Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Minyak Mustard, Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker

Myles Bannister

Selain minyak zaitun, minyak mustard adalah jenis minyak esensial yang kaya akan manfaat. Ketahui lebih lanjut mengenai minyak mustard mulai dari kandungan nutrisi, manfaat, hingga cara menggunakannya berikut ini!

Minyak Mustard dan Kandungan Nutrisinya

Apa itu minyak mustard? Sesuai dengan namanya, minyak mustard adalah minyak hasil ekstraksi biji tanaman mustard atau sesawi. Minyak ini sudah sejak dahulu kala digunakan sebagai—tak hanya untuk memasak—tetapi juga obat alternatif guna mengobati sejumlah penyakit.

Sama seperti minyak zaitun, minyak mustard diklaim lebih sehat ketimbang minyak kelapa sawit. Hal ini dikarenakan pada minyak tersebut terdapat kandungan zat-zat ‘baik’. Zat-zat yang dimaksud antara lain:

  • Asam lemak omega-3
  • Asam lemak omega-6
  • Asam erucic
  • Vitamin B
  • Vitamin E

Mayoritas kandungan zat pada minyak ini adalah asam lemak tak jenuh. Maka tak heran, menggunakan minyak mustard di dalam kehidupan sehari-hari akan membawa dampak positif bagi Anda.

Manfaat Minyak Mustard bagi Kesehatan

Lantas, apa saja manfaat minyak mustard bagi kesehatan? Berikut adalah informasinya!

1. Meredakan Nyeri

Manfaat mustard oil yang pertama adalah untuk meredakan nyeri pada tubuh. Hal ini dimungkinkan karena pada minyak tersebut terdapat kandungan zat bernama allyl isothiocyanate. Menurut penelitian, zat ini memiliki fungsi sebagai pereda nyeri. Sayangnya, efek ini baru berhasil diuji pada hewan tikus sehingga studi lebih lanjut dengan objek manusia perlu dilakukan guna memperkuat klaim.

Selain itu, minyak ini mengandung asam lemak omega-3 berupa alpha-linolenic acid (ALA). Berdasarkan sejumlah studi, asam lemak tersebut efektif untuk meredakan nyeri yang diakibatkan oleh radang sendi atau rheumatoid arthritis.

2. Mengatasi Infeksi Bakteri

Manfaat selanjutnya dari minyak mustard adalah untuk mengatasi infeksi, utamanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Menurut penelitian, minyak esensial ini diperkaya oleh agen-agen antimikroba yang mana berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri ‘jahat’ di dalam tubuh.

Beberapa jenis bakteri yang diklaim dapat diatas dengan minyak ini antara lain:

Sayangnya, lagi-lagi penelitian yang membuktikan efektivitas mustard oil yang satu ini masih terbatas sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memperkuat klaim tersebut.

3. Merawat Kesehatan Rambut dan Kulit

Minyak mustard juga dapat digunakan sebagai krim wajah dan krim rambut alami. Menggunakan minyak ini juga dipercaya efektif menghasilkan kulit dan rambut yang sehat.

Setidaknya begitulah yang dilakukan oleh masyarakat di wilayah Asia Selatan seperti Bangladesh. Sudah turun-temurun masyarakat di negara tersebut memberikan minyak ini pada bayi yang baru lahir.

Kendati demikian, tidak semua orang bisa menggunakan mustard oil pada kulit dan rambut mereka. Hal ini utamanya berlaku pada orang-orang yang memiliki kulit sensitif. Menggunakan minyak pada kulit dikhawatirkan akan menimbulkan reaksi alergi atau iritasi.

Oleh sebab itu, pastikan kulit Anda bebas dari reaksi alergi dan iritasi sebelum menggunakan minyak ini. Hentikan pemakaian minyak apabila setelah pemakaian muncul gejala-gejala yang mengindikasikan alergi dan iritasi.

4. Meminimalisir Risiko Penyakit Kanker

Sama seperti minyak zaitun, mustard oil juga ternyata sedikit banyak dapat membantu meminimalisir terjadinya penyakit kanker. Studi membuktikan bahwasanya minyak ini lebih efektif dalam meminimalisir risiko penyakit kanker usus besar ketimbang minyak ikan atau minyak jagung.

Pada penelitian lainnya, minyak dengan kandungan zat bernama allyl isothiocyanate-nya mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker pada kandung kemih.

5. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Selain kanker, penyakit mematikan lainnya yang kemungkinan bisa dicegah dengan minyak ini adalah penyakit jantung. Manfaat minyak mustard dalam meminimalisir risiko penyakit jantung maupun penyakit kardiovaskular lainnya yakni stroke tak lepas dari kandungan zat di dalamnya yakni asam lemak omega-3 dan omega-6.

