Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Terpapar Merkuri Akibat Kosmetik, Cara Menghilangkannya

Myles Bannister

Merkuri adalah kandungan skincare yang harus dihindari karena efek negatif yang menyertainya. Kenali bahaya dan cara menghilangkan merkuri di wajah dalam ulasan berikut.

Mengapa Skincare yang Mengandung Merkuri Berbahaya?

Merkuri termasuk kandungan yang harus dihindari dalam produk skincare. Menurut United State Food and Drug Administration (FDA), produk seperti krim wajah, kecantikan, sabun antiseptik, dan losion yang mengandung merkuri sebaiknya dihindari.

Paparan merkuri dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan secara keseluruhan, tidak hanya pada kulit wajah. Selain itu, efeknya tidak hanya pada pengguna produk, tetapi juga orang-orang terdekat seperti keluarga.

Saat menggunakan produk yang mengandung merkuri, anggota keluarga Anda dapat terpapar dengan menghirup uap merkuri atau menggunakan benda yang sama di rumah, seperti waslap, handuk, dan benda lain yang terkontaminasi.

Cara menghilangkan merkuri di wajah perlu diketahui karena produk dengan bahan ini dapat menimbulkan dampak negatif, seperti:

  • Ruam di kulit.
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi), edema (pembengkakan), uremia (kadar urea dalam tubuh tinggi).
  • Parestesia, gugup, tremor, mudah marah, hilang ingatan, depresi, penurunan berat badan, kelelahan.

Sementara itu, studi DARU Journal of Pharmaceutical Sciences tahun 2014 menunjukkan bahwa efek merkuri pada kulit wajah yang paling umum adalah dermatitis kontak. Kondisi ini termasuk pembengkakan ringan, iritasi, urtikaria, dan eritema. Efek ini dapat terjadi akibat paparan topikal ataupun sistemik.

Studi lain yang diterbitkan di jurnal Multidisciplinary Digital Publishing Institute mengungkapkan bahwa merkuri konsentrasi tinggi yang terkandung dalam kosmetik dapat memicu dua gejala umum, yakni gerakan mata yang tidak teratur, kekakuan, dan ataksia (gangguan gerak tubuh).

Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah

Ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengurangi paparan merkuri, di antaranya:

1. Hentikan penggunaan produk

Menjauhi sumber paparan dapat menjadi cara ampuh menghilangkan merkuri di wajah. Jika sudah menyadari produk yang Anda gunakan mengandung bahan ini, segera hentikan penggunaan produk.

Anda bisa mendeteksi adanya kandungan merkuri pada suatu produk dengan melihat klaim dari produk tersebut. Biasanya, produk yang mengandung bahan ini menggunakan klaim ‘anti-penuaan’ atau ‘pencerah kulit’.

Selain itu, periksa apakah produk mengandung mercurous chloride, mercuric, calomel, mercurio, atau mercury. Kandungan-kandungan ini menunjukkan bahwa produk mengandung merkuri.

Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi kulit agar terbebas dari paparan merkuri? Hal ini tergantung pada lamanya produk tersebut Anda gunakan.

Sebagian orang mungkin membutuhkan waktu sekitar berminggu-minggu. Namun, pada beberapa kasus, detoks merkuri dapat memakan waktu hingga berbulan-bulan.

2. Konsumsi makanan yang mengandung serat

Cara menghilangkan merkuri di wajah salah satunya adalah dengan mengonsumsi lebih banyak serat. Tubuh secara alami akan membuang merkuri dan zat beracun lainnya melalui feses atau kotoran.

Serat dapat membantu memperlancar kesehatan pencernaan, sehingga membantu dalam membuang merkuri dan zat beracun lainnya secara lebih teratur.

3. Perbanyak konsumsi air putih

Selain serat, cukupi kebutuhan air putih juga dapat menjadi cara ampuh menghilangkan merkuri di wajah dan tubuh. Pengeluaran merkuri dari dalam tubuh dapat terjadi melalui urine atau saat buang air besar.

Maka dari itu, memenuhi kebutuhan cairan tubuh dapat membantu dalam mengeluarkan merkuri dari dalam tubuh.

4. Konsultasikan ke dokter

Jika kulit sudah menunjukkan kondisi yang parah, atau Anda mengalami gejala keracunan merkuri, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Terkait pengaruh merkuri terhadap seseorang, hal ini dapat berbeda-beda pada setiap individu. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti bentuk merkuri, jumlah paparan, usia, lamanya paparan, cara terpapar, dan kondisi kesehatan seseorang.

Itulah beberapa cara menghilangkan merkuri di wajah. Jika sudah menggunakan produk dengan bahan ini, segera hentikan penggunaan produk, konsultasikan dengan dokter, dan lakukan langkah-langkah di atas. Semoga informasi ini bermanfaat!

Itulah beberapa cara menghilangkan merkuri di wajah. Jika sudah menggunakan produk dengan bahan ini, segera hentikan penggunaan produk, konsultasikan dengan dokter, dan lakukan langkah-langkah di atas. Semoga informasi ini bermanfaat!

About The Author

Tenggorokan Terasa Mengganjal? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi

Flunarizine – Indikasi, Dosis, Peringatan, dan Efek Samping