Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

18 Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri (Harus Diwaspadai)

Myles Bannister

Mengenal penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan cara mengatasi. Ada sekitar satu miliar bakteri di Bumi, namun sebagian besar jenis bakteri tidak berbahaya. Bakteri yang menyebabkan penyakit dan virus disebut bakteri patogen.

Apa Itu Bakteri?

Bakteri adalah mikroorganisme mikroskopis bersel tunggal atau organisme sangat kecil yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang. Bakteri hidup dimana-mana, termasuk di tanah, udara, air, hewan, tumbuhan, dan tubuh manusia.

Bakteri umumnya tidak berbahaya dan bahkan memiliki manfaat bagi kehidupan dan lingkungan. Sebagai contoh, tanaman membutuhkan bakteri tertentu untuk mengambil nitrogen dari tanah. Hewan juga membutuhkan bakteri dalam tubuh mereka.

Bakteri juga memiliki manfaat bagi manusia. Misalnya, bakteri Lactobacillus acidophilus membantu pencernaan manusia. Bakteri baik lainnya membantu dengan pergerakan usus, menjaga kekebalan tubuh, dan memproduksi vitamin.

Namun, ada beberapa bakteri yang berbahaya bagi manusia, disebut bakteri patogen. Bakteri patogen adalah bakteri berbahaya yang menyebabkan infeksi dan penyakit. Beberapa bahkan dapat menyebabkan penyakit menular yang berpotensi mematikan.

Apa Itu Infeksi Bakteri?

Infeksi bakteri adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan dapat berkembang menjadi penyakit. Infeksi bakteri dapat menyebar melalui bersin, batuk, muntah, makanan, atau sentuhan.

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri termasuk infeksi umum, seperti infeksi kulit dan keracunan makanan, hingga penyakit berbahaya seperti Tuberkulosis (TBC). Berikut adalah beberapa jenis bakteri patogen yang menyebabkan penyakit:

  • Bakteri Neisseria Gonorrhoeae menyebabkan gonore.
  • Bakteri Escherichia coli dan Salmonella menyebabkan keracunan makanan.
  • Bakteri Helicobacter pylori menyebabkan gastritis dan bisul.
  • Bakteri Neisseria meningitidis menyebabkan meningitis.

Beberapa bakteri juga menyebabkan penyakit menular berbahaya seperti kerusakan liver atau gagal ginjal.

Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri

Bakteri patogen memproduksi zat beracun yang menyebabkan gejala ringan sampai serius pada infeksi bakteri.

Berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri:

1. Meningitis

Meningitis adalah peradangan di selaput otak dan sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh bakteri:

  • Neisseria meningitidis: terdapat di pernapasan, sinus, dan hidung.
  • Streptococcus pneumoniae: dipaparkan melalui air liur dan pernapasan.
  • Grup B Streptococcus: juga menyebabkan infeksi darah, radang tenggorokan, selulitis, dan radang sendi menular.
  • Escherichia coli: dipaparkan melalui makanan.
  • Listeria monocytogenes: terdapat di kulit dan pernapasan.

Meningitis adalah penyakit langka dan berisiko tinggi kematian. Dilakukan vaksinasi dan pengobatan antibiotik untuk mencegahnya.

2. Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae. Bakteri ini juga dapat menyebabkan infeksi telinga, sinus, dan meningitis.

Gejala pneumonia termasuk demam, batuk, gangguan pernapasan, dan kelelahan. Pengobatan antibiotik diperlukan.

3. Tuberkulosis (TB)

Tuberkulosis (TB) adalah penyakit menular pada paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Gejala termasuk batuk bertahan lebih dari 3 minggu, batuk berdarah, nyeri dada, demam, dan keringat malam. Perawatan intensif dan antibiotik digunakan dalam pengobatan TB.

4. Kolera

Kolera adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae, yang dipaparkan melalui makanan dan minuman terkontaminasi. Gejala termasuk diare, mual, muntah, dan dehidrasi. Pengobatan dengan cairan dan antibiotik diperlukan.

5. Disentri

Disentri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Shigella yang dipaparkan melalui makanan dan minuman terkontaminasi dan kurangnya kebersihan tangan. Gejala termasuk perut kram, mual, dan diare parah. Pengobatan dengan cairan dan antibiotik diperlukan.

6. Necrotizing Fasciitis

Necrotizing fasciitis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pyogenes dan Clostridium yang menghancurkan jaringan tubuh. Pengobatan medis segera diperlukan.

7. Infeksi Staph (MRSA)

Infeksi Staph adalah infeksi yang kebal terhadap antibiotik umum dan disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Pengobatan antibiotik spesifik diperlukan.

Infeksi Bakteri Menular Seksual

Beberapa penyakit menular seksual disebabkan oleh bakteri. Infeksi ini dapat menyebabkan gangguan sistem reproduksi. Berikut adalah beberapa infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri:

1. Infeksi Klamidia (Chlamydia)

Chlamydia adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Infeksi ini dapat menyebar tanpa gejala.

2. Gonore

Gonore adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Gejala termasuk sensasi terbakar saat buang air kecil dan keputihan abnormal pada wanita, dan sensasi terbakar saat buang air kecil dan keluarnya kotoran pada pria.

3. Sifilis

Sifilis adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Infeksi ini dapat menyebabkan kerusakan otak, syphilis laten, dan syphilis laten awal, serta penyakit kongenital.

4. Vaginosis Bakteri

Vaginosis bakteri adalah gangguan yang disebabkan oleh bakteri tertentu pada vagina. Gejalanya termasuk keputihan abnormal dan bau.

Infeksi Bakteri dari Makanan

Beberapa bakteri dapat dipaparkan melalui makanan yang tidak dimasak atau diproses dengan benar. Contoh-contoh infeksi bakteri dari makanan termasuk Campylobacter, Salmonella, Listeria, dan Botulisme.

1. Infeksi Campylobacter

Infeksi Campylobacter adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Campylobacter jejuni yang terdapat dalam makanan yang tidak dimasak dengan benar.

2. Botulisme

Botulisme adalah penyakit yang disebabkan oleh toksin yang diproduksi oleh bakteri Clostridium botulinum pada makanan yang tidak matang dengan baik.

3. Listeria

Listeria adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes yang terdapat dalam makanan yang terkontaminasi.

4. Infeksi Salmonella

Infeksi Salmonella adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella gastroenteritis yang terdapat dalam makanan yang terkontaminasi.

Penyakit Lain yang Disebabkan oleh Bakteri

Bakteri juga dapat menyebabkan penyakit lain seperti infeksi saluran kemih, otitis media, dan infeksi saluran pernapasan.

1. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang menyerang sistem kemih, seperti ginjal, ureter, dan kandung kemih. Infeksi biasanya disebabkan oleh bakteri Escherichia coli.

2. Otitis Media

Otitis media adalah infeksi telinga tengah yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Infeksi ini biasanya terjadi pada anak-anak.

3. Infeksi Saluran Pernapasan

Infeksi saluran pernapasan meliputi sakit tenggorokan, sinusitis, pneumonia, dan bronkitis disebabkan oleh berbagai bakteri.

Itulah beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dalam mengenali bakteri baik dan bakteri yang memicu infeksi dan penyakit.

About The Author

15 Makanan Pantangan Asam Urat (Jangan Dilanggar!)

Obat Levofloxacin