Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

16 Tanaman Pengusir Nyamuk (No. 10 Mudah Didapatkan)

Myles Bannister

Tanaman Pengusir Nyamuk

Tidak hanya dibasmi dengan obat nyamuk berbahan kimia, nyamuk juga bisa diusir dengan tanaman pengusir nyamuk yang mudah Anda tanam sendiri di rumah.

Mengingat gigitan nyamuk bisa membawa bibit penyakit, ada baiknya Anda mencegah kedatangannya. Berikut adalah tanaman pengusir nyamuk yang sebaiknya ada di rumah, di antaranya:

1. Serai

Adalah serai yang bisa dipakai sebagai pengusir nyamuk. Pakar kesehatan menyarankan Anda menanam serai di halaman rumah, khususnya yang dekat dengan jendela agar nyamuk tidak mudah masuk ke dalam rumah.

2. Lavender

Aroma lavender sangat tidak disukai nyamuk karena adanya zat linalool dan asetat. Anda bisa menanam lavender pada pot di dekat jendela atau pintu.

3. Lemon balm

Lemon balm memiliki kandungan senyawa stronelal yang bisa mengusir nyamuk. Anda bisa menanamnya di area pekarangan atau halaman depan. Hati-hati karena pertumbuhan tanaman ini sangat cepat dan bisa tumbuh mencapai 2 meter.

4. Marigold

Bunga marigold mengandung pyrethrum, suatu senyawa yang efektif dalam mengusir serangga termasuk nyamuk.

5. Tapak dara

Tapak dara atau geranium merupakan tanaman hias pengusir nyamuk yang memiliki kandungan geraniol dan sitronelol yang tidak disukai oleh nyamuk.

6. Catnip

Catnip memiliki zat alami yang disebut nepetalactone dan efektif dalam mengusir nyamuk dan serangga.

7. Pennyroyal

Pennyroyal adalah tanaman hias pengusir nyamuk dan tikus yang masih digunakan sebagai tanaman penolak serangga dan hama lain.

8. Rosemary

Daun rosemary digunakan sebagai bahan rempah dalam mengurangi bau amis pada masakan ikan dan daging. Aromanya mirip minyak telon.

9. Selasih

Selasih memiliki kandungan eugenol, linalool, dan geraniol yang tidak disukai oleh nyamuk dan serangga.

10. Seledri

Seledri bisa ditemukan dalam banyak sajian makanan dan dapat ditempatkan di dalam pot atau pekarangan rumah.

11. Mint

Daun mint efektif sebagai pengusir nyamuk. Ekstrak mint dalam bentuk minyak ampuh membasmi dan mencegah nyamuk hinggap di tubuh.

12. Kedelai

Minyak kedelai dapat menghindari gigitan nyamuk. Lebih baik mencampurnya dengan minyak serai.

14. Jahe

Minyak esensial jahe menghasilkan aroma yang membuat nyamuk menghindari dari tubuh.

15. Catnip

Catnip digunakan sebagai obat pembasmi hama dan serangga. Melindungi dari nyamuk selama beberapa jam.

16. Thyme

Thyme juga digunakan sebagai obat jerawat dan antibakteri. Daun thyme yang dibakar mampu memberikan perlindungan dari nyamuk.

Nah, itulah beberapa tanaman pengusir nyamuk yang harus Anda tahu. Pelajari cara memelihara dan menanam tanaman hias pengusir nyamuk dan tikus seperti di atas.

Selain menanam tanaman pengusir nyamuk, Anda juga harus rutin membersihkan lingkungan dari benda-benda yang bisa menampung air, menaburkan bubuk pembasmi jentik, dan menggunakan losion antinyamuk.

Meski beberapa bahan pengusir nyamuk di atas bersumber dari bahan alami, sebaiknya Anda berhati-hati menggunakannya, terutama jika dalam bentuk minyak. Kemungkinan alergi terhadap bahan-bahan tersebut perlu diwaspadai.

About The Author

Akantosis Nigrikans: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan