan dengan mencocokkan profil DNA tersangka.

Jenis DNA yang Diuji untuk Tujuan Keturunan

Dalam tes DNA, terdapat empat jenis DNA yang umumnya diperiksa untuk mengetahui informasi terkait leluhur, yaitu:

1. atDNA

DNA autosomal mencakup semua kromosom kecuali kromosom seks. DNA ini dapat mengidentifikasi leluhur dalam 5-7 generasi terakhir. Namun, tidak semua leluhur akan terdeteksi dalam pohon genealogi Anda karena Anda hanya mewarisi setengah DNA dari masing-masing orang tua.

2. yDNA

Kromosom Y hanya dimiliki oleh pria. Kromosom ini diturunkan dari ayah ke anak laki-laki. Membandingkan kromosom Y dari dua pria dapat menentukan apakah mereka memiliki leluhur ayah yang sama.

3. xDNA

Kromosom X dimiliki oleh pria dan wanita. Kromosom X dapat diturunkan dari ibu ke anak perempuan maupun laki-laki. Membandingkan kromosom X dapat mengidentifikasi leluhur yang berasal dari jalur X langsung individu tersebut.

4. mtDNA

DNA mitokondria ditemukan dalam mitokondria sel. DNA ini diturunkan dari seorang ibu ke semua anaknya. Membandingkan mtDNA dapat menentukan apakah individu memiliki nenek moyang yang sama.

Tahapan atau Cara Tes DNA

Proses tes DNA melibatkan beberapa tahapan yang umumnya meliputi:

1. Pengumpulan Sampel

Tahap pertama tes DNA adalah pengumpulan sampel. Sampel dapat berupa cairan tubuh atau rambut seseorang yang mengandung DNA. Metode pengambilan sampel yang umum adalah dengan mengambil usap di bagian dalam pipi.

2. Ekstraksi Sel

Tahap berikutnya adalah ekstraksi sel, yaitu memecah membran sel untuk mengeluarkan DNA. Umumnya, enzim ditambahkan ke dalam larutan yang mengandung sampel DNA untuk melakukan proses ini.

3. Pemisahan DNA

Tahap ketiga adalah pemisahan DNA. Pemisahan DNA dapat dilakukan melalui proses elektroforesis yang menggunakan medan listrik. Struktur unik DNA memungkinkan pemisahan dari sampel lainnya.

4. Penyalinan DNA

Penyalinan DNA dilakukan melalui proses PCR (Reaksi Rantai Polimerase). Hasil salinan DNA kemudian diuji untuk penanda genetik.

5. Pengujian DNA

Pengujian dilakukan untuk menemukan penanda genetik dalam DNA yang dapat mengidentifikasi hubungan. Tes DNA umumnya melaporkan sekitar 16-21 penanda genetik spesifik yang dapat membuktikan hubungan genetik.

6. Pembandingan DNA

Setelah menemukan penanda genetik, langkah selanjutnya adalah pembandingan DNA. Dalam kasus tes DNA untuk mengetahui hubungan antara ayah dan anak, calon ayah harus cocok setidaknya dengan setengah penanda genetik yang dimiliki anak, karena setengah lainnya berasal dari ibu.

Syarat Tes DNA

Tidak terdapat persyaratan khusus untuk melakukan tes ini. Namun, jika tes DNA dilakukan untuk mengetahui garis keturunan, baik calon ayah maupun calon anak harus bersedia memberikan sampel DNA mereka untuk diuji di laboratorium.

Biaya Tes DNA

Biaya tes DNA dapat bervariasi tergantung pada laboratorium atau rumah sakit yang Anda pilih. Biaya juga tergantung pada jenis dan tujuan tes yang akan dilakukan. Untuk mengetahui biaya tes DNA yang Anda butuhkan, Anda dapat menghubungi rumah sakit terdekat.

Referensi

  1. Cartmell, Paul. The Purpose of DNA Tests. https://legalbeagle.com/6638195-purpose-dna-tests.html. (Diakses 21 Oktober 2019).
  2. Endeavor DNA Laboratories. What is the Process for DNA Testing?. https://endeavordna.com/blog/process-dna-test/. (Diakses 21 Oktober 2019).
  3. Family Search. Frequently Asked Questions. https://www.familysearch.org/home/dna-testing/faq. (Diakses 21 Oktober 2019).

About The Author

Gangguan Makan Pica: Definisi, Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi, dll

Gigi Kuning: Penyebab, Ciri-Ciri, Cara Memutihkan