Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Terkena Cacar Air Saat Hamil? Ini Bahayanya bagi Ibu dan Janin

Myles Bannister

Daya tahan tubuh ibu hamil cenderung lemah, membuatnya rentan terhadap cacar air yang membahayakan kehamilan. Apa bahaya cacar air bagi ibu hamil? Simak ulasan di bawah ini!

Mengenal Cacar pada Ibu Hamil

Cacar air disebabkan oleh virus varicella zoster yang menular lewat udara. Gejala cacar antara lain demam, nyeri tubuh, dan munculnya ruam kemerahan. Biasanya gejala cacar air muncul setelah 14 hari terpapar virus. Ruam akan berubah menjadi lepuhan yang mengering setelah beberapa hari.

Faktor Risiko Cacar Air pada Ibu Hamil

Saat wanita menderita cacar air dalam 20 minggu pertama kehamilan, ada 1 dari 50 kemungkinan bayi mengembangkan cacat lahir. Risiko itu lebih rendah jika infeksi terjadi setelah 20 minggu. Risiko yang mungkin terjadi pada bayi antara lain bekas luka, kelainan otot dan tulang, cacat intelektual, dan lainnya.

Bahaya Cacar pada Ibu Hamil dan Janin

Cacar air bisa menyebabkan komplikasi berupa radang paru, hepatitis, dan radang otak. Bahaya cacar air pada ibu hamil tergantung pada usia kehamilan saat terinfeksi. Jika terjadi sebelum 20 minggu, janin berisiko mengalami sindrom cacat. Jika terjadi di akhir kehamilan, janin dapat mengalami cacar segera setelah lahir.

Cara Mengatasi Cacar Air pada Ibu Hamil

Jika Anda terkena cacar air selama kehamilan, dokter mungkin meresepkan obat antivirus seperti acyclovir atau valacyclovir. Obat ini aman dikonsumsi selama kehamilan dan bekerja paling baik jika diberikan dalam waktu 24 jam setelah ruam muncul. Jika Anda mengembangkan gejala pneumonia, mungkin perlu dirawat di rumah sakit menggunakan acyclovir melalui infus.

Mencegah Cacar Air Selama Kehamilan

Cara paling efektif untuk mencegah cacar air adalah dengan melakukan imunisasi varisela sebelum kehamilan. Jaga kesehatan dengan makanan sehat, cukup istirahat, dan hindari pasien yang terkena cacar air. Segera periksakan ke dokter jika mengalami gejala mirip cacar air selama kehamilan.

Referensi

  1. Anonim. 2021. Chickenpox during pregnancy. [link] (Diakses pada 13 Juli 2023)
  2. Anonim. 2022. Chickenpox (Varicella) and Pregnancy. [link] (Diakses pada 13 Juli 2023)
  3. Anonim. 2021. Chickenpox and pregnancy. [link] (Diakses pada 13 Juli 2023)

About The Author

Cara Mendapatkan Metabolisme Cepat dengan Mudah

Ukuran Panggul Ibu Hamil dan Pengaruhnya pada Proses Melahirkan