Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Ternyata, Pisang Nggak Cocok untuk Sarapan

Myles Bannister

Dampak Makan Pisang untuk Sarapan

Pakar kesehatan dr. Daryl Gioffre tidak menyarankan konsumsi pisang saat sarapan pagi karena kandungan kalium dan vitamin B6 yang dapat berdampak buruk jika dikonsumsi saat perut kosong. Selain itu, pisang juga mengandung gula dan asam.

“Kandungan gula di dalam pisang mencapai 25 persen. Buah ini juga cenderung bersifat asam. Jika dikonsumsi saat perut kosong, bisa menyebabkan sensasi tidak nyaman pada lambung. Buah ini juga mudah dicerna oleh perut. Awalnya memberikan sensasi kenyang, namun kemudian rasa lapar akan lebih cepat muncul dan kita lebih mudah tertarik ngemil makanan yang tidak sehat,” jelas dr. Gioffre.

Adakah Waktu Terbaik untuk Makan Pisang?

Dr. Gioffre juga tidak menyarankan konsumsi pisang setelah makan. Namun, masih bisa mengonsumsinya di antara waktu makan dan dengan makanan yang dapat menetralkan sifat asamnya.

Pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk makan pisang di malam hari. Selain bisa membantu mengisi perut, mengonsumsi pisang di malam hari dapat mendukung kualitas tidur karena dapat meningkatkan produksi hormon melatonin yang membantu tidur nyenyak.

Berbagai Manfaat Makan Pisang

Pakar kesehatan menyebut pisang sebagai salah satu buah yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Rutin mengonsumsinya dapat memberikan banyak dampak positif.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan tersebut.

Menjaga Berat Badan

Pisang merupakan buah yang tinggi kandungan nutrisi menyehatkan. Selain serat, kita juga mendapatkan kalium dan magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh. Rutin mengonsumsinya membantu menjaga atau menurunkan berat badan serta mendukung sistem kekebalan tubuh.

Baik bagi Sistem Pencernaan

Kandungan serat di dalam pisang sangat tinggi. Rutin mengonsumsinya membantu melancarkan pencernaan dan mencegah masalah sembelit atau gangguan pencernaan lainnya.

Bisa Mencegah Kram Otot

Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi di dalam pisang dapat menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh dan mengurangi risiko kram otot.

Bisa Mencegah Anemia

Pisang dapat membantu mencegah anemia karena kandungan zat besinya yang cukup tinggi. Ini disarankan terutama untuk penderita anemia.

Bisa Memperbaiki Kesehatan Mental

Buah pisang mengandung triptofan yang dapat merangsang produksi hormon serotonin untuk mencegah stres, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi risiko gangguan kesehatan mental seperti depresi.

Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium yang tinggi di dalam pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi.

Sumber:

  1. Mulroy, Zahra. 2019. Eating a Banana for Breakfast is a Bad Idea, Doctor Reveals – and What to Eat Instead. mirror.co.uk/lifestyle/health/eating-banana-breakfast-bad-idea-1991198111. (Diakses pada 11 September 2019).

About The Author

Posisi Tidur Aman dan Nyaman untuk Ibu Hamil

Penyebab Mata Juling, Diagnosis, dan Penanganan