Berdasarkan sejumlah penelitian, asam lemak tak jenuh efektif untuk menurunkan kadar trigliserida darah dan lemak LDL alias kolesterol ‘jahat’. Sebagaimana diketahui, keduanya merupakan salah satu faktor pencetus utama dari penyakit jantung dan stroke.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang saat ini sedang menjalani program penurunan berat badan, menggunakan minyak mustard sebagai pengganti minyak kelapa sawit sangat dianjurkan. Pasalnya, minyak ini diklaim dapat membantu menurunkan berat badan.

Kandungan vitamin B pada minyak ini menurut sejumlah penelitian bekerja dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan demikian, proses pembakaran lemak di dalam tubuh pun berjalan optimal dan berat badan otomatis akan turun.

Selain vitamin B, kandungan zat lain pada mustard oil yang dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan adalah diacylglycerol.

7. Membantu Mengobati Flu

Beberapa kalangan juga memercayai jika minyak mustard dapat membantu meredakan gejala flu seperti bersin, batuk, dan hidung tersumbat.

Anda bisa mencampurkan minyak ini dengan air hangat kemudian hiruplah air hangat tersebut guna mengatasi hidung tersumbat dan bersin-bersin. Sementara itu, Anda bisa mengoleskan minyak ini ke dada guna mengatasi batuk.

8. Mengatasi Peradangan

Manfaat minyak lainnya yang tak kalah penting adalah bisa mengatasi peradangan, khususnya peradangan yang disebabkan oleh penyakit seperti pneumonia dan bronkitis. Hal ini dimungkinkan karena pada minyak terkandung asam lemak omega-3.

Menurut sejumlah studi, asam lemak omega-3 terbukti mampu mereduksi peradangan dan stres oksidatif di dalam tubuh.

9. Mengoptimalkan Fungsi Organ Tubuh

Mengoptimalkan fungsi organ tubuh juga menjadi manfaat minyak mustard yang perlu Anda ketahui. Minyak ini dipercaya dapat mengoptimalkan fungsi organ tubuh karena mampu memperlancar peredaran darah.

Sebagaimana yang kita ketahui, darah berfungsi membawa oksigen dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh organ tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Sayangnya, manfaat yang satu ini lagi-lagi masih membutuhkan studi lebih lanjut.

10. Menjaga Kesehatan Gigi

Siapa yang tidak ingin memiliki gigi sehat dan bebas dari sejumlah masalah kesehatan seperti gingivitis dan periodontitis? Nah, salah satu cara alami yang bisa Anda lakukan agar gigi senantiasa sehat adalah dengan memanfaatkan mustard oil.

Ya, kandungan minyak ini disebut-sebut dapat menjaga gigi tetap sehat dan terhindar dari masalah kesehatan seperti yang telah disebutkan tadi.

Cara Pakai Minyak Mustard

Bagaimana cara memakai minyak mustard? Cara pakai minyak ini bisa bermacam-macam, tergantung untuk apa Anda menggunakanya.

Jika Anda hendak memanfaatkan mustard oil untuk menjaga kesehatan organ jantung, mencegah penyakit kanker, atau membantu menurunkan berat badan, maka Anda bisa menggunakan minyak sebagai bahan memasak menggantikan minyak kelapa sawit.

Sementara itu, Anda bisa mengoleskan minyak ini ke kulit dan rambut apabila ingin mengambil manfaatnya dalam menutrisi kedua anggota tubuh tersebut. Penggunaan minyak untuk mengatasi gejala flu—seperti yang sudah dijelaskan di atas—bisa dengan mencampurkan minyak ke air hangat kemudian dihirup, atau mengoleskan minyak ke dada.

Referensi

  1. Brusie, C. 2017. Mustard Oil: Health Benefits and Uses. https://www.healthline.com/health/mustard-oil-benefits#risks-and-warnings (diakses pada 8 Juli 2020)
  2. Kogashi, L. 2020. Promising Benefits Of Mustard Oil For Skin, Hair, And Health. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-mustard-oil-for-skin-hair-and-health/ (diakses pada 8 Juli 2020)
  3. Link, R. 2020. 8 Benefits of Mustard Oil, Plus How to Use It. https://www.healthline.com/nutrition/mustard-oil-benefits (diakses pada 8 Juli 2020)

About The Author

Ertapenem: Fungsi, Dosis, Aturan Pakai, dll

8 Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